Alergi Buah dan Gejalanya, Cek Sekarang!

alergi buah
Bagikan ke Teman:

Spoiler alert! Pada film Korea Selatan karya Bong Joon-ho yang baru – baru ini memenangkan kategori film terbaik, Parasite, salah satu pemain dalam film tersebut diceritakan memiliki alergi terhadap buah persik. Alergi buah yang dialami pemain tersebut tidak hanya terjadi jika Ia mengonsumsi buah persik namun hanya dengan berada di sekitarnya dapat memicu alergi pada tubuhnya.

Tipe alergi yang dialami tersebut umumnya terjadi pada penderita alergi serbuk sari. Dimana tubuh penderita mengeluarkan gejala alergi ketika terpapar oleh serbuk sari dan buah yang terbentuk dari serbuk sari tersebut.

Alergi buah sebenarnya tidak berbahaya, namun jika dibiarkan tanpa perawatan alergi tersebut dapat berkembang menjadi anafilaksis yang berbahaya. Beberapa buah yang dapat menjadi allergen (pemicu alergi) adalah aprikot, persik (peach), apel, alpukat, jeruk, mangga dan pisang.

Gejala Umum

Gejala Umum
Gejala alergi buah pada umumnya mirip atau hampir sama dengan gejala alergi pada umumnya (foto: freepik)

Gejala alergi buah pada umumnya mirip atau hampir sama dengan gejala alergi pada umumnya, seperti:

  • Bibir memerah, membengkak atau terasa gatal pada bagian lidah dan rongga dalam mulut, serta telinga
  • Rasa gatal dan pembengkakan yang mempengaruhi tenggorokan
  • Pada beberapa kasus, ada juga penderita yang mengalami gejala pada area pencernaan, sehingga perut terasa sakit, mual hingga muntah
  • Bersin-bersin, hidung seperti flu atau gejala pada mata juga umumnya muncul
  • Meski jarang, gejala yang lebih parah (seperti kesulitan menelan dan bernafas), yang juga dikenal dengan anaflaksis bisa terjadi dan harus segera ditangani oleh petugas medis.

Diagnosis dan Penyembuhan

Diagnosis dan Penyembuhan
Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, segeralah temui dokter atau petugas kesehatan untuk lebih mengenali allergen yang dapat memicu alergi Anda (foto: freepik)

Jika Anda menduga Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, segeralah temui dokter atau petugas kesehatan untuk lebih mengenali allergen yang dapat memicu alergi Anda, terutama apabila Anda pernah mengalami anafilaksis atau memiliki asma. Dokter kemudian akan memberikan rujukan pada spesialis alergi agar hasil diagnosis yang didapatkan lebih akurat.

Dalam menentukan keakuratan hasil, beberapa tes akan Anda lakukan seperti tes kulit dan tes darah. Triasse.com dapat membantu anda dalam melakukan tes darah dengan harga terjangkau dan hasilnya dapat anda lihat langsung secara online.

Langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk mencoba beberapa buah yang diduga menjadi allergen dengan dosis yang bertambah sedikit demi sedikit untuk melihat apakah ada reaksi yang terjadi. Namun langkah ini harus berada dibawah pengawasan petugas kesehatan atau spesialis alergi.

Jika gejala alergi hanya terjadi pada bagian mulut saja, kemungkinan besar alergi yang Anda derita tidak akan berkembang menjadi lebih parah namun pengobatan masih harus tetap dilakukan. Bagi Anda yang menderita asma dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap alergi anda setidaknya satu sampai dua kali dalam setahun.

Itu dia penjelasan singkat mengenai alergi buah dan gejalanya. Bila perlu informasi seputar gaya hidup dan diet sehat lainnya, jangan lupa cek Triasse.

Bagikan ke Teman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *