18 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Cepat dan Alami

18 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Cepat dan Alami
Monitor digital tekanan darah dan sayuran segar (freepixel/lazy_bear)
Bagikan ke Teman:

Tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan menerapkan pola hidup sehat serta penggunaan obat. Selain itu, tekanan darah pun dapat dinormalkan kembali dengan mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat menurunkan tekanan darah. Berikut daftar makanan penurun darah tinggi yang baik untuk dikonsumsi.

Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran Berwarna Hijau Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Jepretan makro kale salad dengan butiran air (freepixel/user6014584)

Makanan sehat yang efektif dalam menurunkan tekanan darah adalah sayuran hijau dengan jenis bayam, sawi, lobak hijau, serta selada. Sayuran hijau mengandung kalsium tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Sebaiknya Anda mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari, minimal setengah cangkir setiap kali makan. Pilih sayuran hijau yang masih dalam keadaan segar untuk menetralisir natrium dan garam dalam tubuh. Hindari sayur dari kalengan yang justru berdampak buruk bagi tekanan darah.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Basic
Rentang Harga Mulai dari Rp. 364.001

Pisang

Pisang Matang Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Pisang matang dengan bintik hitam di tangan wanita (freepixel/lovelypeace)

Pisang merupakan buah yang mudah sekali didapat di pasaran. Kabar baiknya, pisang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini sangat membantu penderita hipertensi untuk menstabilkan serta menurunkan tensi. Pisang mengandung kalium yang sangat tinggi sehingga dapat menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh penderita hipertensi. Pisang sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Konsumsi pisang pun tidak dibatasi jumlah dan frekuensinya karena tergolong aman untuk semua kondisi.

Susu Skim

Susu Skim Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Botol gelas jadul nan sederhana berisi susu segar, kefir, dan yogurt (freepixel/lenamay)

Anda bisa mendapatkan kandungan kalsium tinggi melalui susu skim yang mampu menjadikannya punya peran sebagai makanan penurun darah tinggi. Susu skim mengandung lemak rendah sehingga aman untuk penderita hipertensi. Penelitian menunjukkan bahwa susu rendah lemak memiliki peran yang penting bagi tubuh untuk menurunkan tekanan darahnya. Konsumsi susu skim yang dicampur dengan yoghurt sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari guna mendapatkan tekanan darah yang stabil.

Yoghurt

Yogurt Yunani Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Yogurt Yunani buatan rumah di dalam toples (freepixel/user10211421)

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab seseorang terkena darah tinggi adalah kurangnya kalsium harian. Oleh karena itu Anda bisa memperbanyak kalsium dalam diet harian Anda untuk menstabilkan tekanan darah. Salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah yoghurt. Yoghurt mengandung kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian seseorang. Yoghurt memiliki kandungan natrium yang rendah sehingga aman bagi penderita hipertensi. Yoghurt juga mengandung probiotik yang dapat menurunkan tekanan darah. Untuk kebutuhan harian, pilih yoghurt yang rendah gula sehingga lebih aman dan sehat.

Kentang

Kentang Muda Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Kentang muda dengan latar kuning tampak atas (freepixel/atlascompany)

Bahan makanan lain yang juga mengandung kalium dan magnesium yang tinggi sehingga ampuh menurunkan tekanan darah tinggi adalah kentang. Kentang memiliki kandungan serat yang diperlukan oleh tubuh. Sayangnya, banyak orang yang menambahkan garam untuk olahan kentang, hal ini justru memicu meningkatnya tekanan darah. Jadi untuk mendapatkan fungsi kentang sebagai penurun tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda mengkonsumsi kentang dengan cara direbus atau dipanggang tanpa perlu ditambahkan garam.

Buah Berry

Ceri Segar Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Ceri matang segar (freepixel/yuliyafurman)

Selain pisang, buah berry juga merupakan buah yang sangat baik dikonsumsi penderita hipertensi. Buah berry mengandung senyawa flavonoid yang dapat mencegah tekanan darah tinggi serta menurunkan tekanan darah pada tubuh. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman jus dan pelengkap minuman yoghurt.

Oatmeal

Oatmeal Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Bahan-bahan preparasi untuk granola (freepixel/zagorinka)

Makanan penurun darah tinggi lain yang bisa Anda coba adalah oatmeal. Oatmeal mengandung natrium dan lemak yang rendah serta serat yang tinggi sehingga mampu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Cara mengkonsumsi oatmeal cukup mudah, Anda bisa menambahkan madu atau buah segar agar rasanya tidak hambar.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Silver
Rentang Harga Mulai dari Rp. 445.500

Buah Bit

Jus Buah Bit Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Jus Buah Bit (freepixe/dashu83)

Buah lain yang dapat dijadikan sebagai obat darah tinggi adalah buat bit. Jika Anda mengkonsumsi jus buah bit, maka akan terjadi penurunan tekanan darah sistolik dalam waktu 6 jam setelah minum. Hal ini terjadi karena kandungan nitrat pada buah bit mampu menurunkan serta menstabilkan tekanan darah. Selain di jus, buah bit juga dapat dimakan langsung dengan cara dikukus atau dipanggang.

Minyak Ikan

Minyak Ikan Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Minyak di dalam kapsul gelatine kuning dengan botor berlatarkan putih (freepixel/andriimedvediuk)

Minyak ikan ampuh saat digunakan sebagai makanan penurun darah tinggi. Minyak ikan sangat baik untuk mencegah naiknya tekanan darah serta menstabilkan denyut jantung. Kandungan lemak baik serta omega-3 pada ikan terbukti mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Gold
Rentang Harga Mulai dari Rp. 949.500

Ikan

Ikan Salmon Omega-3 Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Tukang masak memegang ikan salmon (freepixel/davit83)

Makanan lain yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah ikan. Ikan jenis tertentu seperti salmon, dapat menurunkan tekanan darah tinggi seseorang jika dikonsumsi secara teratur selama kurang lebih 2 minggu. Salmon memiliki lemak yang baik dengan vitamin D yang tinggi sehingga mampu menstabilkan tekanan darah.

Ikan juga mengandung omega-3 yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun perlu diingat, konsumsi ikan yang baik adalah tanpa garam. Jadi jika Anda menambahkan garam pada ikan, justru dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh Anda. Jadi sebaiknya Anda memanggang ikan dengan minyak zaitun saja tanpa perlu menambahkan garam.

Delima

Minuman Delima Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Delima gimlet (freepixel/marynavoronova)

Buah delima juga memiliki manfaat sebagai makanan penurun darah tinggi. Buah delima mampu menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi. Bahkan delima dipercaya dapat menurunkan tekanan sistolik dalam darah hingga mencapai 21 persen.

Delima mengandung zat polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan sangat baik untuk menangkal radikal bebas sehingga aliran darah pun akan lancar. Sebaiknya, radikal bebas yang dibiarkan begitu saja dapat membuat pembuluh darah tersumbat sehingga tekanan darah pun naik.

Cokelat Hitam

Cokelat Hitam Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Semangkuk bubuk cokelat dengan daun berlatar putih (freepixel/atlascompany)

Makanan penurun darah tinggi lainnya adalah coklat hitam. Coklat hitam kaya akan flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Coklat dapat membentuk oksida nitrat yang mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke otak pun menjadi lancar. Perlu Anda ketahui bahwa semakin tinggi kadar kakao pada coklat, maka akan semakin baik untuk penderita hipertensi.

Biji Utuh

Biji Utuh Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Biji flax cokelat (freepixel/muravev)

Makanan penurun darah tinggi lain yang bisa Anda coba adalah biji utuh. Ini merupakan salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, bahkan pada kelompok lansia. Biji utuh mengandung serat yang tinggi sehingga mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Alhasil, tekanan darah yang tinggi dapat turun dengan cepat.

Bawang Putih

Bawang Putih Muda Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Bawang putih muda yang dimarinasi dan fermentasi di atas papan kayu (freepixel/user20678629)

Bawang putih masuk ke dalam daftar makanan penurun darah tinggi. Makanan ini dimasukkan ke dalam daftar karena dapat meningkatkan kadar oksida nitrat yang ada di dalam tubuh. Oksida nitrat bisa membantu dalam meningkatkan vasodilatasi atau pelebaran arteri yang akan berdampak kepada penurunan tekanan darah tinggi.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Virgin oirl dari zaitun (freepixel/dalaifood)

Minyak zaitun merupakan salah satu contoh makanan lemak sehat yang acapkali disebutkan sebagai makanan yang mampu mencegah dan mengurangi efek penyakit. Salah satu kandungan dalam makanan ini adalah polifenol. Kandungan ini membuat minyak zaitun menpunyai manfaat sebagai makanan penurun darah tinggi.

Kuaci

Biji Bunga Matahari Hitam Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Biji bunga matahari hitam berjatuhan tampak atas (freepixel/xamtiw)

Beberapa jenis biji-bijian seperti biji labu, dan biji bunga matahari mengandung kalium, magnesium, dan juga mineral lainnya yang telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah. Anda dapat mengonsumsi biji-bijian ini sebagai camilan setiap hari. Salah satu camilan dari biji ini yang direkomendasikan adalah kuaci.

Kiwi

Kiwi Segar Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Kiwi segar tampak dekat dengan latar tumpukan kiwi yang buram (freepixel/lovelypeace)

Berdasarkan Medical News Today, mengonsumsi satu porsi buah kiwi setiap hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Para peneliti membandingkan efek dari buah apel dan kiwi ketika diberikan kepada orang yang punya tekanan darah yang sedikit tinggi. Peneliti-peneliti tersebut menyatakan bahwa dengan memakan 3 buah kiwi dalam sehari selama 8 minggu mampu menghasilkan penurunan tekanan darah diastolik dan sistolik yang lebih signifikan dibanding dengan memakan satu buah apel sehari untuk periode yang sama. Zat bioaktif dalam kiwi diduga peneliti sebagai kandungan zat yang menyebabkan pengurangan tekanan darah tinggi. Kandungan vitamin C tinggi pada Kiwi secara signifikan bisa berkontribusi pada pengaturan tekanan darah di dalam tubuh Anda.

Kacang Pistachio

Kacang Pistachio Sebagai Makanan Penurun Darah Tinggi
Kopi, es krim, kacang pistachio dan cabang zaitun berlatar hijau (freepixel/gee21)

Kacang pistachio bisa dimanfaatkan sebagai makanan penurun darah tinggi karena mampu menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi ketegangan pada pembuluh darah perife atau penyempitan pembuluh darah, dan juga detak jantung. Studi peneliti menunjukkan bahwa diet dengan satu porsi pistachio sehari bisa membantu mengurangi tekanan darah.

Makanan-makanan diatas dapat Anda coba sebagai pengganti obat darah tinggi jika Anda menginginkan obat yang sifatnya lebih alami. Konsumsilah makanan diatas secara teratur untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi serta menstabilkan tekanan darah.

Selain itu, perlu diingat bahwa jika Anda adalah penderita hipertensi, maka sediakan tensimeter di rumah untuk pengecekan sewaktu-waktu. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi agar tidak langsung melonjak ketika kondisi gawat darurat.

Akhir kata, jangan lupa untuk terus membaca informasi gaya hidup tentang diet sehat dan cek kesehatan diri Anda via Triasse.

 

Bagikan ke Teman:
Rinaldi Syahran
Comeback is Real!