6 Suplemen untuk Skin and Hair yang Glowing

6 Suplemen untuk Skin and Hair yang Glowing
Untuk dapatkan skin and hair yang glowing, kamu bisa memulainya dari menu harian yang bisa penuhi kebutuhan vitamin dan mineral. (Foto: Stocksy)
Bagikan ke Teman:

Apakah kamu sering merasa frustras dengan kulit kering, bibir pecah-pecah, atau rambut kusam? Kalau iya, asupan suplemen atau diet harian yang kaya vitamin untuk skin and hair yang glowing bisa jadi jawaban yang kamu cari. Pastikan kamu tahu suplemen terbaik untuk kulit dan rambutmu.

Kekurangan vitamin penting untuk skin and hair bisa memberikan efek buruk untuk penampilan. Misalnya, kamu kekurangan biotin, efeknya bisa jadi rambutmu rontok; munculnya area kemerahan yang kering dan mengelupas di sekitar mata, hidung, dan mulut; rambut menipis.

Sementara itu, mendapatkan asam lemak Omega-3 yang cukup bisa buat rambutmu subur. Omega-3 juga bisa cegah kulit kepala rontok. Sedangkan Vitamin C adalah vitamin yang penting untuk kulit karena bisa mempertahankan kolagen, bikin kulit terlihat lebih mulus.

Untuk tahu lebih jelas tentang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk dapatkan skin and hair yang glowing, simak paparan di bawah ini, melansir Everyday Health:

1. Biotin adalah Vitamin Rambut Luar Biasa

biotin adalah vitamin rambut yang luar biasa
Biotin bisa Anda dapatkan dari pisang untuk rambut yang lebih subur. (Foto: Stocksy)

Biotin ditemukan dalam makanan seperti selai kacang dan pisang. Biotin adalah vitamin B yang menjaga kulit, saraf, saluran pencernaan dan metabolisme tubuh. Suplemen ini bisa digunakan untuk mengurangi rambut rontok dan menyokong pertumbuhan kuku.

“Mereka yang memiliki diabetes tipe 2 sebaiknya juga mengonsumsi suplemen biotin,” ujar David Bank, MD, direktur dari Center for Dermatology di Mt.Kisco, New York. “Mengonsumsi biotin yang dikombinasikan dengan kromium pikolinat [mineral yang ditemukan pada makanan tertentu] bisa membantu memperbaiki kadar gula darah.” Asupan harian biotin yang diajurkan adalah 35 mikrogram, yang mungkin sudah kamu dapatkan dari konsumi makanan harian.

2. Ekstrak Fern Memiliki Properti Pelindung Kulit

2. Ekstrak Fern Memiliki Properti Pelindung Kulit
Ekstrak fern bisa memberi perlindungan dari sinar ultraviolet. (Foto: Stocksy)

Ekstrak fern telah diteliti selama sekitar 20 tahun untuk kemampuannya menjaga kesehatan kulit. Studi baru-baru ini menemukan, tumbuhan ini bisa memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet. Ia juga bisa digunakan untuk untuk perawatan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan vitiligo.

“Ekstrak fern telah menunjukkan efek anti-inflamasi yang mumpuni pada jaringan kulit,” ujar Bank. Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi suplemen ini, konsultasikan pada dokter untuk dosis yang tepat. “Dosisnya berdasarkan berat badan, yang berkoralasi dengan jumlah kulit yang dimiliki seseorang,” jelas Bank.

3. Zat Besi Bisa Buat Kulit Glowing

zat besi bisa bikin kulit jadi glowing
Zat besi, ditemukan dalam makanan seperti bayam, kerang, dan kacang mete. (Foto: Stocksy)

“Tanpa zat besi, rambutmu bisa jadi terlihat kusam, tipis, dan kering,” ujar Bank. “Dan tanpa zat besi, kulitmu bisa jadi mudah patah.”

Zat besi, ditemukan dalam makanan seperti bayam, kerang, dan kacang mete, bisa membantu membuat kulitmu jadi glowing dengan mengaktifkan vitamin B. Soheil Simzar, MD, seorang instruktur dermatologi klinis di David Geffen School of Medicine di UCLA, merekomendasikan suplemen zat besi hanya pada pasien yang kekurangan zat besi.

“Terlalu banyak zat besi bisa menyebabkan kerusakan akibat radikal bebas pada struktur kulit,” ia memperingatkan. Dokter bisa melakukan tes darah sederhana untuk mengetahui apakah kamu kekurangan zat besi atau tidak.

4. Asam Lemak Omega-3 Bantu Cegah Kerut

asam lemak omega-3 bisa bantu cegah kerut
Tunda munculnya kerut dengan banyak mengonsumsi ikan yang kaya omega-3. (Foto: Stocksy)

Omega-3, yang ditemukan dalam ikan seperti sarmon, sarden, dan makarel, meregulasi produksi minyak dan membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya kenyal.

“Zat ini juga membantu menunda proses penuaan untuk mencegah kerut,” ujar ank. Satu studi pada tahun 2005 menemukan bahwa EPA, satu tipe omega-3 yang utamanya ditemukan dalam minyak ikan, membantu memblok pelepasan enzim yang diinduksi oleh sinar ultraviolet. Enzim ini bisa menguras kolagen pada kulit, menyebabkan kulit jadi kendur dan berkeriput.

Terlebih lagi, omega-3 bisa membuat rambut jadi berkilau, mencegah kekeringan pada rambut dan pengelupasan kulit kepala. “Dosis omega-3 yang dianjurkan adalah 600 mg per hari,” ujar Simzar. Namun, jika Anda punya riwayat alergi ikan, diabetes, atau tekanan darah tinggi, konsultasikan dulu dengan dokter.

5. Vitamin C untuk Skin and Hair yang Glowing

vitamin c untuk skin and hair yang glowing
Vitamin C kaya manfaat baik untuk kulit maupun rambut. (Foto: Stocksy)

“Vitamin c bisa memperbaiki pertumbuhan rambut, memerangi ketombe, menghentikan kerontokan rambut, dan membuat rambutmu jadi lebih tebal,” ujar Bank sambil mengatakan kekurangan vitamin C bisa buat rambut bercabang. Satu studi pada tahun 2013 menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin E dan C memiliki kulit yang lebih tidak kering, kencang, dan cerah setelah empat bulan.

Seberapa banyak kamu harus mengonsumsi vitamin untuk skin and hair jumlahnya juga tergantung pada gender. Wanita berusia 19 tahun ke atas perlu mengonsumsi 75 miligram per hari, sedangkan pria di usia yang sama perlu mengonsumsi 19 miligram/hari.

6. Vitamin E Bisa Lawan Tanda-Tanda Penuaan Dini

Vitamin E Bisa Lawan Tanda-Tanda Penuaan Dini
Kebutuhan vitamin E harian hampir semuanya bisa didapatkan dari makanan. (Foto: Stocksy)

“Vitamin E, seperti vitamin C, adalah antioksidan luar biasa yang bisa memerangi garis halus pada kulit akibat radikal bebas,” ujar Simzar. Satu studi pada tahun 2010 juga menemukan, pria yang mengonsumsi vitamin ini untuk skin and hair, rambutnya lebih subur.

Vitamin E bisa Anda tambahkan pada menu harian, misalnya dari alpukat, minyak zaitun, dan gandum. “Sebagian besar atau seluruh kebutuhan vitamin E bisa kamu dapatkan dari makanan,” ujar Simzar.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan skin and hair yang glowing, ada cara yang lebih mudah. Triasse menghadirkan paket perawatan Skin and Hair. Infus racikan dokter Triasse ini memiliki kandungan semua vitamin yang kamu butuhkan untuk dapatkan kulit cerah dan rambut berkilau, seperti vitamin C, E, biotin, dan asam folat.  Perawatan Skin and Hair ini merupakan infus multivitamin yang membantu menutrisi kulit dan kulit kepala untuk mengurangi kerontokan, rambut patah dan mencegah kebotakan. Cek sekarang.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.