Cek, Ini Sebenarnya Penyebab Jerawat

Anda dapat memiliki waah yang lebih cerah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan ini
Bagikan ke Teman:

Jerawat adalah hal kecil yang bisa menyebabkan masalah besar, dan sepertinya semua orang pernah memilikinya. Penyebab jerawat sendiri ada bermacam-macam, mulai dari akibat gaya hidup sampai hormon. Namun, ada banyak mitos yang menyelubungi bintik-bintik merah yang biasa muncul setelah masa puber ini.

Jerawat (acne vulgaris) adalah salah satu masalah yang umum dan kebanyakan di alami oleh remaja, meskipun tidak menutup kemungkinan masih banyak orang dewasa yang kerap mengalaminya. Umumnya fase ‘parah-parahnya’ jerawat menyerang adalah pada saat peralihan dari anak-anak ke dewasa.

Menilik banyaknya jerawat yang menyerang pada usia puber, dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebab utama jerawat adalah hormon. Biasanya jerawat mulai muncul pada usia 10 hingga 15 tahun, penyebab lainnya adalah kebersihan, produksi minyak atau sebum berlebihan, dan menumpuknya sel kulit mati.

Untuk bisa mengatasi jerawat, penting untuk bisa membedakan antara mitos atau fakta seputar masalah kesehatan kulit ini.

Mitos 1: Keripik kentang penyebab jerawat?

Makanan favorit yang satu ini bisa menyebabkan jerawat? Jangan buru-buru sedih dulu, keripik kentang memang mengandung garam dan minyak yang dikambing hitamkan sebagai penyebab jerawat. Faktanya, menurut Clare A. Pipkin, MD, seorang dermatologis dan asisten profesor di Duke University School of Medicine, Amerika Serikat, memakan makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng ataupun keripik kentang bukanlah penyebab utama jerawat.

Menurutnya, kekurangan buah dan sayurlah yang lebih berpotensi menjadi penyebab jerawat.

Mitos 2: Makan cokelat dan kacang kebanyakan bisa bikin jerawat?

Mitos inilah yang banyak beredar di masyarakat. Banyak dari mereka yang menghindari mengonsumsi kacang-kacangan dan cokelat karena takut menimbulkan jerawat di wajah. Faktanya, mengonsumsi cokelat, gorengan dan kacang-kacangan tidak akan menimbulkan jerawat. Menurut Dr. Pipkin, keadaan wajah yang berminyaklah yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah.

Mitos 3: Konsumsi Banyak Telur Adalah Penyebab Jerawat

Sayangnya, mitos tersebut memang benar. Pasalnya, konsumsi telur yang berlebihan dapat menimbulkan jerawat di kulit sebagian orang yang memang sensitif atau alergi terhadap telur. Peptida-protein yang ada pada telur, adalah pemicu utama alergi. Sehingga bagi mereka yang berkulit sensitif dapat menimbulkan bisul atau jerawat.

Cara Meredakan Jerawat

  1. Cuci wajah dua kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut. Pada kulit yang berjerawat parah hindari menggunakan produk yang mengandung scrub atau menggosok wajah dengan kasar karena akan makin memperburuk kondisi wajah. Hindari juga mencuci wajah lebih dari dua kali sehari karena akan membuat wajah makin kering.

2. Gunakan moisturizer (pelembab) yang berlabel non-comedogenic atau tidak menimbulkan komedo dan selalu sesuaikan tekstur pelembab dengan keadaan kulit, misalnya pada saat kulit kering Anda bisa menggunakan pelembab yang lebih creamy. Kebalikannya apabila kulit Anda berminyak, gunakan pelembab yang lebih ringan teksturnya seperti lotion atau gel. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan sebelum mengoleskan pelembab untuk mencegah berpindahnya bakteri dari tangan ke pelembab.

3. Hindari menyentuh jerawat atau bahkan memencet-mencetnya. Meskipun memencet jerawat memberikan kepuasan tersendiri, mengeluarkan jerawat secara paksa dengan memencet-mencetnya hanya akan meninggalkan bekas di wajah. Tentu hal ini akan menganggu penampilanmu.

4. Menggunakan tea tree oil, sulfur (belerang) ataupun cuka apel untuk mengobati jerawat di wajah. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan tradisional tadi atau menggunakan obat dari dokter untuk menghilangkan jerawat.

Namun mengonsumsi cokelat, kacang atau makanan lain secara berlebihan juga dapat menimbulkan risiko penyakit lain. Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan tes darah contohnya seperti melakukan Pemeriksaan Gula Darah, maka pilihlah melakukan pemeriksaan melalui Pesanlab, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di Pesanlab diantaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, Dan Hasil Lab Online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan !

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *