10 Cara Memutihkan Muka Secara Alami, Yuk Coba!
Potret seorang wanita dengan masker wajah setengah (freepik/senivpetro)

10 Cara Memutihkan Muka Secara Alami, Yuk Coba!

Bagikan ke Teman:

Cara Memutihkan Muka Secara Alami – Kulit merupakan organ terbesar yang kamu punya, jadi kamu pasti mau menjaganya dengan baik. Memiliki kulit yang bercahaya menandakan kalau kamu itu sehat. Kulit yang kering dan tidak bercahaya bisa membuat kamu sedikit kurang baik dari seharusnya.

Berikut adalah 10 produk dan gaya hidup yang bisa kamu lakukan sebagai cara kamu merawat kesehatan kulit sehari-hari. Hal terbaiknya adalah hampir semua yang kamu butuhkan sudah tersedia di dapur kamu.

Menggunakan Aloe Vera 

Aloe vera memiliki kemampuan menyembuhkan dan menstimulasi perkembangan sel baru. Aloe vera juga melembutkan dan melembabkan tanpa menyumbat pori-pori. Gunakan aloe vera setelah kamu mencuci muka tiap hari akan membuat kulit kamu bercahaya.

Tubuh kamu, bisa jadi alergi dengan bahan ini. Maka kamu perlu untuk mengujinya, dengan mengoleskannya di tangan kamu dan jika tidak ada reaksi buruk dalam waktu 24 jam, maka kamu bisa menggunakannya ke wajah.

Gunakan Sunscreen Tiap Hari

Menggunakan sunscreen dengan SPF 15 ke atas bisa mencegah kanker kulit. Menjaga kulit kamu agar selalu terjaga dari bahaya sinar UV akan mencegah terjadinya penuaan dini.

Selalu pastikan kalau kulit kamu selalu diaplikasikan produk dengan sunscreen tiap pagi, bahkan saat sedang mendung atau tidak cerah.

Gunakan Pelembap setiap Habis Cuci Muka

Melembabkan kulit kamu dengan produk yang mengunci kelembaban, mempercepat proses penyembuhan, dan antionxidant bisa menambah kemungkinan kulit kamu akan glowing. Jangan eksfoliasi kulit kamu jika terasa kering, dan jangan tinggalkan pelembab walau kulit kamu berminyak.

Aplikasikan pelembab ke kulit saat masih basah setelah mencuci muka. Jika kamu melakukan hal ini maka kelembaban tambahan akan kamu dapatkan.

Melembutkan Kulit dengan VCO

Minyak kelapa memiliki kandungan anti-inflamasi, antioxidant, dan bahan-bahan lainnya yang membantu proses penyembuhan. Namun menggunakan minyak kelapa bisa tidak bekerja pada semua tipe kulit. Jangan menggunakan bahan ini jika kamu memiliki alergi.

Jika kamu bisa mengaplikasikannya tanpa iritasi, maka kamu bisa menggunakannya dengan berbagai cara. Kamu bisa menggunakannya untuk:

  • Menghapus make up
  • Melembutkan kulit
  • Memberikan kulit sehat yang datang dari dalam

Penelitian menunjukkan kalau minyak kelapa baik digunakan sebagai pelembab. Coba memijat kulit kamu menggunakan minyak ini pada wajah kamu. Biarkan meresap untuk waktu sebentar dan bersihkan dengan sabun cuci muka.

Hindari Merokok dan Menjadi Perokok Pasif

Saat kamu membiarkan kulit kamu terkena asap rokok, kamu melapisi kulit kamu dengan racun kimia. Hal ini akan menambah stres di kulit kamu yang akan berakibat pada penuaan dini.

Jika kamu merokok, coba buat kulit kamu sebagai alasan untuk berhenti. Jadi Menghindari merokok dan perokok pasif merupakan salah satu cara memutihkan muka secara alami.

Makan Makanan dengan Kandungan Nutrisi untuk Kulit 

Makan makanan sehat seperti buah dan sayur akan meningkatkan kadar vitamin dan antioxidant di tubuh kamu.

Menurut Mayo Clinic, makan lemak sehat, seperti minyak ikan, dan menghindari makanan cepat saji yang mengandung banyak bahan kimia akan berdampak pada kulit yang lebih sehat.

Cari Rutinitas Cuci Muka yang Cocok

Kamu tidak mau menghilangkan kelembapan kulit kamu karena terlalu sering mencucinya, dan kamu tidak mau membuat pori-pori kamu memproduksi lebih banyak minyak dari terlalu banyak mencuci muka. 

Mencuci muka setelah kamu berkeringat, pada pagi hari, dan sebelum tidur adalah waktu-waktu yang pas untuk kamu mencuci muka.

Kurangi Waktu Mandi

Uap dan panas bisa membuka pori-pori dan membantu kamu menghilangkan racun. Namun terus-terusan memberikan air panas ke wajah akan menghilangkan minyak alami kulit, dan membuatnya menjadi lelah dan tidak bercahaya. Coba untuk mengurangi jangka kulit kamu terekspos air panas.

Kamu juga perlu untuk menggunakan air yang lebih dingin untuk memperlancar sirkulasi darah, yang akan memberikan penampilan lebih muda. Hal ini juga mungkin bisa menambah sistem imun kamu.

Minum banyak Air

Kulit kamu terbuat dari sel yang membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Hubungan dari meminum air dengan memiliki kulit sehat masih dipertanyakan, tapi pada penelitian tahun 2015 ditemukan kalau ada hubungan yang kuat antara minum air yang banyak dengan kulit yang sehat.

Coba targetkan untuk minum sebanyak 8 gelas air setiap harinya.

Minum Suplemen

Suplemen bisa membuat sistem imun naik, memperbaiki sistem pencernaan, dan mengurangi bengkak dan inflamasi di bagian pencernaan.

Menurut penelitian tahun 2004, suplemen bisa membantu untuk membuat rambut lebih sehat dan kulit bercahaya.

Memperhatikan kulit kamu adalah bentuk dari perawatan yang bisa terbayar saat kulit kamu bercahaya. Kadang stres, kekurangan nutrisi, ketidakseimbangan hormon, dan kondisi kesehatan lainnya bisa mempersulit untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

Bertemulah dengan dermatologis kamu jika kamu merasa khawatir dengan bagaimana kulit kamu terlihat. Kulit kering, pecah-pecah, dan tidak bercahaya bisa menjadi gejala dari penyakit lainnya. 

Itu dia artikel Triasse tentang cara memutihkan muka secara alami. Jangan lupa untuk terus menantikan info lainnya mengenai gaya hidup perihal kecantikan seperti kebiasaan yang harus dihindari agar wajah cerah. Butuh tahu kondisi tubuh dengan harga terjangkau? Cek darah di Triasse!

Bagikan ke Teman:
Rinaldi S
Homo Homini Lupus!