6 Kesalahan Fatal yang Bikin Diet Gagal dan Solusinya

6 Kesalahan Fatal yang Bikin Diet Gagal dan Solusinya
Sering mengalami diet gagal? Berbagai metode telah dilakukan? Berikut ini 5 kesalahan fatal yang bisa membuat Anda gagal turunkan berat badan. Foto: Freepik
Bagikan ke Teman:

Sudah berbagai macam cara sudah saya coba namun selalu saja tidak membuahkan hasil. Bahkan kadang kali bukannya menurunkan berat badan, diet justru membuat berat badan saya meningkat. Dan juga seringkali hasil diet saya tidak bertahan lama, setelah saya lakukan berat badan saya hanya turun sementara waktu dan kembali ke berat badan awal. Saya sudah capek terus mencoba diet gagal, apa yang salah dengan diet saya?

Keluhan itu  mungkin sudah sering kita dengar atau bahkan Anda alami sendiri. Cerita tersebut berasal dari Amanda, ibu dua anak berumur 30 tahun, yang mengalami susahnya menurunkan berat badan dengan berbagai dinamika-nya. Berbagai alasan muncul untuk menjadi pembenaran akan diet gagal yang dialami, mulai dari genetik, metabolisme yang lambat, umur, hingga metode diet yang tidak cocok. Namun disisi lain terdapat juga cerita yang menunjukkan hal yang sebaliknya.

Alton Brown, ahli makanan yang terkenal melalui program “Good Eats”, berhasil melakukan diet yang dapat menurunkan berat badannya hingga 22kg dan terus terjaga hingga 2 tahun kedepan. Semua itu dia lakukan pada saat umurnya telah menginjak 50 tahun. Cerita sukses tersebut tentu saja menampik berbagai alasan gagal-nya program diet orang-orang, namun yang menjadi pertanyaan adalah: Apa yang membedakan diet Amanda dan Alton? Apa yang membuat diet salah satunya berhasil dan satunya gagal?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita coba pelajari pembahasan info gaya hidup mengenai diet sehat perihal 6 alasan kenapa diet gagal?

1. Masih Konsumsi Soft Drink dan Junk Food

Kamu masih mengkonsumsi Softdrink & Junk Food
Minuman softdrink  dan junk food memiliki kadar gula ataupun kalori yang tinggi (foto: Freepik)

Minuman softdrink memiliki kadar gula ataupun kalori yang tinggi. Inilah yang seringkali menjadi kesalahan fatal dalam menjalani program untuk menurunkan berat badan. Minuman lain yang Anda anggap sehat juga tidak luput dari hal ini, misalnya saja minuman teh dalam botol bisa jadi mengandung gula/kalori yang hampir setara dengan minuman soda. Sebagai contoh bahaya softdrink bagi diet kamu, satu botol minuman soda 540 ml memiliki kadar gula/kalori yang setara dengan 4 buah apel atau satu piring salad. Jumlah tersebut tentunya memiliki efek yang signifikan terhadap keberhasilan program diet Anda.

Dalam hal junk food, Anda mungkin sudah sadar bahwa makanan tersebut tidaklah baik bagi kesehatan tubuh maupun bagi keberhasilan program diet. Namun yang jarang disadari adalah, cemilan-cemilan yang sering Anda makan seperti keripik kentang ataupun biskuit juga dapat membuat diet gagal. Makanan-makanan ini seringkali memiliki kandungan gula maupun kalori yang tinggi.

Dan jangan kaget ketika melakukan tes darah, Anda akan menemukan hasil bahwa diri Anda memiliki kolesterol yang tinggi, akibat mengonsumsi junk food secara berlebihan.

2. Tidak Tahu Kalori dalam Diet

Kamu Tidak Mempertimbangkan Kalori Dalam Diet Kamu
Energi yang berlebih akan disimpan sebagai cadangan dalam bentuk lemak, hal itulah yang membuat berat badan terus bertambah (foto: Freepik)

Dalam poin sebelumnya kita beberapa kali menyebutkan kata “kalori”, namun apa sih kalori itu? Untuk penjelasan mudahnya, kalori dalam makanan dapat berarti energi yang dihasilkan oleh makanan tersebut yang diberikan kepada tubuh apabila kita mengkonsumsinya. Semakin besar kalori yang terkandung dalam makanan maka semakin tinggi energi yang tubuh kita dapatkan.

Diet gagal salah satu faktornya adalah apabila energi yang masuk kedalam tubuh lebih tinggi dari energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Energi yang berlebih tersebut pada akhirnya akan tubuh kamu simpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak, hal itulah yang membuat berat badan terus bertambah.

Kalori yang tubuh butuhkan setiap harinya berubah-ubah tergantung pada berbagai hal, mulai dari aktifitas sehari-hari hingga umur. Namun terdapat metode yang dapat digunakan untuk mencari rata-rata kalori yang dibutuhkan, secara umum kebutuhan kalori orang dewasa adalah 2000 Kkal. Untuk lebih detailnya, Anda dapat menggunakan kalkulator kalori untuk mengetahui kebutuhan kalori tubuh kamu secara lebih detail, agar mengurangi resiko diet gagal.

Pertanyaan selanjutnya adalah, berapa banyak sih 2000 Kkal itu? Secara umum, makanan maupun sayur-sayuran memiliki kadar kalori yang relatif rendah, sedangkan makanan yang kaya lemak memiliki kandungan kalori yang relatif lebih tinggi. Untuk mengetahui secara umum kalori yang makanan, Anda dapat melihat tabel kalori tiap tiap makanan.

Namun, menghitung kalori yang Anda butuhkan tiap harinya bisa jadi kegiatan yang sangat menguras pikiran. Anda bisa jadi justru mengambil keputusan yang salah karena terlalu mengikuti kebutuhan kalori. Contohnya Anda bisa jadi lebih memilih memakan biskuit diet ketimbang satu piring salad hanya karena kalori biskuit diet lebih kecil.

Untuk menghindari hal tersebut, terdapat hal lain yang Anda harus pertimbangkan dalam memilih makanan untuk menurunkan berat badan, yaitu nutrisi yang terkandung di dalam makanan.

3. Lupa Pentingnya Nutrisi dalam Makanan

Kamu Melupakan Pentingnya Nutrisi Dalam Makanan
Kandungan nutrisi dalam makanan memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan kamu dalam menurunkan berat badan (foto: Freepik)

Banyak orang yang melakukan diet dengan secara ketat mengatur asupan kalori makanan tiap harinya, namun mereka melupakan hal yang jauh lebih penting dari suatu makanan, yaitu kandungan nutrisinya. Kandungan nutrisi dalam makanan memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan Anda menurunkan berat badan.

Agar diet gagal tidak terjadi, Anda perlu mempertimbangkan kandungan nutrisi dalam makanan, bahan makanan seperti lobak dan daunnya, brokoli, bayam, kubis, dan kacang-kacangan memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh.  Dengan menggabungkan makanan-makanan tersebut Anda dapat memperoleh nutrisi yang maksimal dengan kalori yang relatif rendah.

4. Hanya Makan Olahan Khusus Diet

aHanya Mengkonsumsi Makanan Olahan Khusus Diet
Dengan cara mengonsumsi makanan natural kaya nutrisi, maka makanan olahan khusus diet sudah tidak perlu untuk kita konsumsi lagi (foto: Freepik)

Riset yang dilakukan oleh Jeffrey Gordon Lab di Washington University meneliti sepasang saudara kembar dimana salah satunya gemuk dan satunya kurus. Dia mengambil sampel mikroba dari perut masing masing dan memasukkannya ke sepasang tikus percobaan yang bebas mikroba dalam perutnya. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tikus yang diberi mikroba dari saudara kembar yang gemuk ikut menjadi gemuk, sedangkan yang diberi mikroba dari saudara kembar kurus tetap kurus walaupun keduanya memiliki diet makanan yang sama persis.

Hal itu membuktikan pentingnya peran bakteri dalam saluran pencernaan kita. Makanan olahan khusus diet seperti shake instant mungkin memiliki nutrisi yang cukup bagi tubuh kita, namun tidak mengandung bakteri yang penting bagi tubuh. Hal itu juga berlaku bagi makanan seperti biskuit diet.

Memang belum ditemukan kombinasi tepat bakteri dalam saluran pencernaan, namun makanan natural seperti buah-buahan maupun sayuran serta daging dapat meningkatkan variasi bakteri dalam saluran pencernaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan.

Dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi, maka makanan olahan khusus diet sudah tidak perlu untuk kita konsumsi lagi. Namun untuk kemudahan, Anda masih bisa mengkombinasikan kedua hal tersebut tanpa lupa untuk mengkonsumsi makanan natural yang kaya nutrisi.

5. Tidak Konsumsi Lemak

Kamu Tidak Mengkonsumsi Lemak Sama Sekali
Dengan jenis lemak yang tepat dan jumlah yang proporsional, lemak dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat (foto: Freepik)

Kesalahan persepsi mengenai lemak ini adalah salah satu yang paling sering salah dipahami banyak orang. Memang mengonsumsi lemak yang salah dan dalam jumlah besar dapat merusak diet kita. Namun dengan jenis lemak yang tepat dan jumlah yang proporsional, lemak justru dapat membantu kita menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Jadi jenis lemak seperti apa yang harus kita konsumsi? Lemak terbagi menjadi beberapa jenis, lemak yang baik adalah lemak yang tergolong dalam Monounsaturated fat dan Polyunsaturated fat serta Omega-3. Lemak-lemak tersebut banyak terkandung dalam makanan seperti alpukat, minyak zaitun, almond, hezelnut, salmon, tuna, hering,  dan susu kedelai.

Dengan mengombinasikan makanan yang mengandung lemak baik tersebut dalam diet, maka Anda dapat menurunkan berat badan dengan lebih baik. Tapi ingat, jangan berlebihan dan tetap pertimbangkan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh, agar diet gagal tidak terjadi.

6. Diet Tidak Konsisten

diet tidak konsisten
Konsistensi merupakan faktor paling penting yang menentukan keberhasilan kamu dalam menurunkan berat badan (foto: Freepik)

Konsistensi merupakan faktor paling penting yang menentukan keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Hal ini dapat digambarkan dari arti kata diet itu sendiri. Berasal dari kata Yunani – diaita – yang artinya adalah a way of life atau jalan hidup, diet bukanlah kegiatan yang kita lakukan dalam jangka waktu pendek saja, namun merupakan perubahan gaya hidup yang berlangsung terus-menerus.

Untuk dapat konsisten, tentu saja Anda harus nyaman dengan diet yang dipilih. Apabila diet bikin membuat Anda menderita, maka kemungkinan ada yang salah dengan diet Anda. Anda perlu mengombinasikan makanan diet dengan makanan yang bervariasi dan penuh nutrisi.

Apakah cara di atas merupakan cara yang terbaik untuk menurunkan berat badan? Tentu saja bukan. Setiap orang memiliki pola yang berbeda-beda, namun panduan di atas dapat menjadi benchmark bagi kamu untuk dapat mencapai berat badan ideal. Karena kembali ke inti utama dari diet, yang penting adalah Anda harus konsisten.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu berhasil menjaga berat badan dan menjaga tubuh selalu sehat, jangan lupa untuk menjalankan gaya hidup sehat yang memadukan pola makan dan olahraga. Selain itu, pastikan juga Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, setidaknya dua kali dalam satu tahun.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara teratur tidak hanya memastikan kesehatan, tapi juga berguna untuk mencegah penyakit yang mulai muncul untuk berkembang menjadi fatal. Manfaatkan layanan dan penawaran dari Triasse untuk pemeriksaan kesehatan Anda. Triasse menawarkan berbagai paket pemeriksaan kesehatan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."