Mau Perut Rata, Coba Turun Berat Badan dengan Kefir

Mau Perut Rata, Coba Turun Berat Badan dengan Kefir
Salah satu cara turun berat badan adalah dengan memiliki pencernaan sehat, yang bisa dapatkan dari kefir yang kaya akan bakteri baik. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Salah satu penghambat Anda turun berat badan adalah pencernaan yang buruk. Untungnya, pencernaan Anda bisa dijaga dan diperbaiki dengan mengonsumsi minuman atau makanan probiotik yang kaya akan bakteri baik.

Seandainya Anda belum tahu, tidak semua bakteri itu buruk. Beberapa bakteri, seperti bakteri probiotik yang ada di yogurt, bisa meningkatkan kesehatan tubuh – memperlancar pencernaan sampai mengusir jerawat. Walaupun yogurt selama ini dianggap sebagai jagoan supernya probiotik, sekarang ada jagoan probiotik baru–lebih tepatnya baru dikenal kembali–yang harus Anda tahu.

Berkenalanlah dengan kefir, serupa yogurt dengan kekuatan dan bakteri probiotik yang lebih dahsyat. Belum lagi, kefiri ditemukan bisa bantu Anda turun berat badan dan dapatkan perut yang rata.

Apa Itu Kefir?

apa itu kefir
Kefir memiliki bakteri baik seperti yoghurt tapi dibuat tidak hanya dari susu. (Foto: Freepik)

Seperti yogurt, makanan ini dipenuhi bakteri probiotik baik. Tapi tidak seperti yogurt, kefir tidak dibuat dengan cara dipanaskan. Alih-alih, Anda bisa mengubah susu apapun menjadi kefir (susu dari binatang maupun kacang-kacangan). Anda bahkan bisa mengubah air jadi kefir dengan menggunakan biji kefir.

Biji kefir sebenarnya bukanlah biji-bijian, tapi lebih menyerupai gumpalan serupa keju yang dibuat dari bakteri dan jamur yang memfermentasi kefir. Walaupun terdengar menjijikkan, tapi sebenarnya tidak sama sekali.

Hasil akhir kefir adalah cairan lembuh dengan konsistensi yang sempurna untuk dicampurkan ke dalam smoothies, atau krim kue Anda. Kefir juga bisa langsung diminum. Tergantung pada biki kefir apa yang Anda gunakan, rasanya bisa bervariasi. Mulai dari sangat ringan sampai sangat getir.

Apa saja nutrisi di dalamnya?

Pertama-tama, kefir adalah minum dengan kandungan kalsium yang tinggi. Hal ini terutama bagus bagi mereka yang intoleransi laktosa. Di dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association, para peneliti menemukan orang-orang dengan intoleransi laktosa tidak memiliki reaksi buruk setelah meminum kefir.

Satu gelas kefir bisa memberi Anda 20 persen dari kebutuhan kalsium harian, dengan hanya 90 kalori. Hal ini berbeda dengan yogurt yang mengandung 150 kalori. Secara kandungan protein, kefir juga lebih baik – satu gelas kefir mengandung 6 gr protein, pas sekali untuk bantu Anda turun berat badan.

Apa Manfaat Kefir?

apa manfaat kefir
Kefir bisa buat Anda santai, bantu pencernaan dan jaga kesehatan. (Foto: Freepik)

1. Kefir membuat santai

Pernah mendengar tryptophan? Tryptophan adalah asam amino yang ditemukan dalam beberapa makanan yang memiliki efek menenangkan sistem saraf Anda. Tryptophan juga memberi Anda perasaan hangat yang membuat tenang.

Jika Anda stres dan sedang berjuang melawan insomnia, meminum segelas kefir sebelum tidur bisa membuat Anda relaks secara instant. Anda juga bisa menjadikan kefir sebagai menu sarapan untuk membuat hari Anda jadi lebih tenang dan bebas rasa gelisah.

2. Memperlancar pencernaan

Probiotik di dalamnya bisa membantu pencernaan. Para peneliti percaya bahwa ketika mikroflora di dalam usus tidak seimbang, beberapa maasalah akan muncul.

Kefir adalah sumber probiotik yang bagus, dengan jumlah tiga kali lipat dibanding yogurt. Kefir juga mengandung jenis probiotik yang tidak ditemukan dalam yogurt.

3. Menurunkan tekanan darah

Dalam suatu penelitian, para peneliti menemukan bahwa probiotik yang ada di dalam kefir bisa menurunkan tekanan darah dan kadar glukosa darah.

4. Meningkatkan imun tubuh

Untuk orang-orang yang sedang mengonsumsi antibiotik, meminum kefir bisa membantu menyuburkan kembali flora pelindung usus yang biasanya mati dalam pengobatan.

Menurut sebuah studi pada tahun 2008 yang diterbitkan dalam American Family Physician, satu dari lima pasien terpaksa menghentikan konsumsi antibiotik mereka sebelum waktu yang ditentukan karena diare. Tapi, para peneliti dari Albert Einstein college of Medicine of Yeshiva University mengatakan, dokter bisa mencegah pasien-pasiennya mengalami hal ini dengan meresepkan probiotik.

Turun Berat Badan dengan Kefir

turun berat badan dengan kefir
Setelah diteliti, kefir adalah salah satu makanan atau minuman yang bisa buat perut rata. (Foto: Freepik)

Disamping kandungan proteinnya yang tinggi, pemimpin redaksi Men’s Health AS, David Zincenko, baru-baru ini mengumumkan bahwa kefir adalah salah satu makanan pembuat perut rata. Menurutnya kefir bisa disebut sebagai makanan pembuat perut rata karena kandungan probiotik yang kaya di dalamnya bisa mempercepat turun berat badan.

Penelitian dari University of Tennessee menunjukkan, mengonsumsi tiga sampai empat sajian produk susu setiap hari bisa membantu pria dan wanita menurunkan berat badan dibanding berhenti mengonsumsinya.

Meningkatkan konsumsi produk susu, seperti kefir, diasosiasikan dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah, lingkar pinggang yang lebih kecil, dan lemak tubuh yang lebih sedikit. Demikian menurut studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

Kefir kaya akan protein. Protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dan mendongkrak pengeluaran energi tubuh. Satu gelas kefir renda kalori mengandung sekitar 11 gram protein.

Jika Anda memasukkan kefir ke dalam menu diet sehat, Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori dibanding yang Anda bakar setiap harinya. Hal inilah yang akan membuat berat badan Anda turun.

Kefir terbaik untuk menurunkan berat badan adalah kefir rendah lemak tawar. Ini karena mereka mengandung lebih sedikit kalori dan lemak tak jenuh. Kefir tawar rendah lemak akan memberi tubuh gula alami, tanpa pemanis buatan. Usahakan untuk menghindari gula atau pemanis buatan saat Anda sedang berusaha menurunkan berat badan.

Kefir rendah lemak, jika dikonsumsi dalam jumlah yang disarankan, adalah tambahan sehat pada menu penurunan berat badan Anda. Kefir cocok dijadikan cemilan antar waktu makan, yang akan memenuhi kebutuhan susu harian Anda.

Dietary Guidelines for Americans, menyarankan mengonsumsi 2,5 gelas asupan susu ketika Anda ingin membatasi asupan kalori sekitar 1.200 – 1.400 sehari.

Cara Buat Kefir Sendiri

cara buat kefir sendiri di rumah
Anda bisa memesan atau membeli biji kefir Anda sendiri – cobalah memesan secara online atau membelinya di toko makanan khusus. (Foto: Freepik)

Karena kefir bisa dibuat hanya dengan memasukkan biji-bijinya ke dalam air, hal ini memungkinkan Anda untuk membuat air kefir sendiri di rumah. Anda bisa memesan atau membeli biji kefir Anda sendiri – cobalah memesan secara online atau membelinya di toko makanan khusus.

Setelah memiliki biji kefir, masukkan biji kefir tadi ke dalam susu pilihan Anda, dan simpan dalam toples kaca selama 24 jam dalam suhu ruang. Kemudian saring.

Anda bisa menggunakan kefir (bagian yang tersisa di saringan) sampai berkali-kali untuk sajian kefir selanjutnya.

Amankah Kefir Bagi Anak?

amankah kefir bagi anak?
Jika anak Anda sehat secara umum namun perutnya jadi tidak enak setelah meminum kefir, cobalah mengenalkannya dengan minuman ini dalam porsi kecil. (Foto: Freepik)

Seperti yogurt, kefir adalah produk susu fermentasi yagn mengandung probiotik dan prebiotik. Minuman yang sedikit asam ini telah digunakan selama bertahan-tahun untuk pengobatan holistik untuk berbagai masalah kesehatan. Mulai dari eczema sampai diare.

Secara umum kefir aman dikonsumsi anak. Jika anak Anda sehat secara umum namun perutnya jadi tidak enak setelah meminum kefir, cobalah mengenalkannya dengan minuman ini dalam porsi kecil.

Anda juga harus memeriksa label kefir yang Anda beli, karena walaupun merupakan susu fermentasi, beberapa kefir memiliki kandungan alkohol yang bisa membuat perut jadi tidak enak.

Jika Anda membuat sendiri kefir di rumah, jangan mengocoknya saat proses fermentasi. Setelah proses fermentasi selesai, simpan kefir di dalam lemari es unntuk memastikan rendah atau hilangnya kadar alkohol.

Anak dengan intoleransi laktosa

Kadar laktosa di dalam kefir lebih rendah dibanding susu biasa; namun, anak-anak dengan intoleransi laktosa mungkin akan mengalami beberapa gejala setelah meminum kefir.

Jika anak Anda tidak tahan dengan kefir yang dibuat dari susu sapi gantilah dengan kefir yang terbuat dari kedelai atau almond.

Anak yang alergi susu

Alergi susu sesungguhnya adalah reaksi terhadap protein yang ditemukan di dalam susu sapi. Reaksi ini bisa terjadi dengan munculnya gejala pada kulit atau usus. Gejala bisa muncul setelah tubuh mencerna sejumlah protein susu. Jika anak Anda alergi susu sama, Anda tidak boleh memberinya kefir susu, Gantilah dengan air kefir, atau kefir susu kacang kedelai.

Cobalah membuat kefir terlihat lebih menarik bagi anak. Rasanya yang sedikit asam mungkin sering dijadikan alasan oleh anak untuk mengatakan perutnya tidak enak. Cobalah campurkan kefir ke dalam jus buah kesukaan anak, dan seiring waktu kurangilah prosi jusnya jika diinginkan.

Itu dia cara turun berat badan menggunakan kefir. Jagalah selalu kesehatan dengan memperhatikan gaya hidup, pola makan, dibarengi dengan olahraga teratur, serta jangan segan-segan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol kamu melalui Triasse.com. Kamu juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan lainnya di Triasse, cek berbagai paket pemeriksaan sesuai kebutuhan. Lebih mudah dan hemat dengan Triasse!

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.