Ini Manfaat Alpukat Jika Dikonsumsi Tiap Hari

Bagikan ke Teman:

Buah berwarna hijau ini menjadi primadona karena rasanya yang lezat dan juga teksturnya yang lembut. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat alpukat bagi tubuh?

Alpukat tidak hanya lezat tapi juga merupakan makanan yang sangat sehat, bahkan karena manfaat yang terkandung di dalamnya, alpukat dikategorikan sebagai superfood oleh para ahli gizi. Satu buah alpukat mengandung 22,5 gram lemak yang sebagian merupakan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh serta sangat rendah fruktosa. Selain itu alpukat juga mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh seperti fiber, potassium, vitamin E, Vitamin B-Complex, folic acid, dan berbagai zat lainnya yang tidak kalah pentingnya bagi tubuh.

Selain penuh nutrisi, alpukat juga dianggap sebagai makanan yang sangat aman untuk dikonsumsi. Anda tidak perlu membeli produk organik untuk alpukat karena kulitnya yang tebal melindungi buah didalamnya dari insektisida dan bahan kimia lainnya.

Jadi apa yang akan terjadi bila Anda mengonsumsi alpukat setiap hari? Berikut ini manfaat alpukat bagi tubuh:

Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak yang menganggap sering mengonsumsi alpukat akan membuat Anda gemuk, hal itu terjadi karena memang alpukat mengandung banyak lemak, namun lemak yang ada dalam alpukat tergolong dalam lemak yang baik bagi tubuh. Anda bisa saja tambah gemuk jika mengonsumsinya dengan menambahkan banyak susu dan gula. Namun bila dikonsumsi dengan tepat, justru alpukat bisa bikin lebih langsing.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang merupakan lemak baik, dan seperti minyak zaitun, alpukat juga kaya akan oleic acid yang memiliki reputasi sebagai nutrisi yang dapat membantumu tetap langsing.

Selain itu bagi Anda yang sering ngemil, alpukat dapat membantumu menghilangkan kebiasaan itu. Penelitian menunjukkan bahwa menu makanan yang mengandung alpukat dan lemak baik lainnya membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Anggapan alpukat sebagai buah yang penuh lemak juga seringkali ikut membuatnya dijauhi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Pada kenyataannya lemak yang terkandung dalam alpukat kaya akan lemak tak jenuh, selain itu alpukat juga memiliki kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Hal ini yang membuat alpukat menjadi buah yang ideal bagi orang-orang yang mimiliki kolesterol tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sebesar 11 persen dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 22 persen. Selain itu, alpukat juga dapat membantumu menurunkan kadar Trigliserida dalam tubuh hingga 20 persen.

Terhindar dari Kanker, Stroke, dan Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa oleic acid yang terkandung dalam alpukat dapat mencegak kanker payudara, menghambat pertumbuhan tumor pada kanker prostat, serta mencari dan menghancurkan sel prakanker dalam tubuh. Alpukat juga memiliki 23 persen kandungan folate, ditambah dengan Vitamin E dan lemak tak jenuh, manfaat alpukat baik bagi kesehatan jantung dan mencegah stroke.

Selain itu alpukat juga mengandung antioksidan bernama glutathione yang juga berperan dalam mencegah penyakit jantung, kanker, serta membantu melawan radikal bebas.

Kesehatan Mata Terjaga

Mengonsumsi alpukat membantu tubuh Anda untuk dapat menyerap carotenoids (lycopene dan beta carotene) hingga lima kali lipat lebih baik. Kandungan carotenoids dalam alpukat jauh lebih tinggi ketimbang buah-buahan yang lain. Zat ini dapat melindungi mata dari katarak, dan juga macular degeneration yang dapat menyebabkan kebutaan pada usia lanjut. Ini bikin alpukat menjadi saingan berat wortel sebagai makanan yang baik bagi mata.

Tampak Lebih Muda dan Kulit Lebih Halus

Walau tidak langsung membuat Anda tampak jauh lebih muda, alpukat kaya akan antioksidan, di antaranya adalah gluthatione dan carotenoids (alpha-carotene, beta carotene, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein). Zat tersebut memiliki berbagai manfaat, antara lain adalah untuk memperlambat proses penuaan atau biasa disebut sebagai anti-aging. Mereka membuat kulit Anda, terutama pada bagian wajah, terhindar dari kerutan dan tanda-tanda penuaan.

Selain itu, lemak tak jenuh pada alpukat memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan pada lapisan epidermal kulit, sehingga membantu kulit tetap halus dan cukup lembab. Kandungan Omega-9 yang juga merupakan oleic acid bertanggungjawab pada regenerasi sel kulit yang rusak dan mengurangi kulit merah serta iritasi. Jadi, orang yang menderita iritasi kulit dan kulit kering dapat mengonsumsi alpukat untuk membantu menangani masalah tersebut.

Dengan berbagai manfaat yang terkandung dalam alpukat, sangat disarankan bagi kalian untuk mengonsumsi alpukat setiap hari. Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sebanyak setengah hingga satu buah alpukat per hari. Layaknya semua makanan, mengonsumsi terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh Anda.

Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dan kolesterol, hindari mengonsumsi alpukat yang dicampur dengan terlalu banyak gula maupun susu.

Namun dengan melihat berbagai manfaatnya, apakah mengonsumsi alpukat sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh kita? Tentu saja tidak, campuran makanan lain yang penuh nutrisi juga perlu Anda tambahkan dalam menu makanan Anda setiap harinya.

Selain itu Anda juga perlu untuk terus melakukan medical check up atau cek darah secara rutin, contohnya pemeriksaan seperti pemeriksaan panel lemak maupun gula darah untuk terus memantau kondisi kesehatanmu.

Sekarang Anda sudah tau akibat dari mengonsumsi alpukat setiap hari, apakah Anda ingin mencoba? Share ke teman-temanmu agar kita semua tetap sehat. Salam Sehat!

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *