Cemilan Sehat yang Bikin Anda Lebih Produktif, Apa Saja?

cemilan sehat
Bagikan ke Teman:

Ketika kita belajar atau sedang kerja, seringkali perut ingin terisi terus. Tidak jarang kita membawa cemilan seperti ciki, minuman soda, dan biskuit ke meja kerja. Namun, kebanyakan cemilan enak itu justru membuat kita mengantuk dan tidak produktif, terutama cemilan yang tinggi karbohidrat dan gula. Lalu, apa saja cemilan yang masuk kategori makanan sehat yang bisa bikin fokus pada pekerjaan? Yuk lihat list gaya hidup mengenai diet sehat perihal cemilan sehat berikut ini:

1. Buah-buahan: Enak, Sehat dan Penuh Vitamin

Buah-buahan: Cemilan Enak, Sehat dan Penuh Vitamin
Buah-buahan penuh dengan serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan (foto: Freepik)

Sudah pasti buah-buahan menjadi list pertama cemilan sehat yang wajib Anda bawa ke kantor. Buah-buahan penuh dengan serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan dalam tubuhmu. Selain itu, buah-buahan asam bisa memenuhi asupan vitamin C harian agar daya tahan tubuh terjaga dari berbagai penyakit musiman.

Bawalah buah-buahan yang praktis dibawa seperti apel, jeruk dan pisang. Kalau perlu, sekali-kali membawa kiloan buah ke kantor agar rekan kerjamu juga bisa menikmati cemilan sehat yang membuat mereka lebih produktif.

2. Granola Bar: Cemilan Rendah Lemak dan Baik untuk Diet

Granola Bar: Cemilan Rendah Lemak dan Baik Untuk Diet
Granola bar biasanya terdiri dari makanan yang tinggi nutrisi, vitamin dan serat (foto: Freepik)

Granola bar biasanya terdiri dari kacang almond, selai kacang, oat, kismis dan madu. Bahan-bahan ini merupakan makanan yang tinggi nutrisi, vitamin dan serat. Kacang almond mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi seperti ikan laut. Asam lemak omega 3 ini sangat berguna untuk kesehatan otak dan membantu memperlancar kinerja otak.

Kismis dalam granola bar juga mengandung energi dan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat membuatmu tetap terjaga ketika menyelesaikan tugas. Granola bar juga merupakan cemilan sehat yang sangat praktis untuk dibawa dan dijamin tidak membuat tas penuh.

3. Perman Karet/Kenyal: Cemilan Manis Pengurang Stres

Perman Karet/Kenyal: Cemilan Manis Pengurang Stres 
Mengunyah permen karet dapat mengurangi stress dan kegelisahan serta menajamkan konsenstrasi ketika multitasking (foto: Freepik)

Siapa sangka permen karet masuk dalam cemilan sehat yang bisa bikin fokus pada pekerjaan? Menurut sebuah riset dari Swinburne University di Australia, mengunyah permen karet dapat mengurangi stress dan kegelisahan serta menajamkan konsenstrasi ketika multitasking. Permen yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan gigi adalah permen karet mint tanpa gula yang bisa kamu temukan di apotek.

Sebuah riset lain juga menunjukkan bahwa mengunyah sebungkus permen kenyal rasa kopi lebih efektif daripada meneguk secangkir kopi hangat.

4. Coklat Hitam/Susu: Si Manis yang Bikin Fokus

Coklat Hitam/Susu: Si Manis yang Bikin Fokus
Coklat hitam baik untuk mengurangi berat badan dan kadar kolesterol dalam tubuh, serta meningkatkan konsentrasi (foto: Freepik)

Coklat hitam tidak hanya baik untuk mengurangi berat badan dan kadar kolesterol dalam tubuh, tetapi juga bisa meningkatkan konsentrasi. Ini disebabkan kandungan antioksidan dalam coklat hitam yang membantu meningkatkan produksi endorphin serta menajamkan kinerja otak. Coklat susu yang lebih manis ternyata juga bisa mempercepat waktu tanggapan atau reaksi dari otak dan tubuh.

Cemilan sehat ini bisa memperlancar kinerja otak ketika melakukan banyak tugas dalam satu waktu. Coklat susu juga bermanfaat untuk meningkatkan memori visual dan verbal yang bagus untuk menghafal pelajaran sebelum mengerjakan ujian.

5. Yoghurt: Sehat dan Mengenyangkan

Yogurt: Sudah Pasti Sehat dan Mengenyangkan
Yogurt mengandung probiotik tinggi yang sangat baik untuk saluran pencernaan (foto: Freepik)

Ketika perut lapar saat mengerjakan tugas, konsentrasi akan berkurang dan kecenderungan untuk mengemil akan bertambah. Dengan ini, kita harus memilih cemilan sehat yang mengenyangkan seperti yogurt.

Sebuah riset yang didirikan oleh University of Washington di Seattle, Amerika Serikat membuktikan bahwa yogurt adalah cemilan yang paling mengenyangkan dibandingkan susu dan jus. Selain itu, yoghurt juga mengandung probiotik tinggi yang sangat baik untuk saluran pencernaan.

6. Kwaci: Makanan Penghilang Capek

Kwaci: Makanan Penghilang Capek
Kwaci atau biji bunga matahari terkenal sebagai penghilang letih akibat berpikir yang lama (foto: Freepik)

Kwaci atau biji bunga matahari terkenal sebagai penghilang letih akibat berpikir yang lama. Kwaci juga mengandung vitamin E yang merupakan pencegah penurunan kognitif ketika lanjut usia. Dengan hilangnya rasa letih, tubuh dan otak bisa kembali bekerja dengan lancar dan tanpa hambatan.

Agar bekerja bisa lebih produktif, Anda perlu memastikan tubuh berada dalam kondisi kesehatan prima. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan–seperti medical check-up–secara rutin dan berkala. Lewat Triasse, kini Anda bisa memesan pemeriksaan kesehatan dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *