Dampak Kelebihan dan Kekurangan Yodium pada Tubuh

Bagikan ke Teman:

Tubuh manusia membutuhkan berbagai nutrisi untuk bisa bertahan hidup, salah satunya adalah yodium. Namun, kelebihan dan kekurangan yodium pada tubuh juga memiliki risikonya sendiri, sehingga harus dijaga kadarnya.

Yodium atau iodine adalah zat mineral non logam yang fungsi utamanya adalah membentuk hormon tiroid. Kelenjar tiroid sendiri merupakan kelenjar endoskrin terbesar yang terletak pada leher, tepat di bawah laring atau rongga pernapasan. Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk memproduksi protein, menghasilkan hormon, juga mengatur pembakaran energi dalam tubuh.

Kebutuhan yodium harian bagi tiap orang berbeda-beda. Agar Anda tidak kelebihan dan kekurangan yodium, berikut detil kebutuhan yodium sesuai kelompok umur berdasarkan rekomendasi Institut Kedokteran Amerika Serikat adalah sebagai berikut:

  • Dewasa = 0,15 mg per hari
  • Wanita hamil = 0,22 mg per hari
  • Wanita menyusui = 0,29 mg per hari
  • Anak usia 1-11 tahun = 0,09-0,12 mg per hari
  • Bayi = 0,11-0,13 mg per hari

Sumber-Sumber Yodium

Sumber-Sumber Yodium
Manusia membutuhkan asupan yodium dari makanan untuk memenuhi kebutuhan harian. (Foto: Freepik)

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi yodium sendiri, oleh karena itu kita perlu memperolehnya dari luar melalui makanan yang mengandung yodium. Yodium banyak dimiliki oleh air dan biota laut, salah satunya yang paling mudah kita temui adalah garam. Garam yang dibuat dengan bahan baku air laut membuatnya memiliki kandungan yodium yang tinggi. Berikut ini daftar makanan yang mengandung iodine tinggi agar Anda tidak kelebihan dan kekurangan yodium:

  • Garam beryodium
  • Rumput laut
  • Biota laut berupa hewan (kerang, udang, kepiting, tuna, salmon, sarden)
  • Susu sapi dan produk olahannya (keju, yogurt, es krim)
  • Telur
  • Kentang
  • Bayam
  • Kacang Tanah
  • Buah-buahan seperti pisang dan stroberi
Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Basic
Rentang Harga Mulai dari Rp. 364.001

Dampak Kekurangan Yodium

Dampak Kekurangan Yodium
Gondok adalah salah satu penyakit yang muncul akibat kekurangan yodium. (Foto: Freepik)

Walaupun sumber yodium dapat dengan mudah kita temui, tidak tertutup kemungkinan manusia dapat kekurangan yodium. Misalnya saja, masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan biasanya paling rentan kekurangan yodium. Dampak dari kekurangan yodium ini bermacam-macam, antara lain:

  • Gondok. Dampak yang jelas sekali terlihat ketika tubuh kekurangan yodium adalah timbulnya penyakit gondok. Yodium merupakan sumber utama dalam pembentukan hormon tiroid. Kelenjar tiroid ini berfungsi untuk memproduksi protein, menghasilkan hormon, dan mengatur pembakaran energi dalam tubuh. Apabila tubuh kita kekurangan yodium, secara otomatis tubuh akan merangsang kelenjar tiroid untuk bekerja lebih keras. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid tersebut, atau yang biasa disebut dengan penyakit gondok yang ditandai dengan adanya benjolan di sekitar leher. Jika gondok berkembang menjadi cukup besar, akan muncul gejala-gejala seperti sakit tenggorokan, sesak napas, batuk, dan sulit menelan makanan.
  • Hipotiroidisme. Kekurangan yodium juga dapat menyebabkan hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah keadaan dimana kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon yang cukup. Salah satu penyebab keadaan ini adalah adanya kekurangan yodium berat yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Hipotiroidisme menyebabkan kulit menjadi bengkak dan kering, letih dan kelelahan, rambut kasar dan jarang, suara menjadi serak, depresi, gangguan daya ingat, tidak tahan udara dingin, meningkatnya berat badan, sembelit, detak jantung melemah, nyeri sendi, serta gangguan pola menstruasi.
  • Keterbelakangan mental. Kekurangan yodium juga dapat menyebabkan keterbelakangan mental pada anak-anak, terutama di daerah yang rentan kekurangan yodium seperti di daerah pegunungan. Meskipun anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang didiagnosa kekurangan yodium memiliki fungsu tiroid yang normal, namun mereka cenderung mempunya kemampuan bahasa dan daya ingat yang lebih rendah dari rata-rata.
  • Yodium juga sangat penting bagi seorang ibu yang tengah hamil, bahkan diperlukan asupan yodium yang lebih besar dibanding mereka yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan yodium yang berpengaruh bagi perkembangan otak dan mental bayi ketika berada di dalam kandungan. Resiko terparahnya adalah bayi dapat mengalami keterbelakangan mental ketika telah lahir.
Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Silver
Rentang Harga Mulai dari Rp. 445.500

Dampak Kelebihan Yodium

Dampak Kelebihan Yodium
Beberapa penyakit bisa muncul akibat kelebihan yodium. (Foto: Freepik)

Di samping itu, terdapat juga efek samping apabila tubuh kelebihan kadar yodium. Dampak yang ditimbulkan antara lain:

  • Hiperteroidisme. Kelebihan yodium yang berlangsung dalam waktu lama mempunyai efek toksik terhadap tirosit yaitu menyebabkan hipertiroidisme. Hipertiroidisme adalah gangguan auto imun yang biasanya ditandai dengan produksi autoantibodi pada kelenjar tiroid. Autoantibodi ini disebut dengan Thyroid Stimulating Immunoglobulin. Penyebab hipertiroidisme biasanya adalah penyakit graves, goiter toksika yang dipengaruhi oleh yodium. Pada kebanyakan penderita hipertiroidisme, kelenjar tiroid membesar dua sampai tiga kali dari ukuran normalnya, disertai dengan banyak hiperplasia dan lipatan-lipatan sel-sel folikel ke dalam folikel, sehingga jumlah sel-sel ini lebih meningkat beberapa kali dibandingkan dengan pembesaran kelenjar. Juga, setiap sel meningkatkan kecepatan sekresinya beberapa kali lipat dengan kecepatan 5-15 kali lebih besar daripada normal.
  • Graves. Graves adalah penyakit autoimun yang membuat produksi hormon tiroid meningkat. Gejalanya antara lain hiperaktivitas, tremor ringan, kehilangan berat badan padahal makan cukup.
  • Toxic Multinodular Goiter. Salah satu tanda awal dari penyakit ini adalah timbulnya benjolan berbentuk bulat dan memiliki tekstur keras di leher. Satu benjolan yang timbul disebut dengan single nodul, dan jika lebih dari satu disebut dengan multinodular. Benjolan ini dapat menjadi hipertiroidisme, karena dengan adanya benjolan ini secara bertahap dapat meningkatkan aktivitas kelenjar dan jumlah hormon tiroid dalam darah.
  • Kanker tiroid. Kanker tiroid bermula dari jaringan folikel troid dan sel-sel kanker yang mulai menghasilkan banyak hormon tiroksin yang dapat mengakibatkan timbulnya hipertiroidisme.
Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Gold
Rentang Harga Mulai dari Rp. 949.500

Pengobatan Kekurangan dan Kelebihan Yodium

Pengobatan Kekurangan dan Kelebihan Yodium
Ada beberapa pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk atasi kekurangan dan kelebihan yodium. (Foto: Freepik)

Kekurangan Yodium.

  • Levotiroksin.
    Levotiroksin (L-tiroksin) merupakan hormon tiroksin yang dibuat secara sintesis sebagai pengganti tiroksin alami. Pemberian levotiroksin umumnya efektif pada ibu hamil dan anak-anak, namun kurang efektif pada orang dewasa. Pemberian levotiroksin perlu diawasi penggunaannya karena dikhawatirkan terjadi tirotoksikosis.
  • Kalium Iodida (KI).
    Kalium iodida merupakan salah satu garam yang sering digunakan untuk pengobatan kekurangan yodium dan termasuk ke dalam golongan agen antitiroid. Kalium iodida dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet, larutan oral, laruan intramuskular, atau sebagai suplemen pada makanan dan minuman.
  • Yodium radioaktif.
    Yodium radioaktif telah terbukti mampu mengecilkan ukuran gondok eutiroid hingga 40-60%. Efek samping yang bisa terjadi dari terapi menggunakan yodium radioaktif adalah hipotiroidisme permanen.
  • Pembedahan tiroidektomi.
    Pembedahan merupakan metode pengobatan standar yang digunakan untuk mengobati gondok berukuran besar. Gondok yang berukuran besar dapat menyebabkan berbagai gangguan pada pasien seperti suara parau dan gangguan menelan.

Kelebihan Yodium.

  • Terapi obat antitiroid
    Apabila masalahnya terdapat ditingkat kelenjar tiroid, terapi yang biasanya diberikan adalah obat-obatan antitiroid yang menghambat produksi TH atau obat-obatan penyekat beta untuk menurunkan hiperresponsifitas simpatis. Obat-obatan yang merusak jaringan tiroid juga dapat digunakan. Misalnya, iodin radioaktif (I131) yang diberikan dalam sediaan oral, diserap secara aktif oleh sel tiroid yang hiperaktif. Setelah masuk I131 merusak sel tersebut. Terapi ini adalah terapi permanen untuk hipertiroidisme dan sering menyebabkan individu menjadi hipotiroid dan memerlukan penggantian TH seumur hidup.
  • Tiroidektomi parsial atau total.
    Tiroidektomi total maupun parsial dapat menyebabkan hipotiroidisme.
  • Injeksi tiroid etanol perkutan
    Injeksi tiroid etanol perkutan digunakan pada pasien dan pasien yang mengalami peningkatan resiko pembedahan akibat penyakit jantung atau paru, usia lanjut, multimorbiditas atau dialisis.

Untuk memastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat dan kebutuhan yodium terpenuhi, lakukan pengecekan hormon tiroid. Triasse.com memungkinkan Anda melakukan pengecekan hormon tiroid dengan cara yang praktis dan tanpa perlu mengunjungi laboratorium. Cek Paket Test Darah untuk keterangan lebih lanjut.

Paket Tes Kesehatan Medical Check Up Basic
Rentang Harga Mulai dari Rp. 364.001
Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."