Turunkan Kolesterol Tinggi dengan 5 Masakan Indonesia

Turunkan Kolesterol Tinggi dengan 5 Masakan Indonesia
Masakan Indonesia tidak selalu menyebabkan kadar kolesterol tinggi, justru sebaliknya. Beberapa menu masakan bisa turunkan kadar kolesterol. (Foto: Istimewa)
Bagikan ke Teman:

Masakan Indonesia banyak yang menggunakan santan atau daging merah, membuat pelahapnya jadi rentan memiliki kadar kolesterol tinggi. Belum lagi, makanan ini seringnya dikonsumsi secara rutin, dari pagi sampai malam hari. Tentu saja kebiasaan ini bisa berisiko untuk kesehatan. Ada tidak ya, masakan Indonesia yang bisa bantu turunkan kolesterol tinggi?

Untungnya, ada banyak ragam pada masakan Indonesia untuk dipilih. Bukan berarti harus berhenti menyantap makanan enak, tapi perlu diselingi dengan beberapa pilihan menu sehat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Triasse.com mengumpulkan lima makanan Indonesia yang bisa membantu turunkan kolesterol tinggi:

Pecel, Karedok dan Gado-Gado: Penurun kolesterol murah meriah

Menurut fakta nutrisi, pecel merupakan menu sarapan dengan kadar kolesterol yang sangat rendah. Pecel terdiri dari sayur-sayuran seperti kangkung, tauge, kacang panjang, mentimun dan daun kemangi yang memiliki kadar serat yang tinggi. Serat mudah larut di dalam tubuh dan menyebar ke saluran peredaran darah. Serat ini membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dan mencegah penyerapan kolesterol yang berlebihan ke dalam arteri.

Kacang dalam saus pecel juga mengandung lemak tak jenuh dan nol kolesterol, yang bagus untuk mengurangi kolesterol jahat.

Balado Terong: Berminyak tapi Jaga Kolesterol

Makanan pedas dan berminyak ini tak disangka-sangka mengandung kolesterol yang justru sangat rendah. Cabai merah dan terong mengandung nol kolesterol dan vitamin yang bagus untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh. Terong juga merupakan salah satu sumber serat larut yang tinggi seperti okra, oat dan barley.

Cabai memiliki komponen bernama capsaicin yang membuat pedasnya cabai. Capsaicin ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah serta menghalang gen yang membuat arteri darah mengecil, sehingga membantu melancarkan aliran darah, menurut beberapa riset. Cabai merah terbukti mengurangi kadar kolesterol LDL, tetapi tidak memengaruhi kolesterol HDL, yang berarti bagus untuk keseimbangan kadar kolesterol dalam darah.

Pepes Ikan Kembung: Kaya Omega 3

Ikan kembung adalah salah satu ikan berminyak seperti salmon, tuna dan sardin. Ikan berminyak atau dikenal sebagai ‘fatty fish‘ merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Menurut beberapa studi yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 1997, mengonsumsi asam lemak omega 3 dari ikan berminyak secara rutin dapat mengurangi kadar trigliserida hingga 25-30 persen. Kadar trigliserida yang tinggi juga terkait dengan kolesterol tinggi, hingga asam lemak omega 3 juga berpengaruh untuk turunkan kolesterol tinggi dan resiko penyakit jantung.

Bawang putih yang biasa dimasak untuk pepes ikan juga dipercaya dapat mengurangi kolesterol LDL hingga 10 persen.

Tumis Buncis: Turunkan Kolesterol Tinggi dan Gula Darah

Kebanyakan sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung serat dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan jantung, tetapi beda lagi dengan buncis. Buncis merupakan sayuran dengan karbohidrat terendah, cocok untuk penderita gula darah atau diabetes.

Buncis mengandung protein yang cukup tinggi dan tidak berbeda jauh dengan telur. Protein ini dapat membantu mengontrol glukosa atau kadar gula dalam darah. Selain itu, serat dalam buncis juga dapat memperlancar saluran pencernaan, yang dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh.

Buncis sangat nikmat jika ditumis dengan tahu dan dibuat sebagai sup bersama sayur lainnya.

Bubur Manado: Rendah Kolesterol, Tinggi Zat Gizi

Para ahli gizi dari PERGIZI Indonesia merekomendasikan Bubur Manado sebagai sarapan bubur yang paling bernutrisi dan cocok untuk kegiatan di pagi hari. Bubur Manado biasanya mengandung 12.5 mg kolesterol dan memenuhi 5-60 persen kebutuhan zat gizi seseorang yang berumur 19-29 tahun. Kandungan dalam Bubur Manado adalah labu kuning, ikan, kangkung dan jagung.

Menurut sebuah studi, wanita lansia yang mengonsumsi minyak dari biji labu kuning menunjukkan peningkatan kadar kolesterol HDL dalam tubuhnya serta mengurangi tekanan darah. Kangkung dalam Bubur Manado juga memiliki berbagai nutrisi dan vitamin seperti magnesium, vitamin A dan C serta beta karoten. Nutrisi inilah yang mencegah oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan penyumbatan arteri darah.

Nah, tidak sulit kan mencari makanan rendah kolesterol? Tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk makan yang sehat, hanya berjalan-jalan di pasar pun Anda akan mendapatkan makanan yang sehat yang bisa kamu olah sendiri di rumah. Jika tidak ada waktu untuk masak, Anda bisa mampir ke warung makan yang menjaga kualitas makanan. Selain menjaga pola makan, jangan lupa berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar dari resiko kolesterol tinggi.

Masalah kolesterol mungkin merupakan masalah tersembunyi. Biasanya terkadang menyerang tanpa tanda-tanda dan gejala yang jelas. Meskipun mungkin Anda tidak dapat mengetahui kadar kolesterol dengan sendirinya, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk turunkan kolesterol tinggi dan menjaganya agar tetap berada dalam ambang batas normal.

Salah satunya adalah dengan menjaga gaya hidup, pola makan, dibarengi dengan olahraga teratur, serta jangan segan-segan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol Anda melalui Triasse.com. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan lainnya di Triasse, cek berbagai paket pemeriksaan sesuai kebutuhan. Lebih mudah dan hemat dengan Triasse!

Ditinjau oleh: dr. Afifah Mayangsari

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.