Ini Bahaya Mengonsumsi Makanan Asin dalam Jumlah Banyak!
Makanan asin memang membuat siapa saja ketagihan. Tapi di baliknya, bahaya mengonsumsi makanan asin terlalu banyak ganggu fungsi tubuh. (Foto: Freepik)

Ini Bahaya Mengonsumsi Makanan Asin dalam Jumlah Banyak!

Bagikan ke Teman:

Makanan asin dan makanan manis memang memiliki satu kesamaan: sama-sama bikin ketagihan. Seperti halnya dengan makanan manis, makanan asin dapat merangsang seseorang untuk terus memakan lebih banyak makanan asin, bahkan saat ia tidak merasa lapar. Namun, tahukah Anda bahwa ada bahaya ketika Anda menerapkan gaya hidup mengonsumsi makanan asin terlalu banyak?

Terlalu banyak mengasup makanan asin bisa jadi membahayakan fungsi tubuh. Triasse telah merangkum beberapa bahaya mengonsumsi makanan asin terlalu banyak. Simak penjelasannya.

Memicu dan Memperburuk Tekanan Darah Tinggi

memicu dan memperburuk tekanan darah tinggi
Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat meningkatkan tekanan darah. (Foto: Freepik)

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat meningkatkan tekanan darah. Itulah mengapa makanan asin biasa disebut sebagai musuh dari pengidap tekanan darah tinggi. Tekanan darah ini amat berkaitan dengan penyakit jantung dan stroke. Tidak hanya itu, kandungan garam yang tinggi pun dapat mengganggu fungsi ginjal. Oleh sebab itu, garam harus dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal. Anda yang tidak menderita tekanan darah tinggi juga harus waspada, karena terlalu banyak mengonsumsi garam dapat meningkatkan risiko terkena penyakit tekanan darah tinggi.

Tidak Baik untuk Kesehatan Tulang

tidak baik untuk kesehatan tulang
Garam yang terkandung dalam makanan asin bisa menyebabkan pengeluaran kalsium lewat ginjal.

Selain berpengaruh pada tekanan darah, makanan asin juga dapat menyebabkan masalah pada kesehatan tulang. Menurut para ahli, garam yang terkandung dalam makanan asin bisa menyebabkan pengeluaran kalsium lewat ginjal. Sedangkan untuk menjaga tulang tetap sehat, seseorang membutuhkan asupan kalsium yang cukup.

Membuat Jantung Bekerja Lebih Keras

membuat jantung bekerja lebih keras
Terlalu sering makan makananasing bisa berujung pada penyakit jantung. (Foto: Freepik)

Kadar garam yang tinggi di dalam tubuh dapat membuat volume darah meningkat. Apabila itu terjadi, jantung harus bekerja ekstra keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika hal ini berlangsung secara terus-menerus dan dalam waktu yang lama, imbasnya adalah bisa pada meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Retensi Cairan

retensi cairan
Jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi garam, maka ginjal akan kesulitan mengeliminasi kelebihan garam. (Foto: Freepik)

Retensi cairan merupakan kondisi kelebihan cairan yang menumpuk di dalam tubuh. Penyeimbangan cairan dalam tubuh ini diatur oleh oleh natrium. Jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi garam, maka ginjal akan kesulitan mengeliminasi kelebihan garam. Alhasil, tubuh pun akan menahan cairan, yang terkadang dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar jantung.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika tubuh seseorang kelebihan kadar garam, ginjal akan melepaskan lebih banyak air sehingga membuat volume darah yang dipompa keluar oleh jantung meningkat. Hal ini membuat jantung harus bekerja lebih keras karena mesti menyuplai darah segar ke tubuh.

Menurut sebuah penelitian, orang yang mengidap tekanan darah tinggi yang normal akan mendapat keuntungan secara signifikan bila mengurangi asupan garam mereka. Risiko terkena penyakit kardiovaskular pun akan turun sampai 25 persen untuk 10 hingga 15 tahun mendatang. Selain itu, kemungkinan mereka meninggal karena penyakit kardiovaskuler pun turun hingga 20 persen.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mengosumsi garam sama sekali. Namun, Anda harus mengonsumsi makanan asin dengan porsi yang dibatasi atau menerapkan diet sehat dengan mengonsumsi makanan sehat. Menurut rekomendasi para ahli, seseorang sebaiknya tidak mengonsumsi garam lebih dari 2.300 miligram sehari.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."