Manfaat Sehat di Balik Lezatnya Bubur Kacang Hijau

Manfaat Sehat di Balik Lezatnya Bubur Kacang Hijau
Populer sebagai menu sarapan pagi atau di makan di tengah malam, ada banyak manfaat sehat tersembunyi di balik semangkuk bubur kacang hijau. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Bubur kacang hijau adalah salah satu kuliner paling populer di Indonesia. Tiap daerah bahkan punya sajian bubur kacang hijau khas mereka masing-masing. Makanan sehat ini biasanya disantap pada saat  sarapan atau sebagai camilan sore hari.

Murah dan lezat, ternyata ada sangat banyak manfaat sehat yang tersembunyi dalam semangkuk bubur kacang hijau. Para pakar gizi mengatakan bahwa khasiat dan manfaat salah satu jenis palawija ini terbukti sangat baik untuk kesehatan saraf otak, hati, jantung, jaringan sel-sel darah, mata, dan organ tubuh lainnya. Kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada kacang hijau antara lain adalah vitamin A, C, B1, B2, protein, kalsium, asam folat, serat, karotenoid, potasium, magnesium, zinc, dan lainnya.

Untuk Anda penggemar santapan sehat ini, berikut ini info gaya hidup mengenai diet sehat perihal lima manfaat sehat bubur kacang hijau:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam kacang hijau juga sangat tinggi, sehingga terbukti dapat secara aktif mencegah pembekuan darah di arteri dan vena (foto: Freepik)

Kacang tanah memiliki kandungan vitamin A dan C, serta zat besi, fosfor, potasium, kalium, dan magnesium yang bermanfaat untuk kinerja pembuluh darah. Hal ini secara langsung dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam kacang hijau juga sangat tinggi, sehingga terbukti dapat secara aktif mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan Kadar Kolesterol
Kandungan gizi pada kacang hijau membantu mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah (foto: Freepik)

Kandungan nutrisi pada kacang hijau yang berupa omega 3, omega 6, dan zat besi telah terbukti bermanfaat dalam membantu mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan konsumsi rutin, aliran darah akan menjadi lebih stabil yang akan berdampak pada kestabilan kinerja sel-sel jantung sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh.

3. Mengatasi Anemia

Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi yang cukup banyak pada Kacang Hijau membantu dalam mengatasi serta menjauhkan anda dari anemia (foto: Freepik)

Kandungan zat besi yang cukup banyak pada kacang hijau membantu dalam mengatasi serta menjauhkan Anda dari anemia. Menyantap bubur kacang hijau secara teratur bisa mengurangi gejala anemia.

4. Baik untuk Ibu Hamil

Baik Untuk Ibu Hamil
Kandungan vitamin B yang lengkap bermanfaat dalam mengatur pembentukan sel-sel saraf bayi (foto: Freepik)

Kandungan vitamin B yang lengkap bermanfaat dalam mengatur pembentukan sel-sel saraf bayi. Bagi ibu hamil sendiri, kandungan zat besi yang terdapat pada bubur kacang hijau dapat meningkatkan produktivitas sel-sel darah merah yang sebelumnya berkurang akibat dari proses persalinan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan karotenoid di dalam kacang hijau dapat berfungsi untuk mencegah penyakit penurunan kemampuan mata sebagai indra penglihatan (foto: Freepik)

Kandungan karotenoid di dalam jenis tanaman palawija ini dapat berfungsi untuk mencegah Degenerasi Makula atau penyakit penurunan kemampuan mata sebagai indra penglihatan. Tak hanya itu, kandungan lutein dan zeaxanthin juga bermanfaat mencegah stres pada saraf dan otot bagian internal mata.

Jika Anda memiliki riwayat gangguan jantung dan kolesterol tinggi, Anda bisa menggunakan kacang hijau sebagai camilan sehat. Untuk memastikan kesehatan selalu prima, selain menjaga pola makan jangan lupa juga untuk melakukan medical check-up secara berkala.

Khusus untuk Anda yang memiliki masalah gangguan pada jantung atau kolesterol, cek Triasse.com untuk mendapatkan paket pemeriksaan kesehatan sesuai kebutuhan. Triasse menyediakan berbagai paket cek kesehatan yang sudah disusun dan dirangkai sesuai berbagai keluhan dan permasalahan kesehatan. Tunggu apa lagi, cek Triasse sekarang dan rasakan pengalaman baru pemeriksaan kesehatan yang mudah, murah, dan sangat praktis.

Bagikan ke Teman:
Flori Ardia
Be kind. Always.