Vitamin C untuk Kulit yang Cerah dan Awet Muda

Vitamin C untuk Kulit yang Cerah dan Awet Muda
Vitamin C untuk kulit telah terbukti ampuh untuk dapatkan kulit wajah yang sehat, cerah, dan awet muda. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Sekarang ini, penggunaan vitamin C untuk kulit sudah melegenda di dunia perawatan kecantikan. Bahkan, beberapa pakar mengatakan ini adalah cawan suci untuk segala hal yang berhubungan dengan kulit. Antioksidan luar biasa ini diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang juga bisa memperbaiki rona dan tekstur kulit, melembapkannya, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Kamu bisa dapatkan vitamin C dari buah dan sayuran, tapi ini bukan satu-satu cara atau sumber yang bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C telah digunakan secara luas pada produk kosmetik. Peneliti telah menemukan, ketika berbicara tentang kulit sehat, penggunaan luar atau topikal jauh lebih efektif dibanding mengonsumsinya.

Menambahkan vitamin C pada ritual perawatan kulitmju tidak hanya akan mencerahkan kulit wajah tapi juga melindunginya darikerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas berbahaya. Antioksidan ampuh ini banyak digunakan dalam pembersih wajah, serum, minyak, dan pelembap.

Bagaimana Cara Vitamin C  untuk Merawat Kulit

Bagaimana Cara Vitamin C  untuk Merawat Kulit
Vitamin C telah terbukti klinis ampuh untuk tampilan kulit sehat dan awet muda. (Foto: Freepik)

Vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah nutriet larut air yang memainkan peranan penting untuk jaga kesehatan kulit. Vitamin C topikal terbukti secara klinis memiliki berbagai aplikasi klinis berkat sifat antioksidan, antipenuaan, antipigmentasinya. Nutrisi ampuh ini menawarkan banyak manfaat bagi kulit, termasuk potensi untuk:

– Membuat kolagen, berguna untuk membuat kujlit awet muda dan kenyal
– Menyembuhkan luka
– Mempertahankan dan memperbaiki kerusakan kulit dan pembuluh
– Mengurangi tampilan garis halus dan kerut
– Mencerahkan rona wajah
– Meratakan warna kulit
– Mengurangi munculnya bercak hitam
– Mencegah penuaan dini

Bagaimana Cara Menggunakan Vitamin C untuk Kecantikan

bagaimana cara penggunaan vitamin c untuk kecantikan
Ada dua cara penggunaan vitamin C untuk perawatan kulit: asupan nutrisi dan penggunaan luar atau topikal. (Foto: Freepik)

Kulit kering, berminyak, maupun kombinasi, vitamin C bermanfaat untuk kesehatan kulit, membuatnya terlihat dan terasa lebih sehat dan awet muda. Ada dua cara penggunaan vitamin C untuk perawatan kulit: asupan nutrisi dan penggunaan luar atau topikal.

Asupan Nutrisi

Makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan beri, menawarkan berabgai manfaat kesehatan. Dan, walaupun memang benar Anda isa dapat banyak vitamin C dengan cara makan berabgai buah dan sayur, vitamin C yang dimakan biasanya tidak akan memberikan efek yang cukup untuk bisa terlihat manfaatnya pada kulit.
Ini karena asupan vitamin C hanya cukup untuk mencapai lapisan bawah kulit tanpa mengenai bagian atas. Seenak apapun, makan banyak blueberry tidak akan memberikan kamu efek glowing. Disinilah kemudian vitamin C topikal bermain.

Topikal

Vitamin C topikal diserap langsung ke lapisan paling atas kulit, memungkinnya untuk segera bekerja menghaluskan kulit, mengurangi garis halus dan bintik hitam, serta melindungnya dari radikal bebas.
Vitamin C tersedia dalam pelembap wajah dan serum. Serum lebih terkonsentrasi dibanding pelembap dan lebih mudah diserap ke dalam kulit, inilah kenapa spesialis perawatan kulit merekomendasikan serum vitamin C.
Untuk hasil maksimal, gunakan vitamin C dua kali sehari, pagi dan malam. Pastikan untuk menggunakan pelembap yang dilengkapi dengan broad-spectrum SPF setelah penggunaan vitamin C pada siang hari.

Berbagai Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Berbagai Manfaat Vitamin C untuk Kulit
Ada berbagai macam manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit. (Foto: Freepik)

Berikut berbagai macam manfaat vitamin C untuk kulit yang bisa kamu dapatkan:

1. Mengurangi Bengkak di Bawah Mata

Ketika kamu menemukan bengkak di bawah mata setelah kurang tidur, sebenarnya yang kamu lihat adalah jaringan pembuluh darah di bawah kulit.
Dalam satu studi klinis kecil, peneliti menemukan bahwa vitamin C membantu mengurangi dan mencegah lingkaranhitam di bawah mata dengan cara memperkuat kulit di bawah mata yang tipis dan rentan. Antioksidan dalam vitamin C membuat kulit lebih tahan dan elastis, membantu menutupi pembuluh darah di bawahnya.

2. Produksi Kolagen

Vitamin C sangatlah pentin untuk produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah blok bangunan untuk kulit, rambut, otot, dan sendi. Dan inilah yang membuat kulitmu terlihat muda dan halus. Seiring pertambahan sia, produksi kolagen akan melemah, yang berujung pada kendurnya kulit.
Ketika menggunakan vitamin C topikal, hal ini akan memacu produksi kolagen dan elastin yang akan membuat kulit kencang dan kenyal. Vitamin C topikal membantu penuaan dini pada kulit, mengembalikan penampilan kulit yang terlihat muda dan halus.

3. Mengatasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi, kondisi umum yang dikarakterisasi dengan cara munculnya bercak gelap pada kulit–paling sering disebabkan oleh paparan sinar matahari (sinar UV) atau pengaruh lingkungan. Walaupun tidak berbahaya, hiperpigmentasi bisa membuatmu terlihat lebih tua.
Satu studi menemukan, properti antioksidan dalam vitamin C memainkan peranan penting untuk melawan bercak hitam dan mencegah tanda-tanda penuaan akibat matahari.

4. Menghidrasi Kulit

Tanpa cairan yang cukup, epidermis (lapisan teratas kulit) mulai mengering. Hal ini akan memicu gatal, pengelupasan, dan penuaan dini. Hidrasi pentin untuk menjaga kulitmu terlihat muda dan sehat.
Untungnya, vitamin C telah terbukti bisa membantu kulit mempertahankan cairan, membuatnya kenyal dan halus, juga mencegah kulit jadi kering atau berminyak. Peneliti menemukan, orang yang diberikan suplemen yang mengandung vitamin C menunjukkan perbaikan berarti pada kelembapan kulit, elastisitas dan kehalusannya.

5. Mengurangi Kemerahan

Bercak-bercak, warna tidak rata, dan kulit kemerahan adalah akibat dari berbagai faktor, termasuk kondisi kulit inflamasi, paparan matahari, hormon, dan kondisi medis.
Tapi vitamin C bisa mencegahnya. Kandungan di dalam vitamin ini bisa mengurangi kemerahan berkat properti antioksidan dan anti-inflamasinya. Vitamin C juga bantu memperbaiki kapiler yang rusak yang menyebabkan kulit kemerahan, memberikan tampilan yang lebih halus dan merata.

Untuk dapatkan manfaat maksimal vitamin C untuk kulit, kamu bisa menggabungkannya dengan berbaga vitamin lain agar lebih efektif. Salah satu cara untuk dapatkan manfaat vitamin di atas dan miliki kulit glowing, Anda bisa mencoba Paket Glowing Skin dari Triasse. Paket perawatan kulit ini mengandung vitamin C, D, E, dan Asam Folat yang berfungsi untuk menghidrasi kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit terasa lebih kenyal, lembab, dan sehat.

 

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.