22 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami
Wanita menjadi kurus dan memakai jeans lama (master1305/freepik)

22 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

Bagikan ke Teman:

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami – Kurus menjadi pilihan banyak orang, baik pria dan wanita. Namun, tidak semua orang menginginkan tubuh yang kurus. Ada beberapa orang yang memilih untuk punya badan yang lebih berisi, dan orang-orang ini mencari berbagai cara untuk menggemukkan badan. Tentunya, ada banyak alasan yang dilontarkan orang-orang tersebut untuk gemukkin badan, mulai dari keinginan untuk memiliki penampilan yang lebih baik, menghindari ejekan orang lain, sampai alasan kesehatan.

Untuk kesehatan, ternyata, tidak hanya obesitas atau kondisi sangat gendut yang bisa menjadi masalah. Mempunyai tubuh yang kurus pun, merupakan masalah kesehatan. Ada beberapa penyakit yang biasa diketahui dari tubuh yang kurus, yakni anoreksia atau kelainan cara makan, masalah tiroid, penyakit celiac atau intoleran gluten, diabetes, kanker, dan infeksi.

Alasan-alasan itu, membuat keinginan penggemukkan menjadi lumayan banyak diminati. Namun, untuk meraih tubuh yang lebih gemuk dari kondisi sebelumnya, tidak boleh asal. Tentunya, kesehatan harus diutamakan dalam prosesnya. Oleh karenanya, cara untuk menggemukkan badan secara alami tanpa obat harus menjadi pilihan utama. Nah, ada beberapa rekomendasi penggemukkan secara alami. Mulai dari makanan sehat, pola hidup, sampai olahraga. Berikut ini adalah penjelasan mengenai rekomendasi penggemukan tanpa obat yang dimaksud!

Tambah Jumlah Kalori ke Masakan yang Dibuat

Untuk membuat badan yang gemukkan dari kondisi sebelumnya, maka kalori dibutuhkan. Semakin banyak tubuh diberi asupan kalori, maka tubuh dapat menjadi semakin besar. Ketika memasak, usahakan menambah kalorinya. Namun, tetap, kalori yang ditambahkan harus dihitung dan disesuaikan dengan kebutuhan badan. Tambahkan kalori ke dalam masakanmu secara kreatif.

Contohnya: menambahkan keju ke dalam sandwich, minyak zaitun ke sayuran, menaburkan biji-bijian, dan keju ke salad. Bahan yang paling utama untuk menambah jumlah kalori bisa dengan minyak dan atau mentega. Cobain cara untuk menggemukkan tubuh yang satu ini ya!

Makan Cemilan yang Tinggi Lemak

Membesarkan badan bisa dengan memakan cemilan yang memiliki kadar lemak yang tinggi. Kacang, biji-bijian, yoghurt penuh lemak, keju, buah kering, crackers, selai hummus, selai tahini, guacamole, saus pesto, tapenade dan mentega bisa jadi cemilan yang baik buat dimakan. Simpan cemilan yang mudah rusak di lemari es, dan bawa yang mudah untuk dibawa-bawa.

Konsumsi Cemilan Sebelum Tidur

Ketika dalam kondisi istirahat atau tidur, maka badan akan bekerja dengan maksud meregenerasi sel dan juga jaringan yang rusak. Fungsi tubuh ini bisa dioptimalkan untuk tujuan menggemukkan badan dengan cara makan sebelum tidur. Namun, tidak sembarang makanan yang dapat dimakan sebelum tidur. Alih-alih makanan berat, cemilan lah yang direkomendasikan. Ada pun cemilan yang dimaksud adalah cemilan sehat, seperti salad yang dicampur minyak zaitun dan pasta gandum, atau irisan dada ayam dengan parutan keju.

Tambah Asupan dengan Minum Susu

Salah satu minuman yang bisa dikonsumsi dengan tujuan besarin badan secara alami adalah susu. Minuman ini bisa menjadi pengganti kalori dari makanan. Jika sedang bosan menyantap makanan, tetapi ingin tetap menggemukkan badan dengan sehat, maka meminum susu adalah salah satu pilihan cara yang tepat.

Susu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah susu dengan lemak penuh, alih-alih skim. Susu yang dibuat dari tumbuhan juga dapat diminum. Rekomendasi yang disarankan adalah susu dari kelapa, dan atau kacang. Disarankan untuk meminum susu dua kali sehari, yakni setelah bangun dari tidur, dan sebelum tidur.

Minum Minuman dengan Tinggi Kalori

Biar badan menjadi lebih gemuk daripada sebelumnya dapat dengan cara mengkonsumsi minuman dengan kalori yang tinggi. Ada pun beberapa minuman yang direkomendasikan masuk kategori minuman tradisional, seperti horchata, kefir, lassi, chia fresca, misugaru, dan telba. Jadi, kalau sedang bosan dengan susu, maka mengkonsumsi minuman ini bisa sebagai alternatif cara untuk menggemukkan badan lewat cairan.

Makan Protein Lebih Banyak

Protein merupakan zat yang sangat penting untuk menambah berat badan. Daging merah dapat membantumu untuk meningkatkan berat badan, terutama bila bertujuan untuk membangun otot. Selain daging merah, beberapa makanan rekomendasi lainnya yang kaya protein adalah ikan salmon, yogurt, ikan tuna, ikan sarden, dan juga biji-bijian. Menggemukkan badan dapat dengan cara memakan protein dengan kuantitas yang lebih banyak.

Konsumsi Sayuran Tinggi Kalori

Beberapa sayuran memiliki kadar kalori yang tinggi, tetapi ada juga yang memiliki kalori yang rendah. Sayuran yang tidak direkomendasikan ketika penggemukkan sedang dilakukan adalah seledri, dan jenis sayuran yang berair. Ada pun sayuran yang direkomendasikan untuk disantap ialah kentang, ubi manis, labu siam, dan juga jagung.

Santap Buah Tinggi Kalori

Tidak hanya sayur, menyantap buah yang tinggi kalori pun mampu menggemukkan badan. Buah yang menjadi rekomendasi utama adalah Alpukat karena memiliki kalori yang besar dan juga punya lemak yang baik untuk tubuh. Selain alpukat, buah lain yang direkomendasikan adalah pisang, blueberry, mangga, dan anggur.

Konsumsi Gandum Utuh

Gandum utuh terkenal sebagai makanan yang digunakan dalam diet dengan maksud untuk menguruskan badan. Namun, ternyata, makanan ini juga direkomendasikan untuk gemukin badan. Cara untuk menggemukkan badan lewat makanan ini adalah dengan menambah kuantitas yang dikonsumsi. Gandum utuh yang disarankan adalah dalam bentuk roti, pasta, dan crackers. Dalam menyantap gandum utuh tersebut bisa dibarengi dengan minyak zaitun, selai kacang, mentega, aplukat, tahini, dan madu.

Tambah Asupan dengan Pencuci Mulut

Makanan pencuci mulut, biasanya, disarankan untuk dihindari karena memiliki kadar gula yang tinggi. Di dalam penurunan berat badan, dan menggemukkan disarankan cara yang demikian. Khusus penggemukkan, terdapat toleransi, apabila manis yang terkandung dalam pencuci mulut berasal dari gula alami bukan proses seperti gula putih, pasir, dan sebagainya. Beberapa pencuci mulut yang disarankan untuk dimakan adalah coklat hitam, buah, yogurt dengan lemak penuh, granula, dan gandum utuh.

Lebih Sering Makan dari Sebelumnya

Badan yang kurus dapat dibuat menjadi lebih gemuk dengan cara lebih sering makan dari sebelumnya. Tubuh kurus harus diisi dengan cepat, maka makan dengan intensitas yang lebih sering merupakan solusi penggemukkan. Cobalah makan dalam jumlah lima sampai enam kali sehari dengan tetap memakan cemilan di antara makan makanan utama.

Lewatkan Memakan Junk Food

Cara mudah menambah kalori untuk menggemukkan badan secara alami adalah dengan memakan junk food, tetapi makanan tersebut tidak bagus untuk kesehatan. Memasak sendiri merupakan salah satu solusi agar terhindar dari junk food. Apabila malas, dan atau sibuk, junk food tetap bukan pilihan. Mencari alternatif lain, seperti memakan makanan tanpa perlu memasak dan membeli makanan sehat bisa menjadi solusi. Makanan yang masuk kategori junk food, yaitu makanan digoreng dengan minyak yang banyak, cemilan bergula banyak, soda, dan permen serta sejenisnya.

Makan tidak Teratur

Tidak, atau teraturnya pola makan berpengaruh terhadap berat badan. Apabila jangka waktunya berpola, maka tubuh akan menjadi terbiasa. Ketika tubuh terbiasa, maka konsumsi makanan dan minuman akan menjadi sesuai dengan kebiasaan. Orang kurus, biasa makan sedikit, dan saat makannya berpola, maka akan cenderung mengikuti kebiasaan tersebut. Agar menggemukkan badan dapat berhasil, maka bisa dilakukan dengan cara mengubah pola makan menjadi tidak teratur.

Tidur atau Istirahat yang Cukup

Manusia memerlukan istirahat dengan jumlah minimal delapan jam. Oleh karenanya, jangan biasakan begadang. Selain menghambat penggemukkan, begadang mampu meningkatkan risiko terkena penyakit degeneratif. Tiada dampak baik yang didapat dari kegiatan begadang. Perlu diketahui, selain kuantitas tidur dengan minimal delapan jam, jangan lupakan kualitas tidur. Dampak dari tidur yang berkualitas mampu meningkatkan taraf kesehatanmu, dan memegang peranan penting dalam pertumbuhan otot.

Memaksimalkan istirahat delapan jam melalui tidur di malam hari itu adalah keharusan. Namun, bila dirasa kurang, maka dapat menambah dengan tidur di siang hari. Kegiatan tidur di siang hari yang berkualitas mampu meningkatkan kesehatan lebih dari sebelumnya, dan juga membuat penyerapan makanan menjadi optimal. Jadi, tidur di siang hari, meski tidak harus, tetapi bisa dicoba karena cara ini mendukung kegiatan tidur di malam hari yang dimaksudkan untuk membuat gemuk tubuh.

Mulailah Minum Jus, dan Smoothie

Soda, teh, dan kopi memiliki nilai gizi dan kalori yang hampir nol. Jadi, meminum ketiga jenis minuman tersebut bukan lah sebuah opsi cara untuk menggemukkan badan via liquid. Ada pun, minuman yang direkomendasikan adalah smoothie, dan jus. Membuat jus tidak disarankan dengan penambahan gula, dan kental manis. Ada pun pembuatan smoothie bisa dengan susu full cream, kedelai, dan atau susu kacang lainnya. Buah campurannya dapat menggunakan buah yang tinggi kalori.

Bila dirasakan kurang, jangan segan untuk menambah kalori lagi dengan mencampur mentega almond, biji chia, bubuk protein, dan atau selain kacang. Smoothie dan jus dapat dibuat sebagai pengganti sarapan setiap pagi. Kedua minuman ini cocok untuk menggemukkan badan karena nutrisi di dalamnya lebih mudah untuk diserap. Selain itu, rasa kenyang dari smoothie, dan jus tidak sama dengan kenyang yang berasal dari hasil menyantap makanan berat. Smoothie, dan jus tidak bikin begah dan mulas. Dengan mengkonsumsi, smoothie, dan jus, maka asupan nutrisi dan kalori bisa ditambahkan sesering mungkin.

Mengunyah Makanan Lebih Lama

Membuat gemuk tubuh bisa dengan cara mengunyah makanan. Tubuh manusia akan menjadi mudah menyerap nutrisi ketika makanan berada dalam kondisi halus. Makanan halus dapat dicapai dengan cara mengunyah makanan dalam waktu yang lebih lama. Oleh karenanya, agar badan menjadi gemuk, maka wajib untuk kunyah makanan sampai halus.

Minum Sedikit Sebelum Makan

Meminum air memang baik untuk tubuh, tetapi tidak disarankan dalam jumlah banyak di waktu tertentu ketika program penggemukkan dimulai. Waktu yang dimaksud adalah sebelum makan. Dengan meminum dalam jumlah yang sedikit sebelum makan dan atau tidak minum sama sekali, maka tubuh akan terhindar dari rasa kenyang yang datang di awal. Air, diketahui, cenderung bikin kenyang, sehingga nafsu makan menjadi kurang. Waktu yang disarankan untuk minum adalah tiga puluh menit setelah makan dan atau saat makan. Meminum di dua waktu tersebut, dapat membuat program membuat gemuk tubuh menjadi sukses karena meminum air pada waktu itu dapat membantu penyerapan nutrisi jadi lebih baik.

Kerjakan Latihan Kekuatan dan Beban

Meningkatkan massa otot merupakan salah satu cara untuk menggemukkan badan secara alami. Massa otot bisa ditingkatkan dengan mengerjakan latihan beban dan juga kekuatan. Dalam menaikkan berat badan, selain lewat makanan, disarankan juga dibarengi dengan meningkatkan massa otot. Latihan meningkatkan massa otot dapat dilakukan minimal dua kali seminggu. Latihan beban dan juga kekuatan tidak harus dilakukan di tempat fitness. Kegiatan itu bisa dikerjakan di rumah juga.

Beberapa latihan kekuatan yang bisa dikerjakan di rumah, seperti sit-up, squat, dan lunges. Untuk latihan beban di rumah dapat menggunakan kettlebell, bola obat, atau gunakan tabung. Bila tergabung dalam keanggotaan gym, maka bisa memakai alat angkat beban untuk latihan. Ada yang perlu diperhatikan dalam latihan, yakni berhenti saat tubuh merasakan nyeri. Jangan sampai melukai tubuh karena bisa menghasilkan cedera yang berbahaya.

Lakukan Olahraga Aerobik dan Pilates

Meningkatkan massa otot tidak hanya dapat diraih dengan latihan kekuatan dan beban. Olahraga aerobik dan pilates juga bisa. Namun, kecepatan peningkatan massa otot melalui olahraga aerobik dan pilates lebih lama daripada latihan kekuatan dan beban. Meskipun begitu, olahraga ini dapat menjadi alternatif bagi yang tidak menyukai latihan kekuatan dan beban.

Dengan melakukan olahraga ini, jantung jadi lebih kuat, tekanan darah dan tingkat diabetes bisa dalam batas normal, serta stamina menjadi lebih baik. Beberapa olahraga aerobik yang disarankan adalah lari santai, bersepeda, naik gunung, dan berenang. Perlu diperhatikan bahwa, olahraga aerobik bisa membuat beratmu menjadi stagnan atau turun. Bila terjadi, maka cara yang terbaik adalah menurunkan intensitas dan durasinya agar program membuat gemuk tubuh berhasil.

Makan Sebelum dan Sesudah Olahraga

Untuk mengoptimalkan kegiatan meningkatkan massa otot, maka harus didukung dengan asupan makanan. Ada pun, makanan harus disantap sebelum dan sesudah latihan. Karbohidrat dapat membantu menambah energi saat latihan, sedangkan karbohidrat dan protein secara bersama-sama memulihkan otot yang digunakan dalam latihan.

Disarankan untuk makan cemilan sejam sebelum latihan dimulai. Kalau makan besar, maka tunggu sampai empat jam, barulah memulai latihan. Cemilan yang disarankan untuk dimakan setelah latihan, seperti sandwich selai kacang, buah, yogurt, susu cokelat dan crackers, smoothie dengan yogurt, dan susu.

Konsumsi Suplemen Otot

Makan sesudah olahraga dengan maksud menambah berat tubuh, dan atau menggemukkan badan via otot bisa diganti dengan cara mengkonsumsi suplemen otot. Menyantap suplemen ini menjadi solusi bagi orang yang tidak menyukai makan setelah olahraga. Ada pun, suplemen yang biasanya direkomendasikan adalah whey protein yang tinggi akan protein, karbohidrat, dan juga kalori.

Tinggalkan Kebiasaan Merokok

Kegiatan merokok telah diakui oleh dokter sebagai kebiasaan yang tidak sehat. Selain merusak kesehatan, merokok dapat mempengaruhi nafsu makan. Dengan merokok, nafsu makan menjadi turun. Nafsu makan yang turun berimbas kepada berkurangnya keinginan untuk makan. Ketika terjadi terus menerus, maka konsekuensi logisnya adalah penurunan berat badan. Agar program menggemukkan badan menjadi sukses, maka cara terbaik adalah menghindar dari kegiatan merokok.

Bagaimana cara untuk menggemukkan badan secara alami yang telah dijelaskan, mudah dilakukan kan? Oh iya, apabila dengan mengkonsumsi makanan dan minuman, menghentikan kebiasaan buruk, dan olahraga tetap tidak dapat menambah berat badan juga, maka diharuskan untuk mengunjungi ahli nutrisi terdekat. Tidak lupa, perhatikan juga, dalam menjalankan kegiatan aerobik, pilates, latihan beban, dan kekuatan, sebaiknya didampingi oleh pelatih. Tujuannya agar tidak mudah cedera, dan latihan meningkatkan massa otot menjadi optimal. Baca juga artikel gaya hidup, diet sehat, dan juga info sehat lainnya seperti cara bercinta tahan lama secara alami hanya di Triasse.

Cara menggemukkan badan secara alami

Bagikan ke Teman:
Rinaldi S
Homo Homini Lupus!