Manfaat Pepaya yang Sehat, dari Mata sampai ke Jantung

Manfaat Pepaya yang Sehat, dari Mata sampai ke Jantung
Ternyata pepaya tidak hanya berkhasiat dalam mengusir sembelit, nyatanya pepaya juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan (foto: freepik)
Bagikan ke Teman:

Selama ini pepaya memang lebih dikenal akan manfaatnya yang ampuh melancarkan pencernaan. Ketika mengalami sembelit, banyak orang yang mengatasinya dengan mengonsumsi buah ini. Namun tahukah Anda, ternyata pepaya tidak hanya berkhasiat dalam mengusir sembelit, nyatanya banyak manfaat pepaya lainnya untuk kesehatan tubuh.

Salah satu nutrisi yang terkandung di dalam buah pepaya adalah vitamin C yang sangat tinggi. Satu buah pepaya mengandung setidaknya 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh perharinya. Tak hanya itu, buah pepaya juga mengandung serat tinggi, kalsium, potasium, magnesium, folat, vitamin A, B1, B3, B5, E, K, serta rendah kalori. Maka tidak heran bahwa mengonsumsi buah pepaya dapat memberi banyak manfaat untuk tubuh.

Berikut manfaat pepaya untuk kesehatan yang mana buah tersebut bisa menjadi diet sehat Anda dalam rangka menerapkan gaya hidup sehat:

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit
Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya dapat membantu melembutkan dan membuat kulit sehat dan awet muda (foto: freepik)

Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya dapat membantu melembutkan dan membuat kulit sehat dan awet muda. Vitamin A dan C yang ada dalam pepaya juga dapat mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam pada kulit. Vitamin C juga bisa membantu tubuh menghasilkan kolagen berguna untuk mengurangi keriput.

Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan zat bernama likopen yang berperan besar dalam memelihara kesehatan kulit. Ini karena antioksidan dari zat tersebut dapat menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan sel dan masalah kesehatan lainnya.

Baik untuk Kesehatan Mata

Baik untuk Kesehatan Mata
Pepaya mengandung vitamin A yang diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan mata (foto: freepik)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pepaya yang mengandung vitamin A yang diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini berperan untuk menjaga kelembapan mata, sehingga mata selalu terlumasi dengan baik.

Memperkuat Sistem Imun

Memperkuat Sistem Imun
Vitamin A, C dan E yang terdapat dalam pepaya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh (foto: freepik)

Vitamin A, C dan E yang terdapat dalam pepaya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda pun akan terlindungi dari bahaya penyakit infeksi seperti pilek dan flu.

Menyehatkan Rambut dan Kuku

Menyehatkan Rambut dan Kuku
Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah pepaya berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku (foto: freepik)

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah pepaya berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Selain itu, Anda juga dapat membuat masker rambut dari buah pepaya ini.

Mencegah Kanker

Mencegah Kanker
Menurut penelitian, enzim papain yang ada di dalam pepaya ini dipercaya sebagai enzim yang dapat digunakan untuk terapi melawan kanker (foto: freepik)

Menurut penelitian, enzim papain yang ada di dalam pepaya ini dipercaya sebagai enzim yang dapat digunakan untuk terapi melawan kanker. Selain itu, pepaya juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker karena kandungan likopen yang mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung
antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh (foto: freepik)

Masalah kesehatan lain yang juga dapat dicegah dengan mengonsumsi pepaya adalah  penyakit jantung. Hal ini karena pepaya mengandung nutrisi seperti vitamin C dan likopen yang sangat baik untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Selain itu, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga perlu memeriksakan secara rutin kesehatan jantung Anda. Sekarang pemeriksaan kesehatan jantung tersebut dapat dengan mudah dilakukan di Triasse.com.

Nah, sekarang Anda tahu bahwa ternyata pepaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat ini secara langsung setelah dipotong-potong ataupun dijadikan jus.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."