Pilihan Makanan Ramah Diabetes, Apa Saja?

Bagikan ke Teman:

Pasien diabetes atau diabetesi tidak dapat leluasa mengonsumsi makanan yang mereka inginkan. Pasien diabetes melitus atau yang sering disebut dengan penyakit gula perlu mengonsumsi pilihan makanan ramah diabetes. Ini karena apabila salah asupan, dapat meningkatkan gula darah. 

Peningkatan kadar gula dalam darah dapat berisiko terhadap kondisi kesehatan. Hal ini dapat menimbulkan kelelahan, pusing, penyakit jantung, kerusakan saraf, menurunnya kesadaran, bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Makanan Ramah Diabetes

Makanan-ramah-diabetes
Makanan ramah diabetes bisa membantu menstabilkan gula darah. (Foto: Freepik)

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk menjaga pola makan sehat yang kaya akan nutrisi. Biasanya penderita diabetes akan diberi terapi nutrisi medis. Terapi ini merupakan terapi yang diberikan melalui pola makan teratur, mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori yang nantinya akan membantu mengontrol kadar gula darah.

Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa pilihan makanan ramah diabetes yang direkomendasikan untuk penderita diabetes.

  1. Karbohidrat kompleks. Ini adalah sumber karbohidrat yang lebih sehat, biasanya teradapat pada buah-buahan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, nasi merah, kentang panggang, oatmeal, serta roti. Ketika mengonsumsi buah dalam bentuk jus, sebaiknya jangan menambahkan dengan gula.
  2. Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya brokoli dan bayam.
  3. Ikan dan daging tanpa lemak. Kandungan tinggi protein pada daging tidak memengaruhi tingkat gula darah seperti karbohidrat. Ketika dikonsumsi dengan porsi yang cukup, daging ikan, dada ayam tanpa kulit, dan daging rendah lemak menjadi pilihan tepat bagi penderita diabetes. Ikan yang baik antara lain tuna, sarden, salmon, makarel. Namun ada baiknya, hindari mengonsumsi ikan dengan kadar merkuri yang tinggi seperti ikan tongkol.
  4. Kayu manis. Rempah-rempah yang satu ini disebut-sebut memiliki efek serupa dengan insulin yang dapat membantu mengurangi tingkat gula darah pada penderita diabetes. Ekstrak kayu manis tampak memiliki efek yang baik dalam mengurangi kadar gula dalam darah pada pasien diabetes.

Makanan yang Harus Dihindari

Makanan-yang-harus-dihindari
Nasi adalah salah satu makanan yang harus diwaspadai pasien diabetes. (Foto: Freepik)

Bagi penderita diabetes, ada baiknya jika menghindari makanan pokok berupa nasi. Ini karena nasi putih mengandung kadar gula yang tinggi dibanding dengan sumber karbohidrat lain. Selain itu, ada beberapa jenis makanan lain yang perlu dihindari untuk menjaga kadar gula darah.

  1. Roti tawar
  2. Produk susu tinggi lemak.
  3. Makanan yang terbuat dari tepung terigu.
  4. Buah-buahan kaleng yang kaya gula.
  5. Makanan yang digoreng.
  6. Popcorn dengan berbagai rasa.
  7. Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, dan mentega dalam jumlah banyak.
  8. Daging berlemak dan kulit ayam.

Bagi Anda yang menderita diabetes, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan buatan sendiri. Dengan begitu Anda bisa memantau bahan apa saja yang Anda konsumsi dan masuk ke tubuh. Selain jeli dalam memilih makanan, penderita diabetes juga sangat perlu untuk rutin mengecek kadar gula darah.

Anda dapat dengan mudah memeriksakan gula darah Anda melalui Triasse.com. Triasse memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan secara berkala dari rumah, dengan pelayanan yang lebih praktis. Jangan tunggu lagi, segera lakukan pemeriksaan diabetes di Triasse.

 

Bagikan ke Teman:
Triasse
Triasse
Platform pertama untuk Tes Laboratorium dan pemeriksaan kesehatan keluarga Indonesia. Triasse memberikan pelanggan kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi kesehatan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *