Enak dan Sehat, Ini 4 Manfaat Mangga untuk Tubuh

Bagikan ke Teman:

Mangga memiliki rasa yang manis dan kaya akan nutrisi sehat. Rasanya yang segar ternyata juga menyimpan banyak khasiat. Manfaat mangga untuk kesehatan sangatlah banyak.

Beberapa manfaat mangga di antaranya dapat meringankan penyakit-penyakit serius seperti kanker, lemak berlebih, dan kolesterol tinggi. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Penghancur Sel Kanker

Meskipun memiliki antioksidan lebih sedikit dari beri dan buah delima, buah mangga memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga kandungan vitamin C. Jika dikonsumi, buah mangga dapat memberikan pectin, yang merupakan jenis serat yang dapat menurunkan resiko dari berkembangnya kanker gastrointestinal. Manfaat vitamin C pada mangga juga dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan radikal bebas yang mengurangi resiko kanker.

Ilmuwan Texas AgriLife juga menemukan bahwa ekstrak mangga, yang mengandung polifenol, dapat membuat sel kanker payudara berhenti tumbuh, membelah, dan kemudian mati secara sistemik.

Penghambat Lemak

Mangga memiliki khasiat menghambat perkembangan lemak dalam tubuh. (Foto: Freepik)

Ilmuwan dari University of Queensland melakukan sebuah penelitian bahwa beberapa varian buah mangga memiliki kulit yang mengandung zat bioaktif dengan kemampuan menghambat perkembangan lemak. Tak hanya itu, kali ini dari University of Yaounde, ada sebuah eksperimen yang dilakukan.

Mereka mengumpulkan 102 orang yang diberikan ekstrak buah mangga. Hasil yang didapat ialah penurunan berat badan yang rata-ratanya hingga 12 kilogram. Para peneliti menemukan bahwa kandungan dalam mangga dapat mengubah cara kerja metabolisme tubuh dan juga mengurangi produksi lemak.

Meremajakan Kulit

Manfaat mangga untuk kesehatan yang lainnya ialah dapat menghindari penuaan kulit. Vitamin A dan C sangatlah penting untuk produksi kolagen dan menjaga kulit agar tetap kuat. Kadar vitamin C dan E yang terkandung di dalam buah mangga juga dapat melawan proses penuaan kulit dan meminimalisir efek dari sinar matahari terhadap kulit.

Selain itu, pigmen carotenoid yang ada di dalam buah mangga ternyata juga ditemukan pada kulit manusia. Efek yang didapat ialah mencegah pucatnya kulit dan membuat kulit menjadi cerah dan sehat.

Efektif Menurunkan Kolesterol

manfaat mangga
Kandungan yang ada dalam mangga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Eksperimen yang dilakukan oleh Yaounde University tersebut ternyata memberikan hasil yang lain. Yang mengalami penurunan berat badan pun ternyata berhasil mengurangi kadar kolesterol. Selain pengurangan kadar kolesterol dari ekstrak biji mangga, ekstrak dari daun pohon mangga (yang mengandung mangiferin) telah terbukti bermanfaat.

Setelah mengetahui manfaat buah mangga untuk kesehatan, apakah Anda tambah tertarik untuk mengkonsumsi buah mangga?

Bagi Anda yang khawatir akan kondisi kesehatan secara umum, untuk itu Pesanlab.com hadir untuk membuat Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan medical check-up dan Skrining di Laboratorium terpercaya. Lakukan selalu pemeriksaan melalui Pesanlab, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di Pesanlab diantaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, Dan Hasil Lab Online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan! 

 

Bagikan ke Teman:
Triasse
Triasse
Platform pertama untuk Tes Laboratorium dan pemeriksaan kesehatan keluarga Indonesia. Triasse memberikan pelanggan kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih baik bagi kesehatan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *