8 Bahan Alami untuk Atasi Penyakit Maag

Bagikan ke Teman:

Peyakit maag atau gastritis merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan. Penyakit ini menyerang lambung yang diakibatkan oleh peradangan dan disertai dengan rasa sakit. Maag akan kambuh ketika ada peningkatan asam lambung.

Maag adalah penyakit yang dapat kambuh kapan saja, terutama ketika perut sedang kosong, pun dapat pula disebabkan oleh bakteri. Anda dapat mengobati maag yang kambuh, atau mencegah agar maag kita tidak sering kambuh, dengan cara mengonsumsi obat-obatan, serta dapat pula mengatasi maag dengan bahan alami.

Maag yang tidak segera diobati dalam jangka waktu lama akan menjadi kronis. Jika tetap di biarkan maag yang terjadi akan menimbulkan luka pada dinding lambung bahkan bisa menyebabkan dinding lambung menjadi berlubang atau dalam bahasa medis dikenal dengan penyakit ulkus peptikum.

Penyebab dan Gejala Maag

  • Telat makan

Saat telat makan, akan terjadi peningkatan produksi asam lambung. Gerakan meremas di dalam lambung akan terus dilakukan walau perut Anda sedang dalam keadaan kosong. Ketika lambung tidak terisi makanan dan asam lambung tetap terbentuk, gerakan meremas di dalam lambung akan memicu gesekan antar dinding lambung. Hal ini akan menimbulkan luka lecet pada dinding lambung. Inilah yang menyebabkan perut terasa perih.

  • Stres dan kurang istirahat

Stres dan pola istirahat yang kurang baik terbukti dapat memengaruhi timbulnya sakit pencernaan, salah satunya maag. Untuk itu Anda perlu menjaga suasana hati dan pikiran agar tidak stres.

  • Penggunaan obat penghilang nyeri

Ketika sedang sakit, terutama sakit kepala, disarankan untuk tidak langsung memilih obat penghilang nyeri. Ini karena obat analgetik atau penghilang nyeri, terutama aspirin, dapat menggores dinding lalmbung, sehingga dapat melukai dinding lambung. Hal ini dapat memicu penyakit maag.

  • Bahan kimia

Bahan kimia seperti yang terdapat dalam di rokok, alkohol, dan kafein di dalam kopi, dapat memicu tumbulnya penyakit maag.

Selain itu, gejala-gejala yang biasanya timbul ketika maag menyerang adalah tidak nafsu makan, mual, muntah, nyeri pada daerah lambung di bagian kiri atas, perih di ulu hati, dan pendarahan saluran cerna pada maag yang sudah akut.

Mengatasi Penyakit Maag

Anda dapat mengatasi penyakit maag dengan beberapa cara. Maag pada dasarnya dapat diatasi dengan obat. Namun, apabila Anda menggunakan obat kimia terlalu sering dan dalam waktu lama tentu akan menimbulkan efek samping lain bagi tubuh Anda. Untuk itu Anda dapat menggunakan alternatif pengganti obat kimia untuk mengatasi maag dengan bahan alami agar tidak menimbulkan efek samping lain walau dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Selain itu, terapkanlah pola makan teratur untuk mencegah lambung kosong. Pola makan teratur akan membuat lambung terbiasa dengan jam kerja yang tepat saat lambung harus bekerja keras dan saat lambung harus bekerja lambat. Hindari juga terlambat makan karena lambung akan kosong.

Berikut ini beberapa tumbuhan yang dapat mengatasi maag.

  • Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan yang jahe-jahean yang sudah lama digunakan dalam mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu maag. Kunyit ini terbukti ampuh dalam hal mengobati sakit maag. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memarut beberapa potongan kunyit kemudian peras dan minum airnya. Anda juga bisa menambahkan air hangat dan campurkan sedikit madu agar rasanya manis.

  • Daun Jambu Biji

Jambu biji paling dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi diare. Namun ternyata, daun jambu biji juga dapat bermanfaat untuk mengobati sakit maag. Selain mudah didapat, cara membuatnya juga sangat mudah. Yaitu dengan merebus segenggam daun jambu biji. rebus dengan 3 gelas air, didihkan sampai tersisa segelas saja, saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat. Minumlah secara rutin 3 kali setiap hari.

  • Kacang Kedelai

Kacang kecelai mampu mengobati penyakit maag kronis. Caranya dengan menyangrai kacang kedelai, kemudian tumbuk atau blender sampai halus. Konsumsi secara teratur dengan cara diseduh dan diminum saat hangat.

  • Biji dan Daun Pepaya

Biji pepaya dapat digunakan untuk mengobati maag yaitu dengan mengeringkan biji pepaya sampai benar-benar kering kemudian tumbuk atau blender sampai halus. Cara mengonsumsinya yaitu dengan menyeduhnya seperti menyeduh kopi. Minum secara teratur agar sakit maag bisa sembuh lebih cepat. Selain bijinya, air rebusan daun pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag.

  • Temulawak

Temulawak merupakan teman kunyit yang memiliki khasiat yang tak kalah mujarabnya dalam hal menyembuhkan maag. Cara penyajiannya pun sama seperti ketika Anda menggunakan kunyit untuk mengobati maag.

  • Buah dan Daun Alpukat

Selain memiliki rasa yang enak, buah alpukat juga memiliki manfaat untuk mengobati maag. Bagi penderita maag, perbanyak lah mengonsumsi alpukat karena kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya dipercaya dapat menurunkan asam lambung. Selain iti, daun alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag. Caranya dengan merebus 5 lembar daun alpukat dengan 2 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas, saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat. Minum secara teratur 3 kali setiap hari.

  • Daun salam.

Daun salam biasanya digunakan sebagai penyedap masakan, namun tahukah Anda bahwa daun salam sudah lama digunakan untuk mengobati sakit maag.  Caranya dengan merebus segenggam daun salam bersama 2 gelas air, tambahkan sedikit gula batu asli, didihkan sampai air tersisa segelas. Saring dan dinginkan, kemudian minum saat hangat. Minumlah setiap hari hingga maag Anda terasa sembuh.

  • Lidah buaya

Selain bagus untuk perawatan rambut, ternyata lidah buaya memiliki manfaat untuk mengobati maag. Caranya dengan merebus lidah buaya secukupnya bersama 3 gelas air, didihkan sampai air tersisa segelas. Saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat. Anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya lebih manis. Minum secara teratur sebanyak sekali dalam sehari.

Selain itu, penderita maag disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan, seperti:

  • Makanan yang terlalu pedas, terlalu panas dan makanan yang bersantan serta asam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kenaikan asam lambung.
  • Hindari mengonsumsi alkohol, minuman bersoda, dan rokok.
  • Hindari memakan makanan yang sulit dicerna.
  • Hindari mengonsumsi coklat, keju, susu, dan kopi ketika maag kambuh.

Untuk memastikan kesehatan tubuh selalu terjaga dengan baik, periksakan diri secara teratur melalui medical check-up. PesanLab.com menyediakan layanan tes lab yang bisa Anda pesan secara online, memberikan proses yang mudah dan praktis.

Bagikan ke Teman:
Nilam Suri
Nilam Suri
"Dance like no one is watching. Sing like no one is listening. Love like you've never been hurt and live like its heaven on Earth."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *