Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Perut Buncit

perut buncit
Bagikan ke Teman:

Perut buncit adalah gangguan yang tidak diinginkan banyak orang, baik pria maupun wanita. Namun sayangnya, banyak orang tidak bisa menghindari hal itu. Perut yang rata, selain lebih enak dipandang juga mengindikasikan bahwa Anda termasuk orang yang sehat.

Perut buncit atau yang juga disebut sebagai obesitas sentral merupakan keadaan dimana adanya penumpukan lemak yang berlebih namun hanya pada bagian perut saja. Penyebab menumpuknya lemak ini tergolong menjadi dua jenis lemak yaitu lemak subkutan dan lemak visceral.

Untuk jenis lemak subkutan merupakan lemak yang letaknya berada di bawah kulit sehingga jika kita mencubit dapat terasa bagian lemak tersebut. Sedangkan untuk jenis lemak visceral merupakan lemak yang berada di sekitar bagian organ dalam perut sehingga tidak dapat dirasakan.

Jenis lemak visceral inilah yang paling banyak membuat obesitas di dalam perut dan juga lemak ini cukup berbahaya karena tidak mudah dihilangkan dan risiko terkena berbagai penyakit akan lebih tinggi jika lemak tersebut merupakan lemak jenuh dan mengandung kolesterol LDL.

Banyak dari kita bertanya, apa sih penyebab perut buncit? Apakah hanya porsi makan yang terlalu banyak? Apakah ada faktor lainnya? Mari simak berbagai paparan tentang penyebab perut buncit ini:

Makan pada Malam Hari

makan pada malam hari
Makan pada malam hari dan berbaring setelah kenyang dapat meningkatkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. (Foto: Freepik)

Meski secara alami tubuh dapat membakar beberapa timbunan lemak pada saat Anda tidur, namun tubuh tidak akan membakar secara efisien jika Anda tidur pada saat perut penuh. Selain menyebabkan lemak pada perut, makan pada malam hari dan berbaring setelah kenyang dapat meningkatkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan.

Hal itu terjadi karena perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah. Untuk mencegah kondisi ini, pertimbangkanlah untuk makan sedikit makanan di malam hari, dan jangan berbaring setidaknya selama tiga jam setelah makan malam.

Jika memungkinkan, makanlah beberapa buah-buahan jika merasa merasa lapar di malam hari, daripada mengonsumsi makanan-makanan manis untuk memuaskan nafsu makan Anda.

Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Penyebab Perut Buncit
Porsi makan yang besar dan kurangnya olahraga menjadi beberapa penyebab (foto: Freepik)

Salah satu minuman yang harus di hindari oleh semua orang adalah minuman yang mengandung alkohol, minuman ini tidak baik untuk kesehatan tubuh. Minum alkohol dapat membuat tumpukan lemak di perut, karena di dalam minuman ini banyak mengandung gula dan kalori dalam jumlah besar yang berlebihan bagi tubuh manusia.

Kelebihan kalori dan gula dalam jumlah yang besar tidak baik bagi tubuh dan justru menyebabkan masalah kesehatan. Kelebihan lemak akibat alkohol dapat membuat perut semakin buncit. Jika Anda salah satu peminum alkohol, maka mulai kurangi kebiasaan ini dan secara perlahan berhenti.

Merokok

merokok
penelitian mengungkapkan, bukannya badan kurus malah perut buncit yang didapat oleh para perokok. (Foto: Freepik)

Banyak orang yang berpikiran bahwa merokok dapat membantu mengurangi berat badan, tapi hal itu justru dapat menjadi penyebab perut buncit. Banyak orang yang bertahan dengan merokok karena alasan takut memiliki badan gemuk. Nyatanya penelitian mengungkapkan, bukannya badan kurus malah perut buncit yang didapat oleh para perokok.

Para ilmuwan dari University of Glasgow menemukan bahwa merokok mungkin berhubungan dengan berat keseluruhan yang lebih rendah, namun hal itu cenderung mendorong lemak menuju daerah inti tubuh, yang mengakibatkan perut menjadi lebih besar. Penelitian ini menegaskan, merokok bukanlah cara untuk menurunkan berat badan. Merokok justru bisa meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Porsi Makan Terlalu Besar

porsi makan terlalu besar
Menggunakan piring yang lebih kecil membuat Anda lebih mudah mengontrol porsi makan. (Foto: Freepik)

Salah satu penyebab porsi makan yang banyak adalah mengambil piring yang besar. Mulai sekarang Anda harus memperhatikan ukuran piring yang digunakan. Menggunakan piring yang lebih kecil membuat Anda lebih mudah mengontrol porsi makan.

Sebuah survei yang dilakukan di antara penderita obesitas menemukan bahwa mereka lebih memilih piring yang lebih besar. Piring besar memungkinkan Anda mengambil makanan lebih banyak. Efeknya, Anda mengkonsumsi makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kurang Olahraga

jarang olahraga
Berolahraga dapat membantu membakar lemak pada tubuh yang di keluarkan melalui keringat. (Foto: Freepik)

Jika Anda jarang olahraga maka kesempatan memiliki perut buncit menjadi sangat besar, jarang olahraga mengakibatkan penumpukan yang ada di perut akan semakin banyak. Berolahraga dapat membantu membakar lemak pada tubuh yang di keluarkan melalui keringat.

Sempatkanlah berolahraga minimal 3-4 kali dalam seminggu. Banyak sekali olahraga yang mudah untuk kita lakukan, seperti lari, bersepeda atau hanya melakukan exercise di sit up, bycicle exercise dan vertical leg crunch.

Setelah mengetahui lima kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan perut buncit di atas, pastikan Anda menghindarinya. Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksakan kesehatan secara teratur dan berkala melalui medical check-up. Triasse kini hadir untuk mempermudah Anda melakukan pemeriksaan kesehatan di laboratorium-laboratorium terpercaya di Indonesia.

Melalui Triasse.com Anda juga bisa memilih berbagai paket pemeriksaan kesehatan yang sudah dirangkai sesuai kebutuhan. Triasse juga memungkinkan Anda mengecek hasil pemeriksaan secara online. Cek Triasse sekarang untuk pembelian paket pemeriksaan dan artikel gaya hidup dengan diet sehat!

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *