7 Tips Diet untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

7 Tips Diet untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa
Populer sebagai menu sarapan pagi atau di makan di tengah malam, ada banyak manfaat sehat tersembunyi di balik semangkuk bubur kacang hijau. (Foto: Freepik)
Bagikan ke Teman:

Apalah arti tubuh yang prima tanpa jiwa yang sehat? Mayoritas wanita sering menjalani diet hanya sekedar untuk mengurangi berat badan saja tanpa memperhatikan kesehatan. Sedangkan dengan mengetahui tips diet yang sehat, kebiasaan ini tidak hanya akan membantu menurunkan berat badan, tapi juga memberi manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaatnya? Mengikuti tips diet sehat akan memberikan jaminan berat badan pada angka tertentu, dan juga membantu Anda melawan depresi, serta stres yang berlebih.

Untuk menciptakan tubuh dan jiwa yang sehat, simak info gaya hidup mengenai diet sehat perihal 7 tips diet untuk kesehatan tubuh dan jiwa berikut ini:

Ubah Kebiasaan Konsumsi Makanan Instan

Rubah Kebiasaan Konsumsi Makanan Instan
Merubah kebiasaan pola makan merupakan langkah yang paling sulit, namun sangat penting (foto: Freepik)

Merubah kebiasaan pola makan merupakan langkah yang paling sulit, namun sangat penting untuk mengikuti tips diet sehat. Mulailah dengan memperbanyak konsumsi air putih dan memakan salad ke dalam daftar makanan Anda. Air memiliki peran penting bagi keseimbangan jiwa dan raga. Anda bisa mulai membuat alternatif pilihan makanan untuk setiap makanan tidak sehat yang sering Anda konsumsi sebelumnya.

Setelah daftar dibuat, fokuslah pada makanan sehat yang segar dan hindari makanan dalam bentuk kemasan. Sangat penting untuk memahami apa makanan yang Anda konsumsi. Semakin sehat makanannya, maka semakin besar kemungkinan tubuh dan jiwa menjadi lebih sehat.

Kurangi Kadar Gula

Kurangi Kadar Gula
konsumsi gula yang berlebih sangat berbahaya bagi kesehatan (foto: Freepik)

Ingat permen yang Anda makan setiap harinya? Hentikan saat ini juga untuk mengurangi kadar gula berlebih pada tubuh.

Godaan untuk mengonsumsi makanan manis sangatlah menggiurkan, bukan? Namun, tahukah Anda bahwa konsumsi gula yang berlebih sangat berbahaya bagi kesehatan? Resiko seperti diabetes, bertambahnya berat badan dan depresi adalah beberapa hal yang bisa terjadi akibat konsumsi gula.

Penting untuk diketahui bahwa gula juga terdapat di beberapa makanan seperti roti, sereal, mashed potato, makanan rendah-lemak, makanan cepat saji dan juga saus tomat.

Perbanyak Buah dan Sayuran

Perbanyak Buah & Sayuran
konsumsilah buah dan sayuran minimal 5 kali dalam satu hari (foto: Freepik)

Poin kedua dari 7 tips diet untuk kesehatan pasti ada di setiap tips diet sehat yang pernah Anda baca di manapun. Mengapa? Sayuran dan buah-buahan dilengkapi dengan kandungan vitamin, antioksidan, mineral dan juga serat. Paling tidak, konsumsilah buah dan sayuran minimal 5 kali dalam satu hari. Jika Anda berhasil mengikuti tips diet sehat ini, tubuh akan terisi dengan banyak vitamin dan membuang kandungan tidak sehat dari konsumsi makanan Anda yang sebelumnya. Ya, termasuk makanan cepat saji yang Anda konsumsi pada malam minggu kemarin.

Buatlah jadwal sarapan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur seperti tomat, wortel dan brokoli. Untuk memberikan variasi rasa, gunakan sayuran seperti jagung dan ubi yang memiliki kadar manis yang alami.

Perbanyak Serat

Perbanyak Serat
Demi terciptanya tubuh yang sehat, perhatikan kadar konsumsi serat Anda (foto: Freepik)

Konsumsi makanan berserat bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, diabetes dan juga membantu mengurangi berat badan. Demi terciptanya tubuh yang sehat, perhatikan kadar konsumsi serat Anda. Konsumsi serat yang aman ada di antara 21 hingga 38 gram per harinya.

Semakin alami makanannya, maka semakin tinggi pula seratnya. Sumber serat yang baik dapat ditemukan pada gandum, sereal, kacang-kacangan, dan sayuran seperti wortel dan tomat. Untuk buah, bisa berasal dari apel, beri, dan pir.

Serat dapat bertahan di dalam perut lebih lama dari makanan lain sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Keuntungan lain yang bisa didapatkan yaitu, serat dapat menggerakan kadar lemak pada sistem pencernaan sehingga dapat mempercepat penyerapan lemak ke dalam tubuh.

Kurangi Makan Nasi

Kurangi Konsumsi Nasi
Nasi putih ternyata merupakan sumber karbohidrat yang tidak menyehatkan (foto: Freepik)

Anda masih sering konsumsi nasi? Coba mulai kurangi dari sekarang. Nasi putih ternyata merupakan sumber karbohidrat yang tidak menyehatkan. Selain nasi putih, hindari juga tepung terigu.

Pilih sumber karbohidrat yang alami, khususnya tepung gandum untuk asupan energi yang lebih tahan lama. Tepung gandum kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi Anda dari serangan jantung, beberapa jenis kanker, dan juga diabetes. Konsumsi karbohidrat yang sehat bisa Anda dapatkan dari tepung gandum, buah dan sayur. Selain sehat, jenis makanan tersebut dapat dicerna dengan mudah dan juga menjaga tingkat gula darah dan insulin lebih stabil.

Pahami Manfaat Protein

Pahami Manfaat Protein
Sumber protein yang baik bisa Anda temukan pada ikan, ayam, dan kacang (foto: Freepik)

Protein dapat memberikan asupan energi lebih pada tubuh. Namun konsumsi nutrisi berupa protein berlebih juga tidak bagus, khususnya untuk Anda yang memiliki penyakit ginjal. Sumber protein yang baik bisa Anda temukan pada ikan, ayam, dan kacang. Jika Anda memiliki kebiasaan ngemil makanan seperti pizza, maka cobalah ganti dengan kacang atau soya.

Perhatikan Kadar Garam

Perhatikan Kadar Garam
Sebisa mungkin perhatikan kadar garam yang Anda konsumsi, jangan sampai terlalu banyak (foto: Freepik)

Sodium merupakan salah satu bahan yang sering ditambahkan untuk memberikan rasa yang lebih enak. Namun apakah sodium berdampak positif bagi kesehatan?

Menurut data dari World Health Organization, individu dengan konsumsi garam yang lebih banyak memiliki resiko terkena darah tinggi yang akhirnya bisa menuju pada stroke, serangan jantung, penyakit ginjal, hilangnya memori dan disfungsi ereksi. Sebisa mungkin perhatikan kadar garam yang Anda konsumsi, jangan sampai terlalu banyak.

Untuk memastikan kondisi kesehatan secara umum, Triasse hadir untuk membuat Anda mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan Medical Checkup dan Skrining di Laboratorium terpercaya. Selain itu jika Anda ingin melakukan pemeriksaan tes darah contohnya seperti melakukan Pemeriksaan Gula Darah, maka pilihlah melakukan pemeriksaan melalui Triasse.

Lakukan selalu pemeriksaan melalui Triasse, karena banyak keunggulan dan keuntungan jika Anda melakukan pemeriksaan di Triasse di antaranya: Harga Hemat, Bisa Home Service, dan Hasil Lab Online. Jadi tunggu apalagi ayo segera lakukan pemeriksaan!

Bagikan ke Teman:
Flori Ardia
Be kind. Always.