Camilan Sehat di Malam Hari Ramadan Bisa Turunkan Berat Badan

Camilan Sehat di Malam Hari Ramadan Bisa Turunkan Berat Badan
Saat bulan Ramadan, Anda cuma bisa mencemil di malam hari, karenanya sangat penting untuk memilih camilan sehat. (Foto: Istimewa)
Bagikan ke Teman:

Sepanjang bulan Ramadan, Anda hanya bisa mencemil di malam hari. Sayangnya Anda pasti sudah sering mendengar larangan agar tidak makan menjelang tidur. Belum lagi omongan, makan terlalu malam akan buat berat badan bertambah dan lingkar pinggang membesar. Tapi, semua anggapan tersebut ternyata salah bila Anda tepat memilih camilan sehat

Sebenarnya makan sebelum tidur bukanlah masalah. Bahkan, jika Anda bisa memilih camilan yang tepat, makanan sehat yang Anda konsumsi bisa membantu menurunkan berat badan. Sebelum mencari tahu camilan apa saja yang tepat untuk dimakan pada malam hari di bulan Ramadan, ketahui dulu manfaat memuaskan rasa lapar Anda dengan camilan sehat sebelum memejamkan mata:

5 Manfaat Camilan Sehat Sebelum Tidur

manfaat camilan sehat
Camilan sehat sebelum tidur bisa bantu kontrol berat badan dan bikin Anda lebih bugar saat puasa. (Foto: Istimewa)
  1. Bisa menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan sekaligus memiliki tubuh yang sehat bergantung pada asupan kalori yang Anda konsumsi. Jika Anda memakan nutrisi yang baik bagi tubuh, sekaligus menjaga kadar gula darah tetap stabil, maka Anda bisa mendapatkan keduanya.

Ketika Anda makan makanan yang tepat dalam jumlah yang sesuai, gula darah Anda akan terjaga. Inilah yang kemudia memancing hormon pembakar lemak, glukanon, untuk bekerja. Ketika Anda melewatkan camilan tengah malam, gula darah Anda akan menurun drastis saat tidur.  Ini akan membuat tidur tak nyenyak sekaligus menimbun lemak.

  1. Tidur jadi lebih berkualitas

Banyak orang berjuang untuk mendapatkan tidur malam hari yang nyenyak dan berkualitas. Terutama saat jalankan ibadah puasa karena waktu tidur lebih pendek. Cara paling gampang untuk mendapatkan hal tersebut sebenarnya adalah dengan menambahkan camilan sehat sebelum tidur.  Hindari camilan yang mengandung protein, karena hal itu malah bisa mengganggu tidur. Pilihlah camilan yang terdiri dari lemak dan karbohidrat.

Kira-kira 15-30 menit sebelum tidur, makanlah buah-buahan dengan krim kental, atau selai kacang dengan potongan apel. Anda juga bisa mengonsumsi alpukat yang sudah dihancurkan dan puding pisang. Pastikan Anda mengonsumsinya tidak lebih dari beberapa sendok saja, atau setengah mangkuk. Tidur dengan perut terlalu penuh juga bisa mengganggu kualitasnya.

  1. Saat tidur tubuh masih bekerja keras

Saat berhadapan dengan orang yang kesulitan menurunkan berat badannya, para pakar biasanya menemukan masalah mendasar, sehingga hal pertama yang harus mereka lakukan adalah “menyembuhkan usus” sang pasien. Kebanyakan orang yang memiliki masalah berat badan disebabkan oleh sistem pencernaan mereka yang sudah tidak optimal. Dengan meningkatkan kembali kerja sistem metabolisme, Anda kan bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Sebelum tidur, mengonsumsi camilan yang mengandung lemak dan karbohidrat tadi akan membantu tubuh menyembuhkan dirinya, sekaligus membakar lemak saat Anda tidur. Jangan lupa, walaupun saat tidur Anda beristirahat, tapi tubuh tetap lanjut bekerja.

  1. Gula darah stabil = tidur lebih nyenyak = tubuh lebih sehat

Kebutuhan manusia untuk tidur tidak bisa ditekankan lagi. Tidur mempengaruhi hampir segala hal pada tubuh, mulai dari imunitas, kadar energi, selera makan, metabolisme, dan berat badan. Semakin maik kualitas tidur Anda, semakin sehat Anda pada siang hari. Apalagi di bulan Ramadan dimana jam tidur lebih singkat atau terpotong waktu sahur.

Jadi bantulah diri Anda, dan pilihlah camilan sehat sebelum tidur. Hal ini akan memberi tubuh istirahat yang dibutuhkan untuk menunjang hari-hari Anda.

  1. Pemilihan camilan yang tepat bisa membantu Anda sukses

Camilan tengah malam akan membantu Anda menutup hari dengan sempurna. Dan saat Anda terlelap, tubuh Anda akan menyiapkan dirinya untuk  hari sukses yang baru. Jadi mengapa harus menyiksa diri Anda menghindarinya jika hal itu malah akan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal, sekaligus tubuh yang lebih sehat.

Dan tentunya, hal tersebut hanya bisa Anda dapatkan jika Anda cermat memilih camilan sehat. Jadi, camilan apa saja yang sempurna untuk dikonsumsi sebelum tidur?

Pilihan Camilan Sehat di Malam Ramadan

pilihan camilan sehat untuk sebelum tidur
Ada berbagai pilihan camilan sehat yang mudah Anda buat untuk dikudap di malam hari sebelum tidur di bulan Ramadan. (Foto: Istimewa)

Menurut ahli diet Mary Hartley, MPH, untuk mencegah camilan tengah malam ini menjadi lemak yang meningkatkan berat badan di bulan Ramadan, batasi konsumsinya hanya sekitar 150-200 kalori. Ini beberapa camilan sehat yang bisa Anda coba:

  1. Sereal gandum utuh dengan cottage cheese dan potongan kiwi

Alasannya: Gabungan protein dan karbohidrat ini akan memancing Anda tidur. Keju cottage adalah sumber protein yang baik, yang membantu memproduksi asam amino pendukung tidur, tryptophan.

Sereal mengandung karbohidrat yang mendongkratk kadar tryptophan di otak. Menambahkannya dengan kiwi, yang oleh studi pada tahun 2011 dihubungkan dengan waktu tidur yang lebih panjang bagi orang yang memiliki permasalahan tidur, saluran saraf pengontrol tidur Anda akan bekerja lebih baik karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

  1. Semangkuk kecil nasi

Alasannya: Riset baru yang diterbitkan dalam PLOS One menunjukkan, diet yang mengandung nasi diasosiasikan dengan menurunnya risiko kualitas tidur yang buruk sampai 46 persen, jika dibandingkan dengan roti atau mie.

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti nasi bisa meningkatkan produksi typtophan dan melatonin, menurut para peneliti. Ditambah lagi, “nasi itu menenangkan dan memuaskan,” menurut ahli diet Christine Palumbo.

  1. Jus buah ceri

Alasannya: Orang tua yang menderita insomnia akan tidur 85 menit lebih lama setelah mengonsumsi dua gelas jus ceri setiap hari. Hal ini ditemukan oleh penelitian kecil dari Louisiana State University.

Buah ceri kaya akan melatonin, alias hormon pengatur tidur, sekaligus antioksidan yang membantu mengontol inflamasi. Jika rasanya terlalu tajam, campurkan dengan air putih.

  1. Semangkuk kacang walnut

Alasannya: Walnut adalah pilihan camilan sehat karena seperti jus ceri, walnut juga kaya akan melatonin, dan mengonsumsi mereka akan meningkat kadarnya di dalam darah. Demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di dalam jurnal Nutrition.

Walnut juga membantu meningkatkan siklus tidur Anda, sehingga Anda tak akan lagi kesulitan untuk tertidur di malam hari. Namun Hartley meningatkan, walnut kaya akan kalori, jadi batasi konsumsinya hanya 14 belahan walnut saja sebelum tidur agar tak pengaruhi berat badan Anda saat jalankan ibadan puasa.

  1. Popcorn yang sudah dibumbui

Alasannya: semangkuk popcorn hanya mengandung 30 kalori.. Inilah yang menjadikan brondong jagung ini camilan ideal tengah malam sambil menonton TV. Karbohidrat di dalam popcorn bisa menstimulasi pelepasan insulin, yang sudah terbukti membantu mengontrol siklus sirkadian Anda, menurut studi baru yang diterbitkan di dalam Cell Reports.

Taburi berondong jagung Anda dengan kayu manis atau paprika bubuk. Kedua bumbu ini telah terbukti membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Roti gandum dengan selai kacang

Alasannya: Satu sendok makan selai kacang memiliki kandungan magnesium yang tepat. Kekurangan mineral ini sering dihubungkan dengan insomnia dan kram otot, yang bisa mengganggu tidur.

Roti gandum utuh juga mengandung magnesium, sekaligus karbohidrat pendukng tidur yang dibutuhkan.

  1. Smoothie pisang

Alasannya: Campuran pisang dan susu rendah lemak kayak akan vitamin D dan kalsium. Kedua nutrisi ini telah diasosiasikan dengan menurunnya berbagai permasalahan tidur sampai 17 persen. Demikian menurut sebuah penelitian dalam Journal of Sleep Research.

Menambahkan pisang akan memberikan rasa manis tanpa perlu menambahkan gula. Ditambah lagi, pisang juga kaya akan magnesium dan vitamin B6, vitamin yang akan mendukung tubuh untuk memproduksi serotonin, transmisi saraf yang akan membuat Anda rileks sehingga tepat dijadikan camilan sehat sebelum tidur di bulan Ramadan.

  1. Teh jahe dengan kurma kering

Alasannya: Para pakar tidur menyukai gagasan minum teh di malam hari, karena hal ini akan membentuk ritual tidur yang akan menginformasikan otak sudah waktunya beristirahat.

Namun pastikan Anda memilih teh herbal bebas kafein, untuk memastikan Anda tidak akan terjaga. Pilihan paling baik adalah teh jahe, yang sudah sejak lama terbukti membantu pencernaan tubuh.

Mencamil buah-buahan kering, seperti kurma, akan memberi tubuh serat yang mendorong proses pencernaan Anda sehingga bisa berfungsi lebih baik.

  1. Semangkuk sup

Alasannya: Sup mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Cairan hangat juga menenangkan, ujar Palumbo. Pilihlah sup yang mudah dicerna, seperti butternut squash atau yang berbasis kaldu seperti sup mie ayam. Tapi hindari sup yang sulit dicerna seperti lentil atau kacang. Pastikan Anda mengonsumsinya tidak lebih dari satu mangkuk.

  1. Puding cokelat bebas lemak

Alasannya: Puding coklat yang creamy sangat mudah dicerna dan rasanya juga enak. Puding juga bebas lemak yang bisa berdiam di perut Anda seperti batu semalaman. Semangkuk kecil puding ini juga hanya mengandung 90 kalori. Sempurna untuk dijadikan camilan sebelum tidur.

Demikian manfaat dan pilihan camilan sehat yang bisa Anda kudap di malam bulan Ramadan. Pastikan juga baca berbagai artikel dan tips harian untuk bantu Anda jalankan ibadah puasa dengan lebih sehat. Jangan lupa juga untuk lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin melalui Triasse.

Triasse menyediakan berbagai paket pemeriksaan kesehatan sesuai kebutuhan. Dapatkan juga berbagai promo menarik saat lakukan tes darah dan cek medis lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Afifah Mayang Sari

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Sebelum menjadi Content Manager di Triasse, Nilam bekerja di beberapa media terbesar di Indonesia dengan spesialisasi di bidang kesehatan, gaya hidup, dan hiburan. Lulus dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia jurusan Cultural Studies dan Sastra Inggris.