Cara Sehat Ala Kobe Bryant, Yuk Cobain!

Cara Sehat Ala Kobe Bryant, Yuk Cobain!
Sang legenda telah memberikan banyak inspirasi, salah satunya adalah tips-tips cara menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. (foto: google)
Bagikan ke Teman:

Dunia berduka setelah kepergian Kobe Bryant pada tanggal 26 Januari kemarin. Sang legenda “Black Mamba” dikenal sebagai atlit basket amerika serikat sekaligus sosok inspiratif bagi para atlit muda dunia. Menengok ke masa lalu, banyak sekali inspirasi yang diajarkan oleh Kobe semasa hidupnya. Sang atlit terkenal selalu menyelamatkan permainan untuk timnya Los Angeles Lakers dengan selalu tampil sehat dan bugar meski terkena cedera sekalipun. Inilah tips-tips gaya hidup sehat ala Kobe Bryant yang dirangkum oleh Triasse.

Diet A’la Kobe Bryant

Diet yang sehat dan atletis ala Kobe
Black Mamba juga mempunyai diet plan yang efektif untuk atlit. (foto: Google)

Untuk memulihkan tubuhnya dari kerasnya latihan di lapangan, Kobe berkonsenterasi pada elemen-elemen berikut untuk dietnya

  • Protein- daging ayam, kacang-kacangan, keju dan yogurt yunani
  • Karbohidrat Kompleks- quinoa dan gandum (oats)
  • Buah-buahan
  • Teh hijau untuk detoksifikasi
  • Air mineral yang banyak untuk tetap berhidrasi

Pada tahun 2012, pelatih Los Angeles Lakers, Gary Vitti menunjuk konsultan nutrisi Dr. Cate Shanahan untuk membuat diet plan baru untuk teamnya. Dr. Shanahan membuat diet yang disebut The Pro Nutrition. PRO adalah kependekan untuk Performance, Recovery, and Orthogenesis. Diet PRO mengganti minyak, gula dan tepung dengan:

  • Sayuran segar
  • Makanan fermentasi seperti kol parut dan biji-bijian juga kecambah
  • Daging ayam
  • Daging organ seperti hati
  • Salad- lima atau enam serving perhari

Konsisten Berolahraga

Konsisten berolahraga adalah salah satu kunci badan Kobe tetap bugar
Dua kunci olahraga versi Kobe, Konsisten dan Intens. (foto: Google)

Soal olahraga, Kobe menekankan konsistensi dan intensitas. Pertama, tipe workout apapun yang anda lakukan, Anda harus konsisten melakukannya. Anda harus menjadikannya rutinitas harian. Anda tidak akan mencapai apapun jika berhenti-berhenti melakukan olahraga. Kedua, intensitas. Anda harus berolahraga secara intens (dan cerdas) supaya Anda terus mendorong batas tubuh Anda. Jika Anda keluar dari zona nyaman, Anda akan melihat hasil yang memuaskan. Tentunya ini semua harus dilakukan dalam pengawasan spesialis seperti gym trainer atau ahli nutrisi yang bisa Anda temui.

Sesuaikan Pola Makan Saat Hari Tua

Meski tidak lagi muda, Mamba tetap sehat
Meski tidak lagi di masa mudanya, Kobe menggeser kebiasaan buruknya dan tetap menjadi sehat dan bugar. (foto: Google)

Kebanyakan orang akan sulit menjaga diet sehat saat mengaplikasikan gaya hidup yang cukup lama. Makan makanan yang enak tapi kurang sehat adalah kebiasaan yang kita lakukan saat masih muda dan kebiasaan ini akan berdampak pada hari tua nantinya.

Kobe adalah salah satu dari sekian banyak orang yang merasakan dampak dari kebiasaan tersebut di hari tuanya. Untungnya, Kobe memutuskan untuk berubah karena ia tahu ia tidak akan bertahan lama bermain di NBA jika ia meneruskan kebiasaan yang tidak sehat itu.

“Hal tersulit saat bertambah usia bukanlah latihan, karena saya terbiasa latihan selama bertahun-tahun, hal paling sulit adalah mengubah diet. Anda terbiasa makan makanan tidak sehat seumur hidup Anda dan tiba-tiba Anda harus mempunyai keinginan sendiri untuk mengesampingkan itu semua dan mulai makan makanan sehat untuk pertama kalinya. Sekitar tiga tahun lalu saya mulai sangat hati-hati soal makanan. Sekarang saya makan untuk tampil, makan untuk sembuh. Makan dengan tujuan,” ujarnya.

Kobe Pancarkan Energi Positif

Kobe adalah sosok ayah yang selalu positif
Selalu menghargai dan mengapresiasi orang di sekitarnya, Kobe Bryant adalah sosok ayah yang positif. (foto: Google)

Kobe Bryant juga menjelaskan empat kebiasaan sehat yang membantunya memenangkan lima kejuaraan dan menjaga statusnya sebagai salah satu pemain terbaik NBA bahkan sampai hari akhirnya.

Kobe menekankan kebiasaan sehat lainnya seperti olahraga, tidur cukup, membantu sesama dan mengapresiasi orang lain adalah nutrisi yang baik

Bagikan ke Teman:
Rachmat Abbid
A young writer who eager to do something different.