Viral Challenge Boba Tea 5 Liter, Apakah Aman?

Viral Challenge Boba Tea 5 Liter, Apakah Aman?
Berikut pendapat para ahli mengenai trend viral challenge 5 liter boba, apa bahayanya? (foto: twitter)
Bagikan ke Teman:

Boba Tea/Bobba Milk/Bubble tea saat ini sedang ramai bagi kalangan Millenial Indonesia, minuman asal Taiwan ini memang enak untuk diminum. Tekstur dari ‘boba’ atau tepung tapioka di dalam minuman dingin ini memberikan tekstur yang enak untuk dinikmati melewati sedotan yang besar.

Namun baru baru ini ada challenge internet yang mengajak netizen untuk minum lima liter bobba drink. Jika mendengarnya saja sudah membuat Anda merasa mual, maka Anda harus tau bagaimana efeknya bagi tubuh Anda. Berikut rangkuman dari Triasse.

Respon Seorang Dokter di Twitter

Seorang dokter merespon kicauan tentang boba 5 liter di twitter
Seorang dokter bernama Dr. Gia Pratama menanggapi kicauan tentang 5 liter boba milk tea (foto: Twitter)

Pada tanggal 27 Januari kemarin muncul sebuah kicauan twitter yang mempromosikan teh boba berukuran lima liter seharga Rp. 80.000.

“Fess Boba 5 liter segini 80ribu,” kicau akun @FOODFESS2

Sehari kemudian satu akun bernama Dr. Gia Pratama mengutip tweet tersebut.

“Please don’t. Darahmu itu jumlahnya ya segitu, 5 liter. Masak mau kamu guyur sama 5 liter air gula plus boba? Gula segitu banyak bakal nurunin daya tahan tubuhmu. Dan dikondisi sekarang menghadapi virus, kamu sangat amat butuh daya tahan tubuhmu yg optimal. Just don’t,” tegurnya dari akun @GiaPratamaMD

Tweet seorang dokter tersebut menuai banyak respon dari netizen yang juga menyayangkan challenge yang tidak sehat ini.

Berapa Banyak Gula dalam Boba Tea 5 Liter?

Berapa banyak kandungan gula dalam boba tea?
Berapakah jumlah gula dan kalori yang terdapat dalam boba tea? (foto: Freepik)

Dokter konsultan Dr. Tan Wee Yong dan ahli diet Kong Woan Fei memberikan pendapat mereka tentang Boba Tea yang dilansir oleh The Star.com

“Pelaku utamanya adalah gula yang terdapat dalam minuman ini (boba tea/bubble tea). Rata-rata satu gelas bubble tea mengandung 20 sendok teh gula. Sementara orang dewasa yang sehat direkomendasikan untuk hanya mengkonsumsi sekitar delapan sendok teh gula per hari,” ujar Dr.Tan.

“Bubble tea juga mampu menaikan berat badan Anda karena asupan kalori Anda bertambah. Satu gelas bubble tea mengandung setidaknya 370 kalori. Sementara bobanya sendiri mengandung 150 kalori,” tambah Kong.

Lima liter boba tea setara dengan tujuh gelas boba tea biasa. Jadi jika Anda tertarik untuk minum semuanya dalam sehari, Anda sama saja minum 140 sendok teh gula atau 2590 kalori.

Dengan konsumsi gula sebanyak itu, Anda tidak hanya merusak diet Anda namun juga membahayakan sistem imun tubuh Anda.

Berapa Banyak Gula yang Aman Dikonsumsi?

Berapa banyak jumlah gula yang aman bagi Anda?
Berapa banyak gula yang aman untuk Anda konsumsi? (foto: Freepik)

Mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Ada dua jenis gula yang dikonsumsi manusia yaitu gula alami dan gula buatan. Gula alami adalah gula yang terkandung dalam tumbuhan atau buah-buahan dari alam sementara gula buatan adalah gula yang terdapat pada makanan buatan seperti soda, sirup, dll. Gula yang terdapat pada boba adalah gula buatan yang tidak mengandung nutrisi yang sehat bagi tubuh dan akan menurunkan sistem imun Anda.

Jumlah gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam per hari yaitu 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh. Jika Anda seorang yang gemar berolahraga Anda mungkin dapat membakar kalori dari bobba, namun jika Anda seorang yang mengidap penyakit sepeti diabetes tentunya akan sangat berbahaya.

Jaga terus kesehatan imun Anda dengan mengkonsumi gula yang cukup supaya Anda terhindar dari penyakit yang akan datang. Lakukan juga pemeriksaan kesehatan diabetes dan tes lainnya secara rutin di Triasse. Selain itu, jangan lupa untuk cek juga artikel gaya hidup dan diet sehat Triasse yang lain.

Bagikan ke Teman:
Rachmat Abbid
A young writer who eager to do something different.