Alis Bisa Ketombean? Cek 6 Fakta Ketombe yang Mengganggu

Alis Bisa Ketombean? Cek 6 Fakta Ketombe yang Mengganggu
Fakta ketombe, masalah kulit kepala ini memunculkan rasa gatal yang sering ditimbulkan juga bisa membuat Anda jadi terlihat tak profesional. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Ketombe bukanlah masalah baru, dan tak sedikit orang yang memiliki masalah ini secara konstan. Fakta ketombe, masalah kulit kepala ini membuat Anda tak jadi tak nyaman mengenakan pakaian berwarna hitam. Selain itu, rasa gatal yang sering ditimbulkan juga bisa membuat Anda jadi terlihat tak profesional.

Melansir Women’s Health, inilah 6 hal tentang fakta ketombe yang perlu Anda ketahui:

1. Kulit Kepala Kering, Ketombe, dan Psioriasis Berbeda

Walaupun ketika hal ini sama menimbulkan masalah buat Anda, tapi mereka tidaklah sama. “Ketika Anda melihat kulit kepala seseorang yang kering, Anda mungkin saja tidak akan melihat apapun, tapi mungkin akan ada sedikit serpihan di sana sini,” ujar Francesca Fusco, M.D., seorang dermatolog medis dan kosmetik di New York.

Keringnya kulit kepala juga secara umum disebabkan oleh faktor lingkungan atau produk yang Anda gunakan. Jadi ketika Anda mengubah kedua hal tadi, kekeringan ini akan menghilang.

Fakta ketombe, masalah kulit kepala menimbulkan rasa gatal yang lebih, serpihan kekuningan, kulit kepala berminyak, dan jika kondisinya parah, kerontokan pada rambut.

Sedangkan psoriasis adalah jenis yang sama sekali berbeda, dan biasanya mempengaruhi mereka yang memiliki kecenderungan genetis. “Pada psoriasis, serpihannya berwarna sedikit keperakkan, menggumpal, dan tebal,” ujar Fusco. Dan hal ini tidak hanya di kulit kepala saja.

Jika Anda memiliki psoriasis, bagian lain di tubuh Anda seperti siku, lutut, punggung bawah, dan kuku, akan memiliki gejala yang sama.

Jika Anda tak tahu pasti serpihan apa yang ada di kulit kepala Anda, cobalah mengeceknya dengan dermatolog.

2. Ketombe Normalnya Tidak Disebabkan oleh Kekeringan

Biasanya orang berpikir kulit kepala keringlah yang menyebabkan ketombe, tapi sebenarnya bukan. “Ketombe sebenarnya disebabkan oleh minyak yang terlalu banyak” ujar David Bank, M.D, direktur dari Center for Dermatology, Cosmetic, and Laser Surgery di Mount Kisco, New York.

“Jamur tak berbahaya yang berperan dalam menyebabkan ketombe akan meningkat seiring peningkatan minyak.”

Tapi hal ini bukan berarti Anda kurang bersih. Jika kulit kepala Anda berminyak, biasanya hormonlah yang menjadi penyebabnya.

Jika ada jamur yang berkembang biak terlalu banyak di kelenjar minyak sebaceous Anda, yang dikenal sebagai malassezia, kulit Anda akan mengelupas dan mulai rontok, karena kulit berusaha untuk menghilangkannya. Sayangnya, begitu Anda mengembankan permasalahan ini, sulit untuk dihilangkan.

3. Ketombe Bisa Jadi Lebih Banyak Saat Musim Panas

Sudah banyak studi yang dilakukan untuk mencari tahu apakah musim dingin atau musim panas yang membuat ketombe jadi lebih banyak. Namun Fusco mengatakan, ia lebih sering melihat orang dengan permasalahan ketombe ketika cuaca lebih panas.

“Keringat ekstra pada musim panas yang bercampur dengan produksi sebum normal Anda akan menyebar ke seluruh penjuru kulit kepala. Ini karena produksi sebum ada di bawah kontrol hormon,” kata Fusco.

Campuran sebum dan keringat tadi akan menyebabkan minyak licin di kulit kepala Anda yang kemudian menciptakan lingkungan ideal untuk ketombe.

4. Fakta Ketombe, Alis Anda Juga Bisa Jadi Korban

Ketika alis Anda berketombe, alis akan menjadi berserpih, dan biasanya hal ini akan terjadi di sekitar area T-zone di tengah wajah Anda. Dan Anda akan mulai melihat bercak kemerahan dan gatal.

Alis yang tebal dan rimbun menjadi tempat yang ideal untuk tumbuhnya ketombe. Jadi jika Anda menggunakan pensil, bubuk, atau jel alis, pastikan Anda menghapusnya sebelum tidur.

Anda bisa membersihkannya menggunakan pembersih wajah standar, namun pastikan Anda meluangkan waktu ekstra untuk membersihkan alis Anda.

5. Jangan Campur Sampo Anti Ketombe dengan Jenis Lain

Anda mungkin berpikir tidak akan masalah untuk memadukan sampo anti ketombe Anda dengan pelembab rambut yang akan menambah volume atau mengurangi kerontokan. Namun, ini adalah sebuah kesalahan besar.

Fakta ketombe: Tak hanya Anda tak boleh memadukan sampo khusus ketombe Anda dengan sampo biasa, Anda juga harus menggunakan produk rambut lain yang memang khusus untuk menangani masalah ketombe.

6. Gunakan Produk Anti Ketombe Secara Teratur

Jika Anda ingin menghilangkan ketombe dari rambut Anda, jangan lewatkan produk ini saat Anda keramas. “Normalnya, dermatolog akan mengingatkan Anda untuk tidak keramas setiap hari, namun khusus untuk ketombe lakukan sebaliknya,” ujar Bank.

“Jika Anda tidak mencuci rambut cukup sering, permasalahan ketombe Anda akan semakin buruk karena minyak akan semakin banyak di rambut Anda yang akan membuat menumpuknya sel kulit mati dan jamur,” tutupnya.

Begitu fakta ketombe yang perlu Anda ketahui untuk bantu jaga kesehatan kulit kepala. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba Paket Skin and Hair dari Triasse. Paket perawatan ini menawarkan perpaduan zat-zat berguna yang bisa membantu kesehatan kulit dan kesuburan rambut. Berisikan vitamin C, E, Zinc, asam folat dan biotin, infus multivitamin ini bisa membantu menutrisi kulit kepala untuk mengurangi kerontokan, rambut patah, dan mencegah kebotakan.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.