Manfaat Berhenti Menggunakan Makeup, Bikin Lebih Cantik?
Ada banyak manfaat yang akan didapat jika Anda berhenti menggunakan makeup (foto: freepik)

Manfaat Berhenti Menggunakan Makeup, Bikin Lebih Cantik?

Bagikan ke Teman:

Banyak wanita yang tidak bisa meninggalkan rumah tanpa menggunakan makeup. Riasan wajah dan kosmetik bagi banyak orang seperti menjadi kebutuhan wajib harian. Padahal, ada banyak manfaat berhenti menggunakan makeup sangat banyak, dan Anda tidak harus berhenti menggunakannya selamanya.

Sebenarnya menggunakan makeup boleh dan wajar-wajar saja. Namun, bukan berarti Anda jadi harus selalu menggunakan makeup. Pasalnya, biar bagaimanapun, kulit wajah tetap butuh bernapas, serta karena alasan lainnya. Triasse telah merangkum apa saja manfaat berhenti menggunakan makeup.

Kulit dapat Bernapas Lega

Kulit dapat Bernapas Lega
Kulit wajah butuh beristirahat dari bahan-bahan kimia yang berasal dari makeup (foto: freepik)

Kulit wajah butuh beristirahat dari bahan-bahan kimia yang berasal dari makeup. Itulah mengapa ketika telah menggunakan makeup, Anda perlu membersihkan kembali wajah Anda agar kulit bisa segera bernapas. Makeup yang digunakan terus-menerus lama-kelamaan akan menyumbat pori-pori dan mengganggu sirkulasi oksigen di wajah. Hal ini jika dilakukan terus dalam waktu yang lama akan memicu munculnya masalah kesehatan kulit pada wajah seperti timbulnya jerawat.

Kulit menjadi Lebih Sehat

Kulit menjadi Lebih Sehat
Ketika Anda tidak menggunakan makeup, Anda akan membiarkan kulit bernapas lega dan dapat mengoptimalkan proses regenerasi pada sel kulit wajah (foto: freepik)

Umumnya seseorang akan menggunakan lebih dari satu jenis bahan makeup pada wajahnya. Tumpukan bahan kimia pada makeup ini dapat menghambat proses regenerasi kulit, apalagi dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat membuat wajah tampak kering dan kusam. Oleh karena itu, ketika Anda tidak menggunakan makeup, Anda akan membiarkan kulit bernapas lega dan dapat mengoptimalkan proses regenerasi pada sel kulit wajah. Hal ini tentunya akan membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan tampak lebih segar.

Berkurangnya Kerutan

Berkurangnya Kerutan
Membiarkan kulit wajah bernapas membantu pembentukan kolagen yang mengurangi kerutan dan meremajakan kulit (foto: freepik)

Apabila Anda tidur dalam keadaan belum membersihkan makeup wajah, makeup, polusi, dan kotoran lainnya yang menempel pada wajah dapat meresap ke dalam pori-pori dan menghambat kerja kolagen, yaitu protein yang berperan untuk menunda proses penuaan pada kulit. Serta menghambat kerja elastin kulit, yaitu jaringan yang berperan untuk menjaga kekencangan kulit. Itulah sebabnya mengapa kebiasaan memakai makeup ketika tidur dapat menyebabkan proses penuaan pada kulit dengan munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah.

Mengurangi Risiko Infeksi dan Alergi

Mengurangi Risiko Infeksi dan Alergi
Tanpa disadari, riasan pada mata, seperti eyeliner dan maskara, dapat menimbulkan infeksi dan iritasi (foto: freepik)

Tanpa disadari, riasan pada mata, seperti eyeliner dan maskara, dapat menimbulkan infeksi dan iritasi. Tabung maskara menyimpan kuman dan bakteri yang dapat mengiritasi mata dan memicu infeksi seperti konjungtivitis. Oleh sebab itu, Anda sebenarnya tidak dianjurkan untuk menggunakan alat kosmetik khusus mata terus-menerus apalagi sampai bergantian pakai dengan orang lain.

Bahkan, bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan makeup, bahan kimia yang terkandung di perias wajah juga bisa memicu alergi yang ditandai dengan munculnya rasa gatal, kemerahan, bahkan luka bakar.

Pori-pori Tersamarkan

Pori Tersamarkan
Ketika Anda tidak menggunakan makeup, pori-pori akan bernapas dengan baik sehingga membuat pori-pori tidak bertambah, membesar, dan wajah akan tampak lebih halus (foto: freepik)

Ketika Anda tidak menggunakan makeup, pori-pori akan bernapas dengan baik sehingga membuat pori-pori tidak bertambah, membesar, dan wajah akan tampak lebih halus. Jadi, bagi Anda yang memiliki keluhan dengan pori-pori wajah yang besar, mungkin ada baiknya Anda menyediakan waktu tanpa makeup agar kulit wajah dan pori-pori bisa bernapas. Ini kemudian akan membuat pori-pori wajah mengecil.

Sebelum membeli perias wajah, Anda dianjurkan untuk mengetahui jenis kulit Anda terlebih dahulu. Cocok atau tidaknya makeup dengan wajah seseorang tidak dipengaruhi dari mahal atau murahnya harga makeup tersebut. Apa yang cocok untuk orang lain, belum tentu cocok untuk Anda.

Sebenarnya yang lebih penting daripada makeup itu sendiri adalah perawatan kulit. Terlebih-lebih jika Anda sering menggunakan makeup, ada baiknya Anda lebih ekstra dalam merawat dan menjaga kecantikan & kesehatan kulit. Anda dapat mengonsumsi vitamin khusus untuk kulit. Yang tak kalah penting adalah menjaga gaya hidup sehat, menghindari stres, menjaga pola makanan sehat, memperbanyak minum air putih, serta berolahraga.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."