Manfaat Okra: Makanan Super Atasi Diabetes dan Kolesterol

manfaat okra
Bagikan ke Teman:

Banyak sumber makanan sehat yang sangat bermanfaat bagi tubuh namun jarang diketahui oleh masyarakat, dan okra adalah salah satunya. Apa itu okra? Dan apa manfaat okra?

Okra yang juga biasa dikenal dengan “lady’s finger” atau “gumbo” adalah tanaman hijau berbunga yang masih satu keluarga dengan bunga sepatu dan pohon kapas, dimana kata okra umumnya mengacu pada buahnya yang dapat dimakan dan berbentuk mirip kacang polong.

Okra kaya akan potassium, vitamin B, Vitamin C, asam folic, dan kalsium. Selain itu okra juga rendah kalori dan dipenuhi oleh serat yang sangat baik untuk diet.

Untuk tujuan medis, bentuk populer dari okra yang digunakan oleh masyarakat adalah okra water, kulit okra, dan biji bubuknya. Berikut ini adalah info gaya hidup mengenai diet sehat perihal makanan super okra.

Manfaat Okra

manfaat okra
Manfaat utama okra adalah bisa mengatasi diabetes. (Foto: Freepik)

Tanaman yang berlendir saat dimasak ini telah dikonsumsi selama ratusan tahun di berbagai kebudayaan ini mengundang banyak penelitian yang bertujuan untuk mengungkat manfaatnya. Namun manfaat paling utama dari okra berhubungan dengan penyakit diabetes karena okra dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit gula darah ini.

Secara lengkap, berikut manfaat okra bagi kesehatan:

Manfaat Okra #1: Obat Diabetes Alami

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa tikus penderita diabetes yang diberi makan kulit dan bubuh biji okra selama 28 minggu menunjukkan penurunan yang signifikan pada kadar gula darahnya dibandingkan dengan kelompok yang tidak diberi makan sejenis. Peneliti menghubungkan kadar serat pada okra sebagai penyebabnya dimana serat ini berfungsi membantu menyeimbangkan gula darah dengan cara mengatur kadar dimana gula diserap dari saluran pencernaan.

Biji okra panggang yang telah lama digunakan di Turki untuk menangani diabetes juga telah diteliti dan terbukti memiliki efek positif terhadap penurunan kadar gula darah.

Manfaat Okra #2: Serat yang Baik untuk Diet

Satu buah okra diperkirakan mengandung sekitar 3 gram serat yang memiliki beberapa manfaat. Serat berkualitas ini dapat membantu pencernaan, mengurangi rasa lapar, dan menjaga kamu kenyang lebih lama. Makanan yang kaya akan serat juga penting bagi pengobatan diabetes melalui fungsinya yang membantu kontrol glikemik dan meningkatkan sensitifitas insulin dalam tubuh.

Manfaat Okra #3: Makanan Penurun Kolesterol

Okra telah terbukti menurunkan kadar kolesterol yang dilakukan pada penelitian terhadap tikus di laboratorium. Pada umumnya, makanan yang mengandung kadar serat dan antioksidan yang tinggi berguna bagi orang yang ingin menurunkan kolesterol. Orang yang mengidap diabetes juga cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, sehingga okra menjadi makanan yang ideal bagi pengidap diabetes.

Jika Anda tidak percaya lakukanlah pemeriksaan tes darah untuk membuktikan bahwa kolesterol Anda benar-benar sudah turun.

Manfaat Okra #4: Menurunkan Tingkat Stres

Ekstrak biji okra terbukti dapat menurunkan tingkat stres melalui kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Penelitian menunjukkan antioksidan tersebut memiliki efek anti-stress di dalam aliran darah. Mengatur tingkat stres sangat penting bagi penderita diabetes, sehingga sekali lagi okra menambah besar perannya bagi penderita diabetes.

Manfaat Okra #5: Mengurangi Rasa Lelah

Kecepatan pemulihan dan juga tingkat rasa lelah dapat dibantu dengan mengkonsumsi okra. Dengan menambahkan okra kedalam menu diet anda ditambah dengan olahraga rutin, maka kamu dapat berolahraga lebih lama dan pulih lebih cepat. Kegiatan kardiovaskular memiliki peran penting dalam pengobatan diabetes maupun kolesterol tinggi, sehingga okra dapat berperan dalam gaya hidup anda yang lebih aktif.

Cara Mengonsumsi Okra

cara mengonsumsi okra
Salah satu cara terbaik mengonsumsi okra adalah dengan meminumnya. (Foto: Freepik)

Melihat berbagai manfaat okra, mungkin Anda sudah tidak sabar untuk mulai mengkonsumsinya. Namun, bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya? Berikut ini beberapa cara untuk mengkonsumsi okra:

Meminum Okra Water

Mengonsumsi okra dengan cara diminum adalah salah satu cara paling populer. Beberapa bahkan merekomendasikannya untuk mendapatkan manfaat maksimal dalam menurunkan gejala diabetes. Cara membuat “okra water” sangatlah mudah, cukup dengan merendam okra yang telah dipotong-potong kedalam air matang dan membiarkannya selama satu malam.

Nutrisi bermanfaat yang terkandung dalam kulit dan biji okra akan terserap kedalam air. Kalau Anda tidak kuat rasa pahitnya, okra dapat direndam dalam air tanpa dipotong terlebih dahulu, namun beberapa orang mengatakan hal ini akan mengurangi manfaat yang didapat.

Makan Kulit dan Bubuk Biji Okra

Mengkonsumsi kulit okra adalah metode paling tradisional dan dipandang sebagai cara paling mudah untuk mendapatkan manfaat medis dari okra. Anda dapat membuatnya dengan cara memarutnya dengan parutan dapur biasa. Selain itu anda dapat juga mengkonsumsi okra dengan cara mengkonsumsi bubuk biji okra yang dapat anda beli di toko makanan sehat.

Memasak atau Mengolah Okra Terlebih Dahulu

Terdapat beberapa cara untuk memasak okra yaitu antara lain dengan cara menggorengnya ataupun membuatnya menjadi gumbo.

Menjadikan okra sebagai acar juga merupakan metode yang cukup populer. Keunggulan menjadikan okra sebagai acar ialah menghilangkan rasa pahit okra dan juga membuat kulitnya lebih halus.

Khusus bagi Anda yang memiliki permasalahan kolesterol atau diabetes, buktikan manfaat okra dengan melakukan tes darah. Triasse.com menyediakan paket pemeriksaan kolesterol dan diabetes yang bisa Anda pilih.

Melalui Triasse, Anda kini bisa melakukan pengecekan darah secara lebih mudah dan praktis. Triasse juga menyediakan layanan home service yang memungkinkan Anda melakukan pemeriksaan dari rumah sendiri. Cek Triasse.com sekarang.

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *