Dehidrasi Jangan Disepelekan, Ini Bahayanya

Bagikan ke Teman:

Kurang minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi. Kurangnya cairan ini dapat mengakibatkan tekanan darah rendah, kulit kehilangan elastisitas, hingga sakit kepala dan migrain.

Berbagai gangguan kesehatan di atas bisa muncul karena untuk bertahan hidup, manusia memerlukan makanan dengan gizi seimbang. Manusia masih mampu bertahan hidup selama berhari-hari tanpa makanan, tapi hal ini tidak berlaku bagi kebutuhan air dalam tubuh sebab sebanyak 50 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Ada banyak fungsi tubuh yang sangat bergantung pada air. Sedangkan ada pula aktivitas sehari-hari lainnya yang membuat manusia kehilangan cairan, di antaranya melalui buang air kecil dan keringat. Maka akan sangat berbahaya apabila tubuh tidak bisa memenuhi kebutuhan cairan setiap hari dan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi tidak selalu ditandai dengan rasa haus. Dehidrasi dapat pula ditandai dengan mulut kering, mudah lelah, urin berwarna kuning gelap hingga mata yang menjadi cekung.

Apabila kebutuhan air tidak mencukupi, sistem kerja organ dapat terganggu dan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Dalam sistem organ tubuh manusia, air befungsi untuk mengatur proses biokimia dan suhu tubuh, pembentuk sel dan organ, media transportasi zat gizi dan sisa metabolisme, serta pelumas sendi dan bantalan organ.

Dehidrasi juga dapat membuat seseorang menjadi lebih gelisah, mudah emosi dan tempramental.

Penyakit lainnya yang dapat timbul ketika tubuh kekurangan air adalah konstipasi atau sulit buang air besar, gangguan ginjal akut, infeksi dan batu saluran kemih, sampai obesitas. Dehidrasi juga dapat menurunkan konsentrasi dan membuat tubuh merasa lelah.

Lebih bahayanya lagi, kurang cairan secara terus-menerus akan menurunkan sistem imun tubuh. Air berfungsi untuk melembabkan kotoran di dalam tubuh termasuk pada sistem urine manusia. Kekurangan urin menyebabkan terbangunnya limbah pada tubuh, dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu. Akibatnya tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Dan, walaupun Anda masih muda, jika dehidrasi terus terjadi bisa mengurangi kekuatan otot dan sendi.

Untuk memastikan tubuh selalu berada dalam kondisi prima, pastikan minum air putih setidaknya delapan gelas sehari. Jangan lupa untuk membawa botol minum saat berolahraga atau cuaca sedang panas-panasnya.

Agar kesehatan lebih terjaga, pastikan juga selalu mengecek kondisi tubuh dengan medical check-up rutin. Untuk Anda yang sering dehidrasi, periksakan kesehatan ginjal yang berhubungan langsung dengan asupan air putih dan produksi urin. PesanLab.com menyediakan Paket Skrining Fungsi Ginjal yang bisa Anda lakukan.

 

 

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."