Ini 7 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan Tubuh

Bagikan ke Teman:

Brokoli sering digadang-gadang sebagai superfood karena beragam manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Sayuran yang mirip dengan pohon kecil ini merupakan bagian dari keluarga kubis dan kaya akan berbagai nutrisi sehat. Khasiat brokoli memang sangat luas, mulai dari anti-inflamasi, menjaga kesehatan jantung dan tulang, hingga mencegah kanker.

Manfaat brokoli didapat karena kandungannya yang tanpa lemak dan tinggi serat, mengandung vitamin A, B6, dan C, potasium, sodium, serta kalori. Di dalam brokoli juga terkandung fitokimia dan antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas yang dapat mengakibatkan kerusakan sel. Nutrisi lainnya yang terkandung dalam brokoli adalah magnesium, fosfor, serta sedikit zat besi dan seng.

Berikut tujuh manfaat brokoli bagi kesehatan yang menjadikan sayuran hijau ini wajib jadi langganan dalam menu harian Anda:

1. Anti-Inflamasi

Brokoli merupakan anti-inflamasi baik yang dapat memperlambat kerusakan sendi termasuk osteoarthritis. Brokoli mengandung sulforaphane, yaitu bahan kimia yang dapat menghambat enzim yang menyebabkan kerusakan sendi. Kandungan ini tentunya dapat membantu penderita radang pada sendi dengan menghentikan molekul kunci penyebab peradangan. Brokoli juga mengandung iskhiosianat dan asam lemak omega-3 yang membantu mengatur peradangan.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Brokoli yang berserat tinggi dapat membantu mengeluarkan kolesterol dengan mengikat asam empedu di saluran pencernaan. Serat larut dalam brokoli ini mampu mengikat sayuran dengan kolesterol dalam darah. Hal ini membuat kolesterol menjadi mudah dikeluarkan dari tubuh. Bahkan beberapa jenis brokoli tertentu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah hingga enam persen.

3. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat dari brokoli yang paling terkenal adalah brokoli dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Seperti sayuran cruciferous lainnya, seperti kembang kol, kubis brusel, dan kubis ini sangat protektif terhadap beberapa kanker perut dan usus. Brokoli dapat membantu membersihkan estrogen (penyebab kanker) dalam tubuh. Brokoli juga diklaim dapat mencegah kanker payudara dan kanker rahim.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat dari brokoli yang paling baik adalah brokoli dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menjaga pembuluh darah agar tetap kuat. Peradangan kronis yang terjadi pada pembuluh darah juga dapat diatasi dengan brokoli karena brokoli merupakan anti-inflamasi yang baik.

5.  Meningkatkan Kesehatan Mata

Sama halnya dengan wortel, brokoli mengandung lutein yang tinggi. Lutein adalah zat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata. Lutein dapat membantu melindungi degenerasi makula (kondisi yang mengaburkan penglihatan) dan katarak. Selain itu, brokoli juga mengandung beta-karoten, vitamin A, B kompleks, C, dan E, serta fosfor. Semua nutrisi ini sangat bagus untuk perbaikan kerusakan karena radiasi berbahaya yang disebabkan oleh terlalu seringnya menatap layar ponsel atau komputer.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Brokoli mengandung kadar kalsium dan vitamin K yang tinggi. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis.

7. Kesehatan Pencernaan

Brokoli yang tinggi serat, tentu saja akan membantu menjaga lapisan perut agar tetap sehat. Sulforaphane dalam brokoli membantu menjaga bakteri agar tidak ditumbuhi atau menempel terlalu kuat ke dinding perut. Namun, apabila Anda mengonsumsi brokoli dalam keadaan mentah, akan cenderung mengiritasi perut dan menyebabkan gas.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli, pastikan Anda mengolahnya secara tepat. Merebus brokoli, menurut WebMD, dapat mengurangi 90 persen manfaatnya. Jika tidak ingin mengonsumsinya secara mentah, sebaiknya olah brokoli dengan cara dipanggang, tumis, atau menggunakan microwave.

Selain mengonsumsi makanan dan nutrisi sehat secara teratur, pastikan juga untuk selalu rutin memeriksakan kesehatan tubuh melalui PesanLab.com untuk memastikan kondisi Anda selalu prima.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *