Tips Jaga Rambut Tetap Sehat Walau Gunakan Hijab

Tips Jaga Rambut Tetap Sehat Walau Gunakan Hijab
Untuk Anda yang menggunakan hijab, pastikan selalu melakukan perawatan rutin untuk memastikan rambut sehat selalu. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Saat seorang wanita memutuskan mengenakan hijab, hal ini menguntungkan sekaligus merugikan untuk rambutnya. Di satu sisi, hijab akan melindungi rambut dari kotoran dan sinar matahari. Di sisi lain, banyak hijabi (wanita pengguna hijab) mengeluhkan rambut sehat mereka yang jadi tipis dan rapuh setelah lama mengenakan hijab.

Tak terpapar sinar matahari di saat yang sama juga bisa membuat rambut jadi terlihat kusam dan tak bersinar. Volume rambut juga berkurang sehingga memberikan kesan lepek dan tipis.

Untungnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan hijabi untuk memastikan rambut mereka tetap sehat di balik hijab. Sebelumnya, penting untuk diingat, mengenakan hijab bukan berarti lantas mengabaikan perawatan rambut, justru sebaliknya.

Rabia Zargapur, seorang perancang busana dari Uni Emirat Arab, yang sudah mengenakan hijab selama lebih dari 15 tahun membagi tip jitunya untuk mempertahankan volume rambut. “Untuk mencegah rambut terlihat lepek setelah melepas hijab, aku menggunakan dry shampoo ke akar rambut. Hal ini seperti meniupkan napas baru pada rambutku,” ujarnya pada Vogue Emirat.

Tak hanya menggunakan produk, ada juga cara yang lebih alami yang bisa hijabi lakukan untuk merawat rambut sehat.

Rawat Tubuh untuk Dapatkan Rambut Sehat

rawat tubuh untuk rambut sehat
Rambut sehat didapatkan dari tubuh yang sehat pula. (Foto: Freepik)

Rambut yang sehat datang dari dalam tubuh, karena pada dasarnya, kondisi rambut mencerminkan kondisi tubuh secara keseluruhan.

Pastikan Anda melakukan hal-hal di bawah ini untuk mendapatkan tubuh bugar dan rambut sehat:

– Minum air yang cukup, agar tubuh dan rambut selalu terhidrasi.

– Makan banyak buah dan sayur untuk dapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

– Jangan sungkan untuk mengonsumsi multivitamin atau mineral yang kurang didapatkan tubuh.

– Hindari makanan berproses dan junk food.

– Selalu cukup tidur setiap malam.

Lakukan Rutinitas untuk Jaga Rambut Sehat

rutinitas jaga rambut sehat
Pakai hijab, perawatan rambut justru harus lebih efektif. (Foto: Freepik)

Jangan hanya karena menggunakan hijab, wanita lantas jadi malas merawat rambut. Perawatan rambut justru harus lebih efektif. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Hijabi tidak perlu mencuci rambut seseorang mereka yang tidak menggunakan hijab. HIjab melindungi rambut dari polutan, jadi waktu antara keramas bisa lebih panjang. Hindari mencuci rambut terlalu sering.
  2. Sisir rambut lebih sering untuk menghindari kusut. Dan pastikan mengatur suhu pengering rambut di tingkatan paling rendah atau biarkan kering begitu saja.
  3. Jaga kelembapan rambut dan pastikan rambut selalu terhidrasi. Ini karena, banyak wanita yang mengikat atau menyanggul rambutnya di balik hijab. Hal ini memang lebih mudah, tapi bisa membuat rambut jadi lebih rapuh. Untuk menghindari kerapuhan rambut, sering-seringlah mengganti gaya rambut di balik hijab.
  4. Ketika Anda menguncir atau menyanggul rambut, pastikan tidak terlalu ketat. Tidak hanya sanggul yang terlalu ketat bisa membuat rambut rontok, hair ini bisa menciptakan tekanan di kulit kepala yang menyebabkan sakit kepala. Gaya yang paling aman adalah dengan mengepangnya.
  5. Pastikan rambut berada dalam kondisi kering sebelum memakai hijab. Hal ini penting karena rambut yang basah atau lembap sangatlah sensitif.
  6. Saat terpaksa harus keluar dan mengenakan hijab saat rambut masih basah, gerai rambut. Jangan diikat, dikuncir, dikepang atau disanggul. Dan gunakan hijab yang berbahan halus, seperti satin atau sutra, untuk meminimalisir gesekan yang bisa membuat rambut rontok atau patah.
  7. Bebaskan rambut sesering mungkin. Jadi, begitu sampai di rumah, segera lepas hijab dan gerai rambut. Hal ini akan memberi rambut kesempatan untuk bernapas.
  8. Jika rambut lepek setelah menggunakan hijab, tak perlu khawatir. Gunakan jari untuk menambah volumenya, dan pijat-pijat kulit kepala untuk melancarkan peredaran darah. Untuk wanita dengan rambut kering, hal ini akan memberi Anda kesempatan untuk melembapkan rambut.
  9. Untuk wanita yang memiliki rambut panjang, berinvestasilah pada sarung bantal berbahan satin atau sutra. Kepang rambut secara longgar, dan usahakan menghindari penggunaan karet gelang.
  10. Gunakan ciput atau dalaman hijab yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Menggunakan bahan jenis ini akan memungkinkan sirkulasi udara di kulit kepala.
  11. Tak hanya sebelum mengenakan hijab. Sebelum tidur pun Anda harus memastikan rambut sudah dalam keadaan kering. Tidur dengan rambut basah akan membuatnya jadi sangat rapuh dan mudah rontok.
  12. Sebelum memasang hijab, pastikan tidak terlalu lama menyisir rambut. Hindari juga menyisir rambut dari akar, karena hal ini akan merangsang produksi minyak rambut. Minyak rambut yang sudah terproduksi, ketika kemudian ditutupi dengan hijab, akan merangsang munculnya ketombe.
  13. Sisir rambut sebelum keramas. Menguncir atau menyanggul rambut di dalam hijab cenderung menjadikannya kusut. Pastikan semua kekusutan rambut sudah terurai sebelum keramas. Keramas dengan rambut kusut bisa berujung pada kerontokan yang lebih parah.

Jika rambut Anda sudah terlanjur lepek karena hijab, jangan takut. Luangkan waktu selama 15 menit setiap hari untuk memijat kulit kepala.

Luangkan juga waktu lebih sering untuk ke salon agar rambut bisa mendapatkan perawatan profesional. Hal ini tidak perlu terus-menerus Anda lakukan, hanya sampai rambut kembali sehat dan berkilau. Setelahnya, frekuensi mengunjungi salon langganan bisa dikurangi, dan lakukan perawatan rambut sendiri di rumah.

Beri Rambut Nutrisi yang Cukup

beri rambut cukup nutrisi
Nutrisi ini bisa diberikan pada rambut dari dalam, dengan dimakan, atau dari luar, lewat masker rambut. (Foto: Freepik)

Seperti tubuh, rambut juga membutuhkan nutrisi yang sehat agar bisa tumbuh subur. Nutrisi ini bisa diberikan pada rambut dari dalam, dengan dimakan, atau dari luar, lewat masker rambut.

Beberapa makanan yang baik untuk kesuburan rambut di antaranya:

  1. Ikan Salmon: Ikan salmon kaya akan omega-3 yang dapat menguatkan folikel rambut dan bisa membuatnya tumbuh lebih cepat.
  1. Tiram: Tiram kaya akan zinc yang akan membuat rambut tubuh tebal, subur, dan berkilau.
  1. Ayam: Vitamin hewani dalam ayam akan merangsang produksi keratin pada rambut. Kurangnya keratin bisa bikin rambut rontok atau terhenti pertumbuhannya.
  1. Telur: Telur mengandung protein dan biotin. Keduanya bisa menghentikan kerontokan rambut dan membuatnya tumbuh subur.
  1. Almond: Almond mengandung vitamin E yang akan menguatkan rambut.
  1. Bayam: Tak hanya sehat untuk tubuh, bayam juga baik untuk rambut.Bayam kaya akan vitamin A, beta karoten, asam folat, dan vitamin C. Semua nutrisi ini menjaga rambut lebih kuat dan tak mudah patah.
  1. Jambu biji: Jambu biji, baik yang merah atau putih, sama-sama kaya akan vitamin C. Vitamin ini akan memastikan rambut kuat sampai ke akarnya. Jadi walaupun menggunakan hijab dalam waktu lama, rambut tetap tidak mudah rontok.
  1. Yoghurt:Yoghurt mengandung nutrisi yang akan melancarkan peredaran darah. Hal ini berefek pada kesuburan dan kilau rambut. Peredaran darah yang lancar di kulit kepala akan membuat rambut lebih subur, sehat, dan berkilau.
  1. Ubi: Ubi mengandung antioksidan bernama beta karoten. Beta karoten akan merangsang rambut untuk merangsang sebum yang bisa menjaga kelembapan rambut dan menghindarinya agar tidak kering.

Selain lima makanan di atas, vitamin D juga sangat baik untuk kesuburan rambut. Dan sumber vitamin D terbaik yang bisa Anda dapatkan berasal dari sinar matahari pagi.

Bahkan walaupun rambut berada dalam keadaan tertutup, menghabiskan waktu sekitar 30 menit di bawah cahaya matahari pagi akan memberikan manfaat vitamin D pada mahkota Anda.

Buat Masker Rambut Sendiri di Rumah

buat masker rambut di rumah
Mengumpulkan bahan-bahan alami di rumah bikin Anda bisa membuat masker rambut sendiri. (Foto: Freepik)

Rambut kering dan lepek atau mudah rontok akibat memakai hijab bisa juga diatasi dengan penggunaan masker rambut. Tak harus ke salon, mengumpulkan bahan-bahan alami di rumah bikin Anda bisa membuat masker rambut sendiri.

Menurut ahli perawatan rambut yang berbasis di New York, Stephen Hanna pada Reader’s Digest, daging buah alpukat adalah salah satu bahan alami terbaik untuk dijadikan masker rambut.

Sanna menyarankan untuk membuat masker rambut dari alpukat. Caranya adalah dengan menghancurkan daging buah alpukat sampai membentuk pasta, lalu campurkan dengan satu butir telur. Oleskan pada rambut seminggu sekali untuk dapatkan hasil terbaik.

Selain alpukat dan telur, mentega dan yoghurt juga bisa jadi bahan alami terbaik untuk rambut. Kandungan vitamin A dalam mentega akan menutrisi rambut yang kering dan menjadikannya berkilau.

Untuk masker rambut dari mentega, tak perlu diberi campuran bahan lain. Cukup oleskan mentega pada rambut sampai menyeluruh, tutup dengan shower cap sekitar setengah jam. Lalu bilas sampai bersih.

Demikian tips tentang cara menjaga rambut sehat bagi Anda yang menggunakan hijab. Selalu kesehatan rambut, jangan lupa juga untuk selalu memastikan kesehatan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up secara berkala. Lakukan cek kesehatan melalui Triasse dan dapatkan berbagai promo menarik dan paket pemeriksaan kesehatan sesuai kebutuhan.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.