Pilihan Buah Sehat untuk Berbuka, Apa Saja?

Pilihan Buah Sehat untuk Berbuka, Apa Saja?
Pilihan buah-buahan sehat untuk berbuka akan membantu Anda menjaga kebugaran dan kesehatan di bulan Ramadan. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Salah masalah yang sering muncul saat berpuasa di bulan Ramadan adalah dehidrasi. Kekurangan cairan pada tubuh bisa berujung pada banyak hal, mulai dari konstipasi sampai sakit kepala. Karenanya, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan harian saat berbuka. Salah satu caranya dengan memilih buah sehat untuk berbuka.

Setiap harinya, kita disarankan untuk minum 8-10 gelas air. Tentunya hal ini akan sulit dicapai saat puasa, namun bukan berarti tidak mungkin. Selain memastikan minum air putih secara cukup, tambah lagi kebutuhan cairan harian tubuh dengan buah-buahan.

Melansir The Eco Muslim, berikut buah-buahan kaya cairan yang sehat untuk berbuka, simak lansiran Triasse:

1. Semangka Sehat dan Kaya Air

Sebagian besar kandungan semangka adalah air dan gula. Semangka dilengkapi juga dengan mineral yang bisa menghidrasi tubuh, seperti magnesium, kalsium, sodium , dan potasium. Hal ini membuat semangka lebih efektif menghidrasi tubuh dibanding air.

2. Buah Jeruk Sehat untuk Berbuka

Jeruk yang rasanya asam manis ini bisa memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian tubuh. Delapan puluh tujuh persen kandungan jeruk juga adalah air.

3. Buah Beri Baik untuk Tubuh

Stroberi berada di urutan ke-4 buah-buahan dengan antioksidan tertinggi, dan terbuat dari 92 persen air. Raspberri dan bluberi juga tak kalah bagusnya.

Semua buah-buahan beri ini kaya akan vitamin C yang bisa membersihkan arteri, meregulasi gula darah, dan memiliki rasa yang segar.

4. Anggur Cegah Dehidrasi

Anggur kaya akan resveratrol, senyawa antioksidan yang baik bagi jantung. Baik anggur hijau, merah, atau hitam, semuanya kaya air yang bisa segera menghidrasi tubuh.

5. Air Kelapa Sehat dan Segar

Air kelapa, yang didapat dari kelapa hijau yang masih muda, memiliki sodium dan karbohidrat yang rendah. Mereka juga menggantikan ion tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

6. Buah Mangga Sehat untuk Berbuka

Mangga memang mengandung 135 kalori dari satu buahnya, namun dia juga menjanjikan banyak nutrisi dan manfaat. Kaya akan vitamin A, B6, dan C, mangga juga kaya akan serat.

Demikian pembahasan mengenai buah sehat untuk berbuka bagi kesehatan Anda. Baca juga artikel kesehatan lainnya. Jangan lupa, cek darah di Triasse dan juga dapatkan tambahan pemasukan melalui program affiliate marketing, klik di sini.

Ditinjau oleh: dr. Afifah Mayang Sari

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.