4 Vitamin Terbaik untuk Dapatkan Kulit Glowing

4 Vitamin Terbaik untuk Dapatkan Kulit Glowing
Kulit glowing yang sehat dan halus bisa Anda dapatkan dengan cara memastikan asupan empat vitamin penting pada tubuh cukup. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Merawat kulit merupakan bagian penting dari ritual perawatan kesehatan Anda. Lagipula, kulit merupakan organ terbesar di tubuh. Untuk jaga kesehatan kulit dan mendapatkan kulit glowing, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, mulai dari perawatan dalam dan luar.

Hal pertama yang akan diperingatkan oleh pakar kesehatan sebagai cara mendapatkan kulit sehat adalah dengan membatasi paparan sinar UV yang berbahaya, juga menggunakan tabir surya yang bisa lindungi kulit dari sinar matahari.

Namun, sinar matahari tak selalu buruk. Paparan cahaya matahari 10-15 menit setiap hari bisa membantu menyerap vitamin D lewat kulit. Vitamin D adalah salah satu vitamin terbaik untuk kulit, bersamaan dengan vitamin C, E, dan K.

Memastikan Anda mendapatkan cukup vitamin, bisa membuat kulit glowing yang sehat dan awet muda. Vitamin yang cukup bisa mengurangi permasalahan kulit berikut ini:

  1. bintik hitam
  2. kemerahan
  3. kerut
  4. kulit kasar
  5. kulit kering

Vitamin-vitamin ini bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara, mulai dari makanan, suplemen harian, sampai infusan.

Vitamin D

vitamin D
Vitamin D bisa diserap dari sinar matahari dan penting untuk kesehatan kulit. (Foto: Freepik)

Vitamin D sering kali dibuat ketika cahaya matahari diserap oleh kulit. Kolesterol diubah jadi vitamin D ketika hal ini terjadi. Vitamin D diambil oleh hati dan ginjal dan dikirimkan ke seluruh tubuh untuk membantu menciptakan sel-sel sehat. Hal ini termasuk di kulit, dimana vitamin D memainkan peranan penting. Vitamin D bahkan bisa bantu menangani psoriasis.

Anda bisa meningkatkan asupan vitamin D dengan cara:

  • paparan sinar matahari 10 menit sehari
  • makan makanan fortifikasi, seperti sarapan sereal, jus jeruk, dan yoghurt
  • makan makanan yang mengandung vitamin D alami, seperti salmon, tuna, dan cod

Vitamin C

Vitamin C
Vitamin C bisa perangi kanker dan dorong produksi kolagen. (Foto: Freepik)

Vitamin C ditemukan pada tingkat tinggi jaringan epidermis (lapisan paling luar kulit) dan dermis (lapisan dalam kulit). Properti lawan kankernya (antioksidan) dan perannya pada produksi kolagen membantu menjaga kulit Anda sehat. Ini kenapa vitamin C adalah salah satu bahan kunci yang banyak ditemukan pada produk perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini.

Mengosumsi vitamin C secara oral (minum) bisa meningkatkan efektivitas tabir surya yang dipaparkan ke kulit sebagai perlindungan melawan sinar UV. Ini terjadi dengan cara menurunkan kerusakan sel dan membantu proses penyembuhan luka-luka tubuh. Vitamin C juga bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan dini karena peranan vitalnya pada sintesis kolagen alami tubuh. Vitamin ini membantu menyembuhkan kulit yang rusak dan, pada beberapa kasus, mengurangi penampakan kerut. Asupan vitamin C yang cukup juga bisa membantu merawat dan mencegah kulit kering.

Jumlah asupan vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 1000 mg/hari. Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin C, Anda bisa:

  • makan lebih banyak buah-buahan citrus, seperti jeruk
  • makan tumbuh-tumbuhan kaya vitamin C, seperti stroberi, brokoli, dan bayam
  • minum jus jeruk
  • konsumsi suplemen, cek rekomendasi dari dokter
  • cari produk perawatan anti-aging yang mengandung vitamin V untuk mengatasi kulit kering, kemerahan, kerut, dan bintik hitam akibat usia.

Vitamin E

vitamin E
Fungsinya utama vitamin E pada perawatan kulit adalah untuk melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. (Foto: Freepik)

Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan. Fungsinya utamanya pada perawatan kulit adalah untuk melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari ketika dipaparkan ke kulit. Photoprotection mengacu pada kemampuan tubuh untuk meminimalisir kerusakan akibat sinar UV. Hal ini bisa membantu mencegah bintik hitam dan kerut.

Normalnya, vitamin E diproduksi melalui sebum, bahan berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Jika keseimbangannya tepat, sebum membantu perawatan kulit dan mencegah kekeringan. Jika Anda memiliki kulit yang kering, vitamin E mungkin bisa membantu mengatasi kurangnya sebum. Vitamin E juga membantu perawatan melawan inflamasi kulit.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 15 mg vitamin E per harinya. Anda bisa tingkatkan asupan vitamin E dengan cara:

  • makan lebih banyak kacang-kacangan, seperti almon, hazelnut, dan biji bunga matahari
  • mengonsumsi multivitamin atau suplemen
  • menggunakan produk topikal yang mengandung vitamin E dan C (hal ini bisa lebih efektif untuk photoprotection dibanding yang hanya mengandung salah satunya)

Vitamin K

vitamin K
Vitamin K bisa bantu atasi beberapa permasalahan kulit, termasuk bekas luka dan memar. (Foto: Freepik)

Vitamin K sangatlah penting untuk membantu proses pembekuan darah pada tubuh, yang akan membantu tubuh menyembuhkan luka, memar, dan area yang terpengaruh bedah. Fungsi dasar dari vitamin K juga bantu atasi beberapa kondisi kulit, seperti:

  • stretch marks
  • bekas luka
  • bintik hitam
  • lingkar hitam di bawah mata
  • spider veins

Vitamin K bisa ditemukan pada berbagai krim topikal untuk kulit, dan bisa membantu atasi berbagai kondisi kulit. Dokter juga sering menggunakan krim yang mengandung vitamin K pada pasien yang barus saja dioperasi untuk bantu atasi bengkak dan memar.

Untuk meningkatkan asupan vitamin K, Anda bisa konsumsi lebih banyak:

  • kale
  • bayam
  • selada
  • kol
  • buncis

Vitamin Penting untuk Dapatkan Kulit Glowing

Mengingat vitamin penting untuk kesehatan dan fungsi tubuh, kekurangan vitamin bisa memberikan efek buruk pada kulit. Karena vitamin C dan E memainkan peranan penting pada perlindungan kulit dari sinar matahari, kekurangan salah satu vitamin ini bisa meningkatkan risiko kerusakan kulit, termasuk kanker kulit.

Salah satu cara untuk dapatkan seluruh vitamin di atas dan miliki kulit glowing, Anda bisa mencoba Paket Glowing Skin dari Triasse. Paket perawatan kulit ini mengandung vitamin C, D, E, dan Asam Folat yang berfungsi untuk menghidrasi kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit terasa lebih kenyal, lembab, dan sehat.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.